Kota Jogja merupakan salah satu kota tujuan wisata yang selalu ramai dikunjungi, baik oleh wisatawan lokal hingga wisatawan asing. Hal ini bukan tanpa alasan. Selain memiliki wisata sejarah yang menarik, Jogja merupakan kota wisata yang lengkap, dengan berbagai pilihan tempat wisata yang tersebar di seluruh wilayahnya, mulai dari wisata pantai hingga hutan pinus. Bagi Anda yang lebih menyukai tempat sejuk untuk berwisata, ada cukup banyak tempat wisata hutan pinus di Jogja yang dapat menjadi tempat menarik untuk Anda kunjungi dan juga menjadi favorit dalam paket wisata Jogja. Berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata hutan pinus di Jogja, diantaranya :

Hutan Pinus Mangunan

Hutan pinus Mangunan merupakan salah satu tempat wisata hutan pinus di Jogja yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Hutan pinus Mangunan ini merupakan salah satu bagian dari Resort Pengelolaan Hutan Mangunan. Di lokasi ini, Anda dapat menikmati suasana sejuk sambil menghirup udara segar dan bersantai dengan berjalan – jalan di area hutan pinus. Anda pun dapat duduk beristirahat pada bangku – bangku kayu yang berjajar rapi di area hutan ini. Bagi Anda yang suka berfoto pun hutan pinus ini dapat menjadi tempat yang cukup instagramable untuk Anda berfoto.

Selain hutan pinus, di area dekat hutan pinus Mangunan pun ada kebun buah Mangunan. Bagi Anda yang tertarik untuk menikmati pemandangan pegunungan sewu dengan gumpalan awan yang indah, dapat mampir juga ke gardu pandang yang ada di area kebun buah Mangunan.

Hutan Pinus Pengger

Ingin mencari tempar hunting foto yang instagramable di Jogja? Anda dapat langsung datang ke hutan pinus Pengger. Tidak saja pemandangan hutan pinus yang berjajar menjulang, di sini pun banyak tersedia aneka spot foto kekinian yang dapat mengisi feed instagram Anda selama liburan di Jogja. Sebut saja spot sarang burung, jembatan kayu yang indah, rumah pohon, hingga spot tangan raksasa yang sering kali menjadi rebutan spot foto para pengunjung. Agar mendapatkan suasana romantis dengan background lampu – lampu kota, Anda dapat datang ke sini pada malam hari. Bagi Anda akan mengunjungi pada malam hari, tidak perlu khawatir tempatnya gelap. Karena hutan ini memiliki banyak lampu – lampu yang juga diletakkan di berbagai spot fotonya.

Artikel Lain:  5 Festival Unik di Yogyakarta

Hutan pinus Pengger berada di Jln. Dlingo – Patuk, dusun Sendangsari, Bantul. Kawasan wisata ini buka setiap hari, mulai dari pukul 06.30 – 23.00 WIB. Untuk dapat memasuki kawasan hutan pinus Pengger, Anda akan dikenakan tiket masuk sekitar 2.500 dan membayar biaya parkir kendaraan.

Hutan Puncak Becici

Ingin mengunjungi kawasan hutan pinus lain di Jogja? Anda dapat datang ke hutan puncak Becici yang merupakan salah satu hutan pinus di Jogja yang cukup terkenal. Hutan pinus yang berlokasi di Gunung Cilik, Desa Muntuk, Bantul ini berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Jogjakarta. Hutan puncak Becici memiliki luas mencapai 4,4 hektar dan merupakan salah satu spot sunset paling indah di Jogja. Dari area puncak Becici ini Anda pun dapat menikmati keindahan Candi Prambanan hingga pantai selatan. Anda pun dapat menikmati keindahan kota Jogja dengan naik ke rumah pohon yang ada di sini.

Tempat wisata hutan pinus Jogja ini pernah pula dikunjungi oleh Barrack Obama, lho. Dengan biaya masuk sekitar 2 ribu rupiah, Anda dapat puas berfoto di berbagai spot foto yang tersedia di sini. Bagi Anda yang ingin sekedar bersantai dan menikmati udara sejuk khas hutan pinus, dapat juga menyewa hammock yang banyak ditawarkan dengan membayar sewa sekitar 20 ribu.

Hutan Pinus Asri

Ingin mengetahui tempat wisata hutan pinus di Jogja yang lainnya? Anda dapat datang ke hutan pinus Asri. Hutan pinus Asri ini terletak tak jauh dari hutan pinus Mangunan. Di hutan pinus Asri, ada banyak spot foto menarik yang dapat Anda manfaatkan sebagai tempat berfoto selama berada di sini. Selain spot foto kekinian seperti rumah pohon, rumah Spongebob, patung elang, taman bunga, hingga spot foto berbentuk bintang, Anda pun dapat menikmati pemandangan perbukitan hijau di sekitar kawasan hutan dengan melihatnya melalui gardu pandang. Gardu pandang hutan pinus Asri ini memiliki konstruksi yang jauh lebih kuat dengan bahan kayu / papan yang dibuat serupa deck lantai, sehingga membuat pengunjungnya pun merasa aman dan nyaman, tanpa mengurangi keindahan pemandangan alam yang ada di sekitarnya.

Artikel Lain:  Hutan Pinus Asri Mangunan Tempat Spot Foto Cantik Murah Meriah

Lokasi hutan pinus Asri ini berada di dusun Karangasem, desa Muntuk, Bantul, yang dapat Anda tempuh sekitar 1 km ke arah timur dari hutan pinus Mangunan. Anda dapat masuk kawasan hutan pinus ini secara gratis. Anda hanya perlu membayar untuk biaya parkir kendaraan. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pagi selepas subuh, karena di sini merupakan salah satu spot sunrise terbaik di Jogja.

Seribu Batu Songgo Langit

Bila Anda ingin berfoto dengan latar ala Rumah Hobbit, salah satu kawasan wisata hutan pinus di Jogja juga punya lho. Anda dapat datang ke wisata alam Seribu Batu Songgo Langit yang ada di dusun Sukarame, desa Mangunan ini dan temukan spot foto ala rumah Hobbit. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang berlibur bersama keluarga. Anak – anak pasti sangat menyukai tempat dengan banyak spot rumah – rumah kecil ala Hobbit ini. Selain berwisata santai di hutan pinus, di sini Anda pun dapat menikmati pengalaman mencoba wahana yang menantang adrenalin seperti flying fox dan climbing, hanya dengan membayar sekitar 15 ribu rupiah. Tempat wisata yang buka dari pagi hingga sore hari dapat Anda kunjungi secara dengan membayar biaya masuk sebesar 2 ribu per orang, Anda hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan saja saat Anda berkunjung ke sini.

Hutan Pinus Nglinggo

Foto Oleh: IG @regina.sripangesti

Tempat wisata hutan pinus di Jogja selanjutnya yang tidak boleh terlewat untuk Anda kunjungi adalah hutan pinus Nglinggo. Hutan pinus Nglinggo berada di kawasan Kulon Progo, tepatnya di desa wisata Nglinggo di Pagerharjo. Sedikit berbeda dengan hutan pinus Jogja sebelumnya yang dinikmati dengan berjalan kaki santai, di hutan pinus Nglinggo Anda dapat mencoba pengalaman baru menikmati suasana hutan pinus sambil mengendarai mobil jeep offroad untuk menyusuri deretan pohon pinus di area ini. Ada cukup banyak yang menawarkan persewaan jeep wisata di sini. Harga sewanya pun beragam. Rata – rata harga sewa jeep sekitar 600 – 700 ribu rupiah untuk 3 orang.

Artikel Lain:  7 Spot Wisata yang Memacu Adrenalin di Pacitan

Jadi bagi Anda yang sudah sering ke Jogja dan bosan dengan tempat wisata yang itu – itu saja, Anda dapat mengunjungi berbagai tempat wisata hutan pinus di Jogja di atas sebagai referensi tempat wisata alam selama liburan ke Jogja.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 4.67 out of 5)
Loading...

Comments

HP: 081231561811Chat via Whatsapp