Ingin liburan ke pesisir pantai nan jauh demi mengusir kejenuhan? Nah, tepat banget bila memilih plesiran ke 15 destinasi wisata di Bangka Belitung. Di situ kamu bakal mendapati gugus landmark paling unik dan sangat eksotis!

Ada sederetan pulau kecil dipenuhi bongkahan batu alam nan cantik, serta diwarnai pemandangan hutan menghijau. Pemandangan apik ini seperti memagari garis pantai jernih yang berpasir putih bersih. Wah, jadi penasaran banget, kan!

Banyak pilihan diantara 15 destinasi wisata di Bangka Belitung berikut. Nantinya perjalanan antar pulau akan dimulai dari Pelabuhan Tanjung Kelayang. Jika cuaca lagi bagus, tentu semuanya bisa dicapai dalam waktu sehari!

1. Pulau Lengkuas

Keindahan Alam

Pulau Lengkuas menjadi primadona pariwisata Bangka Belitung. Perpaduan batuan granit unik, pasir putih dengan air laut biru jernih, serta spot menyelam untuk memandang terumbu karang bawah laut, adalah nilai sempurna bagi pulau ini. Wisatawan tidak hanya puas bermain air tapi juga eksplor foto dan video sebanyak-banyaknya, kemudian minum es kelapa muda di tepi pantai.

Wisata Mercusuar

Saat menginjakkan kaki di pulau ini kamu akan melihat icon sejarah berupa mercusuar tua yang dibangun oleh pemerintah Belanda tahun 1882. Hingga kini mercusuar masih berfungsi untuk memantau lalu lintas kapal yang lewat maupun keluar-masuk Pulang Belitung. Pada waktu tertentu, setiap pengunjung diperbolehkan berswafoto di dalam ruangan mercusuar.

Rute Perjalanan

Dari pusat Kota Tanjungpandan, Bangka Belitung, langsung berangkat ke Pantai Kelayang menggunakan kendaraan pribadi ataupun sewa rental. Dari situ lanjutkan bersama kapal wisatawan sampai ke tujuan akhir. Kira-kira dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai Pulau Lengkuas. Tepatnya di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang.

2. Pulau Batu Garuda

Pulau mungil ini dipenuh formasi granit raksasa yang menakjubkan. Salah satu bentuk batunya menyerupai kepala burung garuda lengkap dengan paruhnya.

Jika berangkat dari Dermaga Pantai Tanjung Kalayang, waktu menyeberang laut sekitar 10-15 menit. Sampai di spot utama Pulau Batu Garuda biasanya perahu jarang bersandar demi menjaga ekosistem karang. Setiap pengunjung hanya diberi kesempatan berfoto dari jauh saja.

3. Pulau Kalimambang

Pulau Kalimambang menjadi salah satu destinasi favorit bagi para traveler lokal maupun mancanegara. Tentu masih dengan ciri khas dari 15 destinasi wisata di Bangka Belitung. Yaitu pantai pasir putih berhiaskan batuan granit yang terlihat artistik. Belum lagi sejuk rindang pepohonan selalu jadi peneduh dikala menanti view matahari terbenam.

4. Pulau Pasir

Pulau unik dari gundukan pasir putih ini tidak terlalu luas dan hanya muncul ketika air laut sedang surut. Sejauh mata memandang hanya nampak daratan berpasir lembut. Bila berfoto seperti berpijak di tengah lautan luas! Bening air laut yang dangkal begitu sejukkan mata. Bahkan biota langka seperti bintang laut merah tersebar di penjuru Pulau Pasir.

Sayangnya ketika nanti pasang tiba hampir seluruh daratan tenggelam di dalam laut. Karena itulah sejak di Pantai Tanjung Kelayang penting mencari informasi tentang kapan Pulau Pasir bisa dikunjungi. Jika waktunya tepat maka tinggal sewa kapal motor saja untuk berangkat ke seberang sana.

5. Pulau Batu Berlayar

Dari perjalanan jelajah beberapa pulau diantara 15 destinasi wisata di Bangka Belitung, kamu bisa langsung mampir ke Pulau Batu Berlayar. Apalagi dari Pulau Pasir waktu sampai lokasinya sekitar 10 menit saja.

Pada saat kapal hendak merapat sepanjang garis pesisir, mulai nampak batuan granit raksasa yang berdiri kokoh seperti membentangkan layar. Dasar laut juga kelihatan jelas karena beningnya air berwarna biru teduh. Tentu berfoto dengan latar belakang panorama tersebut benar-benar instagramable.

6. Pulau Burung

Pesona pulau burung memang tidak ada habisnya. Tumpukan batu granit mirip dengan paruh burung sungguh ikonik buat dijadikan latar belakang foto selfie. Ditambah lagi rindang pepohonan pinus dan kelapa. Terutama saat senja datang dimana latar belakang Pulau Burung semakin menawan oleh semburat cahaya sunset kemerahan. Selain berburu foto tentu snorkeling juga sangat asyik dilakukan sebab laut sekeliling pulaunya tampak bening dan dingin.

7. Pulau Kepayang

Pulau Kepayang atau kerap disebut Pulau Babi memiliki perairan jernih dengan formasi bebatuan granit yang besar-besar. Pasir putih lembut membuat pengunjung betah bersantai ditemani sejuk lambaian pohon kelapa. Selain itu perlu banget menyelami keindahan taman laut yang penuh terumbu karang juga ikan nemo warna-warni.

Memiliki luas hanya sekitar 12 hektare, pulau ini berjarak 2 km saja dari Pantai Tanjung Kelayang, atau 15 menit bila menggunakan perahu. Karena terletak dekat Pulau Pasir dan Lengkuas, biasanya Pulau Kepayang menjadi perhentian akhir yang dikunjungi wisatawan.

8. Pulau Leebong

Kemewahan Pulau Leebong di sisi barat Belitung sering disebut Maldives milik Indonesia. Di sana sangat nyaman buat menikmati waktu dalam nuansa laut biru, ombak yang tenang, bermain pasir putih nan halus, dan masih banyak kesenangan lain. Jika mau berlama-lama, resort eksklusif sepanjang pantai selalu terbuka untuk tempat bermalam.

Hutan Bakau Pantai Chicas

Pantai Chicas ini juga sudah dilengkapi gazebo buat bersantai. Saat airnya surut akan muncul hamparan pasir yang sangat luas. Pepohonan Mangrove di atas pasir serta kepungan air jernih adalah pemandangan luar biasa.

Buat yang suka berenang dan snorkeling, Leebong menyediakan fasilitas permainan air, termasuk banana boat, jetski, dan paddleboard. Ada juga sepeda kalau ingin jalan-jalan keliling pulau.

Bersepeda Sambil Foto-Foto

Sangat menyenangkan bisa sepedaan menyusuri penjuru pulau yang dipenuhi rimbun pepohonan dan flora langka, seperti pohon sikas, pohon gelam, pohon simpor, dan masih banyak lagi. Jangan lupa berfoto dari atas rumah pohon.

Rute Menuju Pulau Leebong

Bila ingin langsung menuju Leebong, berangkatlah dari Pelabuhan Tanjung Ruu, kemudian sewa perahu selama 20 menit perjalanan. Bisa singgah saja, atau menginap di Leebong Island. Terdapat empat jenis villa yaitu Tenda Barak, Villa Chicas, Villa Barata, dan Villa Pohon.

9. Pulau Tanjung Pandan

Kegiatan berlibur yang bisa kamu lakukan di Pulau Tanjung Pandan, yaitu menikmati keindahan pantai Tanjung Pendam. Jalan-jalan di tepian pantai, sambil menunggu pemandangan langit senja yang indah. Dengan air laut yang tenang, pengunjung pun bisa berenang santai sepanjang pesisirnya. Atau mampir dulu mengisi perut di rumah makan yang menjajakan kuliner seafood khas Belitung. Dari Tanjung Pendam ini juga terlihat panorama Pulau Kalimua di tengah pantai.

10. Pantai Serdang

Jejeran pohon pinus yang rindang menjadi panorama utama saat kamu berkunjung ke Pantai Serdang di Kota Manggar Belitung Timur. Jaraknya sekitar 1,5 jam saja dari pusat kota Tanjungpandan. Pasir putih, ombak tenang, serta hijaunya pinus yang menjulang tinggi kian menambah nuansa alami. Perahu nelayan warna-warni juga membuat suasana pantai lebih eye-catching untuk dipotret.

Menariknya lagi posisi pantai ini persis menghadap ke Timur, jadi tidak heran kalau cahaya matahari terbit dan tenggelam disini sangat cantik. Pantulan sinar keemasan di permukaan air laut yang tenang menciptakan panorama luar biasa.

Setelah puas main-main di tepian pantai, kamu bisa kulineran sambil memandang panorama laut Cina Selatan. Beberapa warung makan menjajakan kuliner seafood citarasa khas Belitung. Sekalian juga nikmati sajian kopi khas kota Manggar!

Yuk liburan ke Belitung! Ga perlu repot ngurus ini itu karena sudah ada Paket Wisata Belitung 4 Hari 3 Malam

11. Pantai Siantu Sijuk

Buat kamu yang mau berpetualang ke pantai terpencil, nah cocok banget bila datang ke Desa Sijuk. Dari semua 15 destinasi wisata di Bangka Belitung lokasinya masih jarang dikunjungi wisatawan. Padahal di dalam Geopark Nasional Pulau Belitung itu tersimpan misteri alam yang menakjubkan. Diantaranya kamu takkan menemukan granit raksasa seperti umumnya di Belitung. Tapi melainkan bebatuan hitam hasil dari erupsi gunung api bahkan juga terdapat Lava Bantal Siantu dari erupsi gunung api purba bawah laut.

Sayangnya lokasi Pantai Siantu Sijuk masih sulit dicapai dengan kendaraan roda empat biasa, sehingga pengunjung mesti menggunakan mobil jenis four wheel drive, ataupun sepeda motor.

12. Pantai Jimbaran Belitung

Jimbaran yang satu ini tidak kalah menarik dari kepunyaan Pulau Bali. Lokasinya di Jalan Raya Sijuk, Desa Sijuk, Kabupaten Belitung.

Dengan garis pantai cukup panjang tentu panoramanya sangat instagramable buat berselfie ria. Apalagi semburat laut biru jernih berkombinasi pasir putih bersih dijamin membuat kita betah duduk santai seharian.

13. Bukit Pangkuan

Bukit Pangkuan merupakan daerah pebukitan dengan ketinggian 200 m di atas permukaan laut. Udaranya masih sangat bersih dan nyaman tanpa polusi. Sejak 2012, kawasan hutan berbukit ini dibuka pengelola sebagai taman wisata dan bermain. Aneka permainan outbond untuk menguji adrenalin antara lain flying fox sepanjang 200 meter, high rope, giant swing, trampoline, dan juga ATV. Selain itu ada juga tempat bermain anak, bumi perkemahan. Serta agrowisata buah-buahan segar.

Wisata alam Bukit Pangkuan terletak di Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur. Sangat dekat dari Bandara HAS Hanandjoedin, hanya sekitar 45 menit berkendara.

14. Pulau Memperak

Terhampar luas butiran pasir putih nan halus, birunya laut sebening kaca, serta pepohonan kelapa di pesisir, kian menambah eksotisme pantai yang bersih. Bagi wisatawan perairan sekitar Pulau Memperak ini sangat ideal buat menyelam. Jarak pandang hanya sekitar 15 m sehingga mudah menerawang keindahan biota bawah laut, yang terdiri dari beragam terumbu karang, serta ikan warna-warni. Selain itu pulau ini juga menjadi habitat penyu yang bertelur setiap musim kemarau.

Pulau Memperak berada di Kecamatan Manggar, Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

15. Hutan Bakau Atau Mangrove Munjang Kurau Barat

Eksotisme hutan mangrove di Desa Kurau Barat, Kabupaten Bangka Tengah ini membuat penasaran wisatawan domestik. Banyak pula turis mancanegara yang berminat eksplor suasana alaminya.

Banyak pilihan buat merasakan sensasi petualangan hutan bakau ini, salah satunya menggunakan boat atau perahu kecil. Di kanan dan kiri muara sungai dinaungi tanaman mangrove sehingga rute kapalnya akan berkelok-kelok dan menikung. Banyak juga satwa liar yang akan kita jumpai.

Selain berkeliling aliran sungai dengan kapal, kamu juga bisa tiduran menggunakan hammock, naik ke rumah pohon, ataupun trekking menyusuri hutan rimbun dengan meniti jembatan kayu.

Jika berangkat dari Pusat Kota Pangkalpinang, jarak tempuh menuju Hutan Bakau Munjang Kurau Barat hanya sekitar 30 menit saja, sangat mudah dijangkau.

Itulah tadi ulasan tentang 15 destinasi wisata di Bangka Belitung. Sampai di sana nanti jangan lupa berfoto ria di tengah pemandangan alam Pulau Laskar Pelangi yang instagramable banget!

Comments