Halo, para pecinta travelling! Bingung mau lanjutkan jalan-jalan ke mana setelah pandemi berlalu? Nah, mendingan kalian coba aja menuju ke Kabupaten Banyuwangi. Kabupaten yang terletak di ujung timur Pulau Jawa ini memiliki berbagai destinasi wisata yang patut kalian kunjungi.

 

Memang awalnya wilayah ini dianggap sebagai tempat persinggahan sementara sebelum akhirnya menyeberang ke Bali. Namun, sejak masa pemerintahan bupati Abdullah Azwar Anas, sektor pariwisata mulai menjadi bahan perhatian.  Hal tersebut dibuktikan dengan raihan penghargaan “Excellence and Innovation in Tourism” kepada Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dari UNWTO, Organisasi Pariwisata Dunia PBB. Gimana, tentu cukup keren, bukan?

 

Oleh karena itu, berkunjung ke Banyuwangi tidak lagi hanya numpang nyeberang ke Bali, melainkan kamu bisa menikmati keindahan destinasi wisatanya. Apa saja sih, destinasi wisata di Banyuwangi? Berikut ini 18 destinasi wisata di banyuwangi yang bisa kamu kunjungi.

 

1. Taman Nasional Baluran

 

Banyak yang menyebut Taman Nasional Baluran sebagai “Africa of Java”. Hal ini karena tempat ini memiliki daya tarik berupa padang rumput yang sangat luas, yakni sekitar 10.000 hektare. Kamu akan mendapatkan suguhan pemandangan hamparan padang rumput serta pepohonan dengan batang mekar pada beberapa titik. Kamu juga bisa menyaksikan kawanan hewan yang sedang berkumpul di sana, seperti banteng, kerbau, rusa, merak, monyet ekor panjang, dan burung ekor panjang.

 

2. Kawah Ijen

Kawah Ijen menjadi salah satu tempat wisata yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Banyuwangi. Gunung dengan ketinggian 2.386 mdpl ini memiliki fenomena alam yang sangat terkenal, yakni blue fire. Fenomena alam ini tidak akan kamu dapatkan di gunung manapun di Indonesia selain di Gunung Ijen, Banyuwangi.

 

3. Waduk Bajul Mati

Jika kamu berkunjung ke Waduk Bajul Mati, kamu akan disuguhkan pemandangan waduk yang mirip wisata Raja Ampat. Tempat ini bisa menjadi spot foto tema “alam” yang cocok buat kamu, karena di tempat ini wisatawan bisa melihat jejeran pulau-pulau kecil yang berada di tengah perairan. Udaranya yang sejuk tentu bisa mendinginkan kepala kamu dari deretan deadline tugas kuliah ataupun kerjaan, lho.

 

4. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung adalah salah satu pantai eksotis yang dimiliki oleh Banyuwangi. Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang indah dan cocok untuk para peselancar. Untuk pergi ke tempat ini, kamu akan melewati rute perjalanan yang cukup ekstrem. Hal ini  karena kamu harus melewati Taman Nasional Alas Purwo atau menyeberangi Teluk Grajagan. Namun lelahnya perjalanan akan segera sirna saat mata mulai melihat panorama pantai ini.

 

5. Pantai Rajegwesi

Destinasi wisata pantai di Banyuwangi berikutnya adalah Pantai Rajegwesi. Terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, pantai yang termasuk ke dalam bagian Taman Nasional Meru Betiri ini memiliki keindahan alam yang sangat menawan. Pantai Rajegwesi juga menjadi akses awal untuk Anda bisa berkunjung ke Teluk Hijau (Green Bay) atau Pantai Sukamade.

 

6. Jawatan Benculuk

Wisata Jawatan berada di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, dan kini tengah menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal karena menyuguhkan keindahan pepohanan yang sejuk. Selain itu, kamu juga bisa merasakan fasilitas lain seperti tempat pemancingan, arung jeram, dan lainnya. Saking indahnya, seringkali tempat ini digunakan sebagai latar pengambilan foto atau video.

 

7. Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan menjadi destinasi wisata alam Banyuwangi dengan pesonanya yang sangat menarik. Pulau yang berada di tengah-tengah Selat Bali ini memiliki hamparan pasir putih lembut mengelilingi pepohonan yang sangat rimbun nan hijau. Jika berkunjung ke Banyuwangi, sempatkanlah datang ke Pulau Tabuhan. Tak hanya daratannya, kamu juga bisa merasakan keindahan bawah laut yang mempesona.

 

8. Kampung Warna Warni Kalilo

Setelah ke Pulau Tabuhan, jangan lupa mampir ke Kampung Warna Warni Kalilo yang berada di Kelurahan Singonegaran, Kecamatan Banyuwangi. Objek Wisata ini mirip dengan kampung warna warni Jodipan, Malang. Kamu bakal melihat jejeran rumah perkampungan dengan berbagai warna. Tempat ini bisa menjadi spot foto yang instagramable. Pasti sangat menarik buat para kaum milenial.

 

9. Mangrove Bedul Ecotourism

Mangrove Bedul Ecotourism atau biasa disebut Pantai Bedul merupakan bagian dari Taman Nasional Alas Purwo. Mengunjungi pantai ini, kamu akan melihat pemandangan ribuan pohon mangrove atau bakau yang tumbuh subur. Di hutan mangrove inilah aneka satwa hidup seperti monyet, biawak, elang laut, blibis, dan burung bangau.

 

10. Bangsring Underwater

Buat kamu pecinta keindahan bawah laut, cobalah untuk berkunjung ke Bangsring Underwater, yang berada di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi. Bangsring Underwater merupakan wisata konservasi terumbu karang satu-satunya di Banyuwangi. Kamu bisa melihat berbagai terumbu karang dengan aneka biota laut yang hidup di dalamnya.

 

11. Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo adalah salah satu wisata alam berupa hutan konservasi yang bisa jadi tujuan travelling kamu. Kamu bisa menyaksikan berbagai satwa di Alas Purwo antara lain rusa, banteng, babi hutan, merak, kera, kijang, dan berbagai satwa lain. Alas Purwo juga memiliki pantai yang indah.

 

12. Glenmore

Glenmore merupakan nama salah satu kecamatan yang ada di Banyuwangi dengan berbagai keunikan pariwisata, mulai dari kuliner hingga pesona wisata lainnya. Ada beberapa destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi saat berada di Glenmore, seperti Dusun Kakao, Waduk Sidodadi, Rumah Kurcaci, Umbul Pule, Air Terjun Kembar Legomoro. Selain itu, kamu juga bisa menikmati oleh-oleh pia khas Glenmore.

 

13. Pulau Merah

Pulau Merah (Red Island) menjadi salah satu destinasi wisata pantai paling populer di Banyuwangi bahkan Indonesia. Ciri khas dari Pulau Merah ialah bukit kecil yang terletak di dekat pantai. Selain itu, Pulau Merah juga menjadi tempat bagi para peselancar profesional, karena memiliki ombak pantai yang bagus. Banyak spot-spot yang bisa kamu kunjungi di Pulau Merah, seperti pura, berkeliling di bukit pasir merah, hingga wisata kuliner.

 

14. Teluk Hijau

Teluk Hijau (Green Bay) dikenal dengan suasana pantai yang masih alami karena untuk ke sana kamu perlu melewati hutan rimbun atau naik perahu dari Pantai Rajegwesi. Teluk Hijau masih berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Teluk Hijau menyuguhkan keindahan pantai dan pasir putih yang halus dan tebal. Air lautnya berwarna hijau, berbeda dari warna air laut pada umumnya.

 

15. Pantai Watu Dodol

Setelah mengunjungi Taman Nasional Baluran, jangan lupa mampir sebentar di Pantai Watu Dodol. Destinasi wisata ini memiliki keunikan berupa pantai yang tidak berpasir, melainkan penuh dengan batuan coral dan karang. Kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan air laut dengan ombak yang cukup besar. Jika lapar, deretan kedai siap melayani kebutuhan perutmu.

 

16. Pantai Sukamade

Pantai Sukamade berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri, seperti Pantai Rajegwesi dan Teluk Hijau. Jadi, jika kamu berkunjung ke sini, jangan lupa buat mampir ke dua tempat wisata tersebut. Bisa dibilang Pantai Sukamade adalah surganya penyu, karena di sinilah menjadi salah satu tempat penangkaran penyu di Indonesia. Ke sini, kamu bisa melihat bagaimana penyu bisa bertelur hingga melepasnya ke laut.

 

17. Padang Rumput Sadengan

Saat berkunjung ke Taman Nasional Alas Purwo, tidak lengkap rasanya jika tidak sekalian mengunjungi padang rumput sadengan. Meskipun tidak seluas padang rumput di Taman Nasional Baluran, tempat ini tetap menjadi tujuan wisata yang menarik. Di sini, kamu bisa melihat berbagai satwa seperti merak, sapi hutan, kijang, kera, dan lain-lain.

 

18. Desa Adat Kemiren

Desa Adat Kemiran menjadi salah satu ikon di Kabupaten Banyuwangi. Pemerintah daerah setempat telah menjadikan Desa Kemiren sebagai daerah cagar budaya dan Desa Wisata Using. Desa Kemiren memiliki berbagai tradisi khas seperti selamatan pada saat tanam hingga panen. Adapun tradisi Gedhogan, yakni memukul lesung dan alu, sehingga menghasilkan alunan musik yang enak didengar.

 

Banyak sekali tempat wisata yang bisa kamu datangi saat berkunjung ke Banyuwangi, bukan? Dengan mengunjungi 18 destinasi wisata di Banyuwangi tersebut, kamu mungkin tidak cukup sekali berkunjung kesana. Dari review singkat di atas, menurutmu destinasi wisata apa yang paling menarik? Bagikan juga alasannya ya, semoga membantu para traveler menemukan tempat piknik terbaik di Banyuwangi.

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments