Menyusuri gua adalah hal yang mengasyikkan. Hanya saja, menyusuri gua seringkali cukup melelahkan karena kita harus berjalan, dan terkadang mendaki, menyusuri lorong gua yang panjang. Jika kita mengunjungi Gua Kali Suci, kita tidak perlu bersusah payah berjalan menyusuri lorong gua tersebut. Di Gua Kali Suci, kita dapat melakukan cave tubing, yaitu semacam rafting, tapi hanya menggunakan ban pelampung. Jadi, kita dapat “hanyut” mengikuti aliran sungai yang ada di dalam gua tersebut, sembari menikmati pemandangan di dalam gua yang indah, dan tentunya cipratan  air sungai yang menyegarkan. Gua Kali Suci letaknya tidak terlalu jauh dari kota Yogyakarta. Gua yang terletak di Dusun Jetis, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu Gunung Kidul ini dapat dijangkau dengan menempuh perjalanan selama sekitar 1.5 – 2 jam saja.

Cave Tubing Kali Suci

Sungai di dalam Gua Kali Suci panjangnya sekitar 600 meter, dengan aliran air yang tidak terlalu deras. Memang untuk menyusuri Gua Kali Suci kita tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga, karena kita tinggal menaiki ban pelampung saja. Tapi, untuk sampai ke gua yang indah ini, kita harus menempuh perjalanan yang cukup melelahkan. Untuk mencapai Gua Kali Suci, kita harus berjalan menyusuri jalur treking yang cukup panjang. Jadi, sebaiknya kita mengunjungi gua ini saat kondisi kita benar-benar fit. Gua Kali Suci menawarkan keasyikan rafting, yang dikombinasikan dengan wisata gua. Pemandangan di dalam gua ini sangat indah, dengan stalagtit, stalagmit, dan ratusan kelelawar yang bergelantungan di langit-langit gua. Udara di dalam gua ini sejuk, dan juga sedikit lembab. Air di Gua Kali Suci sangat indah dan unik, dengan warna biru kehijauan.

Kalisuci - JFX Jakarta

Kita tidak perlu membayar mahal untuk melakukan cave tubing di Gua Kali Suci. Kita hanya perlu membayar sebesar Rp. 65.000,- saja, dan kita akan mendapatkan fasilitas berupa ban pelampung, rompi pelampung, helm, dan deker kaki. Dan tentunya, selama menyusuri gua, kita ditemani oleh seorang pemandu yang sudah sangat menguasai medan. Walaupun panjang sungai di dalam Gua Kali Suci hanya sekitar 600 meter, menyusuri gua ini membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar 2 jam. Karena itu, selama berada di dalam gua, kita juga mendapatkan air minum dan snack. Untuk dapat melakukan cave tubing di gua ini, kita harus dalam rombongan berjumlah minimal 5 orang.

Tidak ada syarat khusus bagi para pengunjung yang ingin melakukan cave tubing. Tapi memang, cave tubing tidak diperbolehkan bagi mereka yang mengidap asma atau penyakit jantung. Selain sebagai sarana relaksasi, wisata cave tubing di Gua Kali Suci juga merupakan sarana Ecotourism dan Education Tourism. Disana, kita dapat mempelajari morfologi kawasan batu kapur, Speologi, Speleogenesis, dan Biospeologi. Cave tubing di Gua Kali Suci dapat dilakukan dari pagi sampai dengan sore hari. Tapi, demi keamanan, kegiatan cave tubing ditiadakan saat aliran sungai cukup deras.

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments

  1. […] Di daerah Gunungkidul terdapat banyak sekali obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Goa Jomblang. Goa ini terletak di Pedukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul. Jarak obyek wisata ini sekitar 50 kilometer dari kota Yogyakarta. Untuk menuju ke obyek wisata ini, kita dapat menyusuri jalan yang menuju ke arah timur kota Wonosari sampai kita menemukan papan penunjuk jalan yang bertuliskan “Wisata Goa Kali Suci“. […]