Pasar Kaki Langit Mangunan merupakan destinasi wisata terpopuler di kalangan traveller Indonesia. Banyak wisatawan domestik dan mancanegara yang sengaja berkunjung ke tempat ini karena nuansa unik yang diberikan oleh Pasar Kaki Langit.

Pasar kuliner ini termasuk destinasi digital yang dibangun atas inisiatif oleh Generasi Pesona Indonesia (GenPi) di bawah pengawasan Kementrian Pariwisata. GenPi adalah komunitas relawan yang mempromosikan destinasi wisata di Indonesia.

Keunikan Pasar Kaki Langit Mangunan

Kawasan wisata kuliner ini letaknya cukup berdekatan dengan wisata alam populer, Hutan Bengkung. Setelah mengunjungi pasar, pengunjung bisa menikmati pemandangan indah sekaligus melakukan wisata bersejarah dengan mengunjungi makam raja dari Mataram. Yang membedakan pasar ini dengan pasar lainnya adalah seragam kerja pedagang dan petugas. Seluruh petugas dilengkapi dengan pakaian adat Jawa, suasana wisata unik yang sangat kental dengan suasana adat Jawa.

Fasilitas Pasar Kaki Langit

Karena dibuat atas pengawasan Kementrian Pariwisata dan diinisiasi oleh GenPi, Pasar Kaki Langit menyuguhkan fasilitas unggulan yang pastinya jarang ada di pasar tradisional biasa, seperti:

  • Gazebo: Ada beberapa lapak pedagang dan gazebo yang bisa dijadikan sebagai tempat beristirahat atau tempat menyantap makanan berat.
  • Permainan Tradisional: Sebagai hiburan anak-anak, pihak pengelola memfasilitasi berbagai permainan tradisional yang akan disukai oleh anak-anak, seperti ketapel, yoyo dan berbagai mainan dari kayu lainnya.
  • Toilet Umum: Salah satu fasilitas umum yang penting dimiliki oleh tempat wisata. Di Pasar Kaki Langit, pengunjung bisa menemukan toilet umum dengan mudah.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Pasar Kaki Langit

Jika sudah merasa puas belanja makanan di Pasar Kaki Langit, jangan buru-buru untuk pulang. Pasar ini menawarkan banyak fitur unik dan menarik yang tidak akan pernah membuat pengunjung merasa bosan, seperti:

  1. Mencicipi kuliner khas

Bila pengunjung merupakan penggemar makanan khas Bantul dan seluruh wilayah di Jawa Tengah maka pasar ini menjadi tempat yang tepat untuk dikunjungi. Ada berbagai makanan unik dan populer seperti blondo, gudeg maggar, kelanan dan wedang uwuh. Bahkan pengunjung bisa membeli aneka jajanan tempo dulu sebagai obat kangen.

  1. Pentas seni

Pasar ini memang berbeda dari pasar pada umumnya yang dibuka setiap hari, karena faktanya Pasar Kaki Langit hanya dibuka tiap weekend saja. Setiap Minggunya, pihak pengelola menampilkan pentas seni yang beragam dan uniknya para seniman yang tampil merupakan warga lokal Mangunan.

  1. Sesi belajar

Tidak hanya menyediakan makanan yang enak, pasar ini turut menyediakan sesi belajar yang dilakukan secara rutin. Bahkan anak-anak bisa mengikuti workshop untuk melatih ketrampilan kesenian.

Cara bayar dan harga tiket masuk ke Pasar Kaki Langit

Jika bermaksud untuk berbelanja di pasar ini, maka jangan pernah menggunakan mata uang rupiah karena sudah pasti ditolak. Uniknya pengunjung wajib menukarkan uang rupiah dengan pecahan koin kayu yang nilainya setara dengan seribu, dua ribu serta lima ribu. Harga ongkos masuk ke kawasan Pasar Kaki Langit masih gratis, tapi pengunjung harus membayar karcis parkir kendaraan sekitar Rp 2.000-Rp 5.000.

Lokasi Pasar Kaki Langit

Tempat wisata ini cukup mudah ditemukan karena berada di sekitar tempat wisata Mangunan. Tepatnya tempat ini berada di Jalan Mangunan, Cempuk, Mangunan, Dlingo, Bantul, DIY. Jika kebetulan pengunjung berada di pusat kota Jogja maka untuk mencapai tempat ini membutuhkan waktu selama 41 menit. Namun bila berada di sekitaran Mangunan, Bantul tentunya jauh lebih cepat untuk sampai ke Pasar Kaki Langit Mangunan.

Dapatkan informasi promo paket wisata, hotel, tiket pesawat dan open trip.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Comments

HP: 081231561811Chat via Whatsapp

Info Paket Wisata

Lagi nyari info paket wisata? Silakan klik tombol di bawah ini dan kami akan mengirimkan rincian info paket wisata termasuk itinerary, harga, includes, excludes dan detail lainnya.

Kontak Whatsapp