Di daerah Gunungkidul terdapat banyak sekali obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Goa Jomblang. Goa ini terletak di Pedukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul. Jarak obyek wisata ini sekitar 50 kilometer dari kota Yogyakarta. Untuk menuju ke obyek wisata ini, kita dapat menyusuri jalan yang menuju ke arah timur kota Wonosari sampai kita menemukan papan penunjuk jalan yang bertuliskan “Wisata Goa Kali Suci“.

Kemudian, kita akan menemukan papan penunjuk jalan lain yang bertuliskan “Goa Jomblang.” Goa ini bukanlah goa biasa. Goa ini adalah goa yang sangat menantang, dan hanya cocok untuk orang-orang yang memang gemar berpetualang. Goa Jomblang adalah goa vertikal. Jadi, untuk masuk ke dalam goa ini, para pengunjung harus menuruni tebing yang panjangnya sekitar 60 meter dengan menggunakan Single Rope Technique.

Walaupun Goa Jomblang cukup terkenal, jalan menuju obyek wisata ini masih terbuat dari tanah dan berbatu. Jadi, kita akan merasakan sensasi off road saat menuju kesana. Setelah melewati desa dan persawahan sepanjang sekitar 2 kilometer barulah kita sampai di Resort Goa Jomblang yang sudah dilengkapi dengan taman yang indah. Karena keunikannya, Goa Jomblang cukup terkenal baik di kalangan wisatawan lokal, maupun di kalangan wisatawan asing. Goa ini menawarkan petualangan yang seru di dalam goa kapur, dan indahnya pemandangan hutan purba serta sungai bawah tanah. Goa Jomblang terhubung dengan goa lain bernama Goa Grubug, jadi para pengunjung biasanya sekaligus menyusuri kedua goa ini.

Satu hal yang paling istimewa dari Goa Jomblang adalah keindahan hutan yang ada di dalamnya. Menurut para ahli, goa ini terbentuk saat tanah yang tadinya berada di atas rubuh. Tumbuhan dan pepohonan yang ada disana ikut terbawa kebawah, dan tetap tumbuh dengan subur hingga sekarang. Setelah puas menikmati keindahan hutan yang tersembunyi tersebut, kita dapat menyusuri lorong goa yang menghubungkan antara Goa Jomblang dengan Goa Grubug. Lorong sepanjang sekitar 500 meter ini tidak sulit untuk dilalui, karena cukup lebar dan sudah dilengkapi dengan jalan setapak dari bebatuan. Hanya saja, kita harus ekstra hati-hati karena jalan setapak dari bebatuan ini agak licin.

Artikel Lain:  5 Lokasi Outbound Rekomendasi di Jogja

Keindahan Goa Jomblang memang sangat memukau. Dan saat kita tiba di Goa Grubug, kita dapat menikmati indahnya pancaran sinar matahari yang menerobos masuk melalui celah-celah goa tersebut. Untuk dapat melihat pemandangan yang indah ini, kita harus tiba di goa tersebut di antara pukul 10.00 pagi sampai dengan pukul 13.00. Keindahan pemandangan di Goa Jomblang memang nyaris tidak tertandingi. Hanya saja, goa ini memiliki sejarah yang kelam, yang mungkin menjadi pertimbangan bagi banyak orang yang ingin mengunjungi goa ini. Dulu, pada tahun 1970an, goa ini menjadi tempat untuk membantai anggota PKI.

Dapatkan Informasi Seputar Wisata di Jogja

Daftar ke mailing list dan dapatkan informasi wisata dan PROMO paket wisata dari kami.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (9 votes, average: 4.56 out of 5)
Loading...