Tempat Wisata Di Jogja Dekat Malioboro  – Jogja memang merupakan kawasan yang tak pernah bosan untuk di jelajahi. Di setiap sudut kotanya ada saja hal yang membuat kita terkesan dengan daya tarik dan pesona yang ditampilkannya. Ada begitu banyak destinasi wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya yang menjadi destinasi wisata yang menjadi tujuan utama para wisatawan yang berkunjung ke Jogja adalah kawasan Malioboro.

Nama Malioboro tentunya tak asing bagi seluruh masyarakat Indonesia dan menjadi wisata andalan Jogja. namun bukan berarti hanya Malioboro saja yang dapat anda temukan di Jogja, karena ada banyak sekali wisata lainnya yang juga tak kalah menarik tersebar di setiap sudut kota Jogja. Beberapa diantaranya yang ada di sekitar Malioboro yaitu:

1. Titik Nol Kilometer

Tempat Wisata Di Jogja Dekat Malioboro yang pertama adalah Titik Nol Kilometer yang berada di Jalan Malioboro. Sebutan Titik Nol Kilometer untuk akwasan ini diberikan karena memang area ini merupakan pusatnya kota Jogja. Di kawasan ini anda dapat melihat bangunan-bangunan kolonial Belanda dan anda dapat mengabadikannya melalui sebuah jepretan foto. Kawasan wisata ini senantiasa dipenuhi oleh para wisatawan baik siang maupun malam hari. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi kawasan ini adalah pada malam hari, karena pada saat tersebut suasana di Titik Nol Kilometer Jogja sangatlah asyik dan romantis.

2. Keraton Yogyakarta

Foto Oleh: IG @sheratonjogja

Daya tarik kota Jogja lainnya yang menjadi tujuan para wisatawan lokal maupun mancanegara adalah Keraton Yogyakarta. Lokasi wisata yang satu ini berada di dekat Malioboro, tepatnya di sebelah selatan Jalan Malioboro dan dapat ditempuh hanya dengan berjalan kaki. Kawasan ini merupakan tempat tinggal raja dan juga sebagai penjaga nyala kebudayaan Jawa. Di kawasan ini anda dapat melihat langsung bagaimana budaya Jawa tetap lestari. Anda juga dapat menikmati berbagai pertunjukan kesenian setiap harinya, seperti musik gamelan hingga wayang orang serta pertunjukan tari.

3. Istana Air Tamansari

Liburan ke Jogja memang tak pernah kenal kata bosan. Karena di kawasan ini anda dapat dengan mudah menemukan destinasi wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Tempat Wisata Di Jogja Dekat Malioboro berupa Istana Air Tamansari. Tempat ini merupakan sebuah tempat rekreasi dan meditasi bagi keluarga kerajaan Yogyakarta pada zaman dahulu. Dulunya lokasi ini juga berfungsi sebagai tempat pertahanan terhadap musuh yang menyerang. Kawasan ini adalah bagian dari bangunan keraton yang berupa bangunan-bangunan dan lorong bawah tanah yang memiliki arsitektur khas Belanda yang indah dan unik.

4. Taman Pintar

Berada tepat di pusat kota Jogja, destinasi Wisata Taman Pintar Yogyakarta ini juga merupakan Tempat Wisata Di Jogja Dekat Malioboro, tepatnya bergeser sedikit ke arah timur dari Titik Nol Kilometer Jogja. Kawasan ini menyuguhkan taman edukasi bagi anak dan pelajar. Di sini anda tak hanya akan diajak untuk menikmati berbagai wahana permainan yang menyenangkan, namun anda juga dapat mendalami pelajaran sains di sekolah melalui pengamatan langsung.

5. Benteng Vredeburg

Tak jauh dari Titik Nol Kilometer anda juga dapat menemukan destinasi wisata menarik lainnya yaitu Benteng Vredeburg. Benteng ini berupa sebuah bangunan kolonial yang berukuran cukup besar dan memiliki ciri khas unik dari segi bangunannya. Benteng ini dijadikan museum yang menampilkan aneka diorama mulai dari masa perang Diponegoro hingga diorama dari peristiwa terbentuknya negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ada banyak sekali kisah yang menyelimuti benteng yang satu ini, mulai dari trik Belanda untuk menyerang keraton hingga beberapa oknum pembelot yang membiarkan benteng tersebut di bangun Belanda. Lokasi wisata yang satu ini merupakan destinasi wisata keluarga, yang juga menyediakan tempat bermain untuk anak-anak.

6. Tugu Jogja

Tugu Jogja adalah Tempat Wisata Di Jogja Dekat Malioboro yang tak boleh anda lewatkan. Tugu ini berada di tengah jalan di sekitar Malioboro dan dikenal dengan nama Tuhu Golong Gilig atau Tugu Pal Putih.tugu ini dijadikan ikon kota Yogyakarta karena memang memiliki sejarah yang panjang. Tugu ini telah berdiri sejak tahun 1755 dan dibangun oleh Raden Mas Sujadan atau Sultan Hamengkubuwono. Tugu Jogja ini dibangun sebagai lambang persatuan untuk melawan para penjajah Belanda. Saat ini Tugu Jogja dijadikan tempat untuk mengenang sejarah atau untuk berfoto.

7. Masjid Gedhe Kauman

Masjid Gedhe Kauman merupakan saksi sejarah Islam di tanah Mataram. Masjid ini adalah masjid tertua dan terbesar yang masih berdiri kokoh hingga saat ini dengan arsitektur budaya Jawa yang sangat kental. Tempat Wisata Di Jogja Dekat Malioboro yang satu ini berlokasi di Jl. Kauman, Alun-alun Yogyakarta, tepatnya ada di sebelah utara keraton Jogja. Masjid ini dibangun pada masa kepemimpinan Raja Sri Sultan Hamengkubuwono I.

8. Museum Sonobudoyo

Tempat Wisata Di Jogja Dekat Malioboro lainnya adalah Museum Sonobudoyo. Di sini anda dapat mempelajari budaya Jogja lebih detail. Di sini anda dapat menikmati wisata sejarah, budaya dan arsitektur bangunan Jawa yang sangat mengagumkan. Kawasan ini disebut sebagai rumah koleksi budaya dan sejarah Jawa yang paling lengkap di Indonesia setelah Museum Nasional Republik Indonesia yang ada di Jakarta.

9. Pasar Beringharjo

Berkunjung ke Jogja tak lengkap rasanya jika anda tidak membeli oleh-oleh pakaian Batik khas Yogyakarta. Nah jika anda mencari Tempat Wisata Di Jogja Dekat Malioboro yang menyediakan batik khas Jogja maka pasar Beringharjo adalah tempatnya. Tak hanya berbelanja oleh-oleh, di Pasar Beringharjo anda juga dapat berburu wisata kuliner khas Jogja.

10. Alun-Alun Selatan

Foto Oleh: IG @amandaakohar

Jika anda mencari destinasi wisata malam yang dekat dengan wisata Malioboro, maka Alun-alun Selatan dapat menjadi pilihannya. Kawasan ini menjadi tempat nongkrong populer di kawasan Jogja. Lokasi wisata ini tepat di belakang Keraton Jogja. Aneka lampu warna-warni dari kendaraan hias dapat anda nikamti disini, tak hanya itu saja, jangan lewatkan untuk menjajal kemampuan anda melewati celah dua pohon beringin Alkid dengan mata tertutup yang ada di kawasan tersebut.  kononnya siapa saja yang berhasil melewati celah antara kedua pohon beringin alkid tersebut maka permintaannya akan terwujud. Meski terdengar dan terlihat cukup mudah untuk dilakukan, namun kenyataannya hanya sedikit orang yang berhasil melakukan tantangan tersebut.

Nah itu dia beberapa Tempat Wisata Di Jogja Dekat Malioboro yang tak boleh anda lewatkan ketika berkunjung ke Jogja. Selain dari tempat-tempat yang telah disebutkan di atas, tersedia banyak pilihan objek wisata lainnya yang tak kalah menarik di kawasan tersebut. Memilih Yogyakarta sebagai tujuan wisata anda memang menjadi sebuah pilihan yang sangat tepat. Mengingat Yogyakarta adalah kota wisata yang memiliki berbagai destinasi wisata lengkap, mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga wisata sejarahnya yang sangat menarik untuk dijelajahi.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...

Comments

HP: 081231561811Chat via Whatsapp