Hutan Pinus Asri berada di kawasan Dlingo area Bantul yang memang selalu menawarkan keelokan pemandangan alam yang mempesona. Tempat wisata ini biasanya dijadikan trend di kalangan anak muda yang ingin berburu foto Instagramable maupun sekedar menikmat landscape menyejukkan. Kalau Anda ingin berlibur di tempat yang murah meriah dan asri, maka di sinilah tempatnya.

Wisata alam di Hutan Pinus Astri untuk berfoto ria

Dikelilingi oleh hutan pinus Mangunan, tempat wisata satu ini menyajikan pemandangan alam asri yang bisa dijadikan ajang berfoto. Terdapat area Gardu Pandang yang memang nampak sederhana, tapi gardu ini sangatlah kuat dan membuat pengunjung betah berlama-lama di sana.

Kalau sudah naik ke dek gardu pandang yang ada maka pengunjung bisa mulai mengabadikan momen-momen unik berlatar belakang hutan pinus. Dan karena dek gardu pandang berbentuk lantai, maka tempatnya juga aman dan nyaman. Menghirup udara segar yang ditawarkan hutan ini juga jadi salah satu daya tarik tersendiri.

Kalau Anda datang di pagi hari, maka suasana hutan ini semakin romantis karena kadang diselimuti oleh kabut tipis. Jika dilihat-lihat, pemandangan sekitar mirip dengan hutan Pacific Northwest karena dikelilingi hutan pinus yang menjulang tinggi. Di gardu pandangnya Anda dapat menikmati cakrawala langit yang luar biasa, apalagi kalau datang saat sunrise atau sunset.

Lokasi dan rute menuju ke Pinus Asri

Pinus Astri adalah daerah wisata alam yang terletak di Jalan Raya hutan pinus Nganjir, Karangasem, kawasan Munthuk Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jam operasionalnya sendiri buka dari pukul 06.00 WIB sd. 18.00 WIB. Adapun rute menuju ke daerah ini bisa dijangkau dengan mengikuti arah ke Kebun Buah Mangunan.

Artikel Lain:  Tempat Wisata Hutan Pinus di Jogja yang Wajib Anda Kunjungi

Kalau Anda dari arah kota Yogyakarta, maka bisa langsung saja menuju ke arah Terminal Giwangan. Lurus terus sampai ke Selatan menuju Imogiri Timur dan nanti kalau sudah mencapai arah pertigaan Imogiri, ambil ke kiri tempat Makam Raja-Raja. Ambil arah kanan di pertigaan sebelum kompleks Makam dan terus menuju ke arah Kebun Buah Mangunan. Nanti kalau sudah mencapai Mangunan Cultural Project, tinggal mengambil jalan ke kiri arah ke Hutan Pinus Nganjir. Nah, lokasi Hutan Pinus Karangasem ada di sebelah kanannya.

Harga tiket masuk ke Hutan Pinus Asri

Kalau ingin masuk ke area Pinus Asri, maka pengunjung cukup membayar sangat murah sebesar Rp 3.000 untuk biaya parkir motor, Rp 10.000 untuk biaya parkir mobil dan Rp 20.000 untuk parkir bus. Harga tiketnya sendiri sangatlah terjangkau dan selain itu juga terdapat berbagai macam fasilitas seperti:

  • Gardu pandang
  • Tempat ibadah
  • Gazebo
  • Tempat duduk
  • Dek seperti panggung terbuka

Harga tiket masuknya sendiri memang gratis dan hanya tinggal bayar tiket parkir saja. Tapi kalau Anda ingin foto ke bagian dek panggung yang terbuka, maka harus membayar Rp 2.500. Lalu kalau Anda ingin menikmati pemandangan sambil menghirup udara yang sejuk, maka bisa juga menyewa sebuah hammock dengan membayar Rp 10.000.

Tempat wisata Hutan Pinus Asri ini juga sering sekali dijadikan spot untuk foto pre-wedding. Kalau Anda berencana melakukan foto pre-wedding di tempat ini juga dikenai biaya tersendiri yaitu sebesar Rp 40.000. Sebagai saran, kalau ingin mendapatkan bidikan foto yang berkesan romantis maka silakan datang di pagi hari saat kabut tebal. Atau bisa juga datang saat matahari terbenam dan mengabadikan sunset berlatar belakang pemandangan Hutan Pinus Asri dan keindahan perbukitan yang luar biasa.

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments