Bicara soal salah satu destinasi wisata paling favorit di Indonesia, nama Labuan Bajo pasti jadi kandidatnya. Semua orang ingin ke tempat ini karena memiliki ragam objek wisata yang sudah terkenal di Indonesia maupun luar negeri.

 

Ada apa saja di Labuan Bajo? Sayang sekali jika kamu ke Labuan Bajo tapi tidak tahu harus berkunjung ke mana. Untuk itu, artikel ini mencoba menjelaskan tentang 19 destinasi wisata di Labuan Bajo yang wajib kamu kunjungi.

 

1. Pulau Padar

Kalau ke Labuan Bajo, cobalah untuk datang ke Pulau Padar yang merupakan pulau terbesar ketiga di Labuan Bajo. Pulau ini masih termasuk dalam wilayah Taman Nasional Komodo, NTT. Di sini, kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat indah, sangat cocok untuk spot foto dengan backgorund keindahan alam. Hamparan pasir putih di sekitar pulau benar-benar memberikan kesan dramatis pada fotomu,lho.

 

2. Pulau Rinca

Sama halnya Pulau Padar, Pulau Rinca juga masih termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Banyak berbagai hewan liar berhabitat di sini, seperti komodo, babi hutan, burung, dan kerbau. Orang-orang yang datang ke tempat ini biasanya bertujuan untuk melihat langsung tingkah hewan liar di habitatnya.

 

3. Manta Point

Jalan-jalan ke Indonesia bagian timur, jangan lupa mampir ke Manta Point, Labuan Bajo. Di sini kamu bisa melihat keindahan ekosistem bawah laut yang sangat luar biasa. Apa lagi, kamu juga bisa melihat menyaksikan langsung manta ray, yang merupakan nama ikan pari khas Indonesia Timur.

 

4. Pantai Pink

Pantai Pink merupakan pantai yang sangat unik. Hal ini karena pasir pantai ini memiliki warna yang berbeda dengan pasir pantai pada umumnya. Pantai Pink memiliki pasir berwarna merah muda (pink). Ini merupakan salah satu hal yang menjadikannya semakin menarik untuk dikunjungi.

 

5. Wae Rebo

Desa Wae Rebo adalah desa tercantik di atas awan yang bisa kamu temui di Flores. Berada di ketinggian 1.200 m di atas permukaan laut, desa ini memiliki pemandangan pegunungan yang indah. Kamu juga akan menemui 7 rumah adat berbentuk kerucut yang menarik. Jangan lupa mengambil foto jika di sini, ya? (Baca : Paket Wisata Komodo Wae Rebo 4 Hari 3 Malam)

 

6. Giri Laba

Giri Laba merupakan pulau kecil yang termasuk dalam gugusan Kepulauan Komodo. Pulau ini memiliki pesona alam yang menakjubkan. Kamu dijamin bisa menikmati pemandangan alam Kepulauan Komodo yang sangat indah. Udaranya yang segar juga menjadi poin plus sendiri bagi para pelancong.

 

7. Pulau Kanawa

Salah satu pulau yang terletak di Flores menyimpan keindahan alam yang sangat menarik, yakni Pulau Kanawa. Di pulau yang berada sekitar 10 km dari Labuan Bajo ini, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas antara lain menyelam dan fotografi bawah air, berjemur, menikmani sunset atau sunrise, dan naik bukit.

 

8. Goa Rangko

Jika goa pada umumnya identik dengan tempat gelap dan menakutkan maka kamu akan mendapatkan yang sebaliknya di Goa Rangko. Goa dengan pesona yang sangat menakjubkan ini terdapat kolam di dalamnya. Memasukinya, akan membuatmu seperti berada di kolam pribadi. Airnya yang sangat jernih akan membuat pikiran tenang saat berenang di sana.

 

9. Danau Kelimutu

Danau Kelimutu menjadi salah satu tempat wisata berupa danau yang sangat unik. Terdapat tiga danau di tempat ini, dan warnya dapat berubah-ubah akibat komposisi mineral yang terkandung di dalamnya. Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan sunrise dari sini. Ajaklah teman-temanmu dan nikmati kesejukan di Danau Kelimutu.

 

10. Pulau Kelor

Buat kamu para traveller yang hobi fotografi, cobalah untuk berkunjung ke Pulau Kelor yang terletak di Kabupaten manggarai, Flores Indonesia yang masuk dalam destinasi wisata di Labuan Bajo. Pulau dengan sejuta pesona alam ini menyuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Banyak spot menarik yang dapat dijadikan objek fotografi. Kamu juga bisa melakukan snorkling dan menikmati keindahan alam bawah laut Pulau Kelor.

 

11. Puncak Waringin

Berkunjung ke Labuan Bajo, kurang lengkap rasanya jika tidak singgah ke Puncak Waringin. Dari sini, kamu bisa melihat keindahan perairan Labuan Bajo. Apalagi, tempat ini sudah direncanakan akan dibangun creative hub oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Whisnutama Kusubandio.

 

12. Atol Magiatan

Atol adalah sebuah pulau karang yang terletak di Pulau Magiatan, Kepulauan Komodo. Di sini, kamu akan melihat banyak atol yang berbentuk setengah putaran menyerupai angka 9 atau cincin. Karangnya berwarna putih kecoklatan dan bagian tengahnya berupa blue lagoon di antara air laut. Tempat ini akan menjadi destinasi wisata yang sangat menarik untuk kamu kunjungi.

 

13. Bukit Sylvia

Bukit Slyvia atau disebut sebagai bukit cinta memiliki panorama keindahan alam yang luar biasa. Dari bukit ini, kamu bisa melihat perairan Labuan Bajo. Bukit ini memiliki daya tarik karena pemandangan alamnya yang indah. Selain itu, juga memiliki suasana yang romantis sehingga disebut bukit cinta.

 

14. Pink Beach

Pink Beach atau Pantai Merah menjadi salah satu keajaiban alam yang ada di Pulau Komodo. Warna merah yang dipancarkan dari pantai ini merupakan akibat adanya Foraminifera. Apakah kamu tahu apa itu  Foraminifera?

Ia merupakan hewan mikroskopis yang mampu menghasilkan pigmen merah di terumbu karang. Ketika fragmen-fragmen kecil dari karang merah bergabung dengan pasir putih. Inilah yang menghasilkan warna merah muda yang lembut yang terlihat di sepanjang garis pantai. Sungguh cantik, bukan?

 

15. Taka Makassar

Taka Makassar menjadi salah satu destinasi wisata alam Labuan Bajo yang menawarkan keunikan dan keindahan. Sebuah pulau timbul kecil yang hanya bisa terlihat saat air laut surut. Di sini kamu bisa melakukan beberapa aktivitas seperti snorkeling dan diving. Kamu juga bisa melihat gugusan terumbu karang yang sangat indah untuk dipandang.

 

16. Sawah Lingko

Selain destinasi wisata berupa laut, pantai, dan perbukitan, Labuan Bajo juga memiliki destinasi wisata agraria, yaitu Sawah Lingko. Sawah Lingko memiliki bentuk yang sangat unik. Formasi pematang sawahnya berbentuk menyerupai sarang laba-laba. Datang ke tempat ini, kamu akan belajar banyak hal tentang adat istiadat tentang pembagian lahan sawah oleh masyarakat Manggarai.

 

17. Desa Bena

Berwisata adat di Labuan Bajo, datang saja ke Desa Bena. Di sini, masyarakatnya masih kental memegang adat budaya lokal, mulai dari bentuk rumah, upacara-upacara, hingga pekerjaan mereka. Di Desa Benar kamu bisa melakukan beberapa aktivitas di antaranya menikmati kopi khas Bena, tenun tradisional, melihat benda peninggalan sejarah, dan menikmati keindahan gunung Irene.

 

18. Pulau Kalong

Pulau Kalong berada di wilayah gugusan pulau-pulau kecil di Taman Nasional Komodo, yang merupakan habitat bagi jutaan kelelawar. Namun, saat datang ke Pulau Kalong di siang hari, kamu tidak akan melihat kelelawar yang beterbangan, melainkan pemandangan kelelawar yang sedang tidur bergelantung. Untuk pergi ke Pulau Kalong, kamu perlu melakukan perjalanan laut kurang lebih 1 jam dari Pelabuhan Labuan Bajo.

 

19. Cunca Wulang

Setelah menikmati keindahan berbagai pantai dan bawah lautnya, kini waktunya kamu menikmati kesegaran alam air terjun Cunca Wulang. Air terjung yang satu ini merupakan destinasi wisata di Labuan Bajo yang unik karena dikelilingi oleh batuan kapur. Di sini, kamu bisa berenang menikmati aliran air yang segar dengan menyejukkan.

 

Pasti seru sekali jika kamu berkunjung ke daftar 19 destinasi wisata di Labujan Bajo di atas. Liburan kamu akan terasa menyenangkan, dan tentunya menjadi momen yang tak akan terlupakan. Nah, menurutmu destinasi mana yang paling membuatmu tidak sabar mengunjunginya?

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments