Berkunjung ke daerah Bantul jangan lupa untuk mengunjungi Bendungan Kamijoro yang menjadi salah satu ikon wisata penting di Jogja. Tempat wisata ini sedang viral di kalangan masyarakat Jogja, cocok menjadi destinasi wisata keluarga atau tempat refreshing seorang diri.

Keunikan Bendungan Kamijoro

Tempat wisasta ini berdekatan dengan Candi Prambanan, jadi masih satu kawasan perbatasan dengan Kulonprogo dan Bantul. Bendungan ini pertama kali dibangun untuk mengiri sawah di Kabupaten Bantul seluas 2370 hektar kemudian direnovasi sejak tahun 2018 di bawah pengawasan pemerintah.

Setelah selesai diperbaiki dan resmi dibuka, banyak pengunjung yang mulai datang karena merasa penasaran sehingga bendungan ini menjadi tempat wisata yang cukup populer di Jogja. Di sekeliling bendungan, terdapat beberapa spot foto dan taman yang cocok untuk mengambil foto Instagenic.

Wisatawan yang ingin mempelajari tentang fasilitas pengairan sekaligus melakukan liburan bisa pergi ke tempat wisata ini. Ada banyak hal unik, menarik dan segar yang disuguhkan oleh Kamijoro.

Fasilitas dan kegiatan di Bendungan Kamijoro

Meskipun masih tergolong tempat wisata baru, bendungan ini dibekali dengan fasilitas yang cukup lengkap sehingga para pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan alami secara optimal. Berikut ini beberapa fasilitas yang disediakan oleh Kamijoro:

  • Selain bisa menikmati pemandangan alam nan eksotis dari aliran sungai Progo, wisatawan yang datang juga bisa bermain di taman yang tersedia.
  • Ada banyak wahana permainan yang bisa dicoba untuk anak-anak.
  • Toilet umum dan mushola untuk beribadah.
  • Beberapa spot istirahat yang bisa digunakan oleh wisatawan.

Selain itu, di Kamijoro ada banyak sekali kegiatan seru yang bisa dilakukan oleh wisatawan, contohnya seperti:

1. Menikmati pemandangan indah Sungai Progo

Salah satu kegiatan seru yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Kamijoro adalah menikmati pemandangan indah dari Sungai Progo. Spot wisata seperti ini tidak setiap hari bisa dilihat jadi abadikan pemandangannya dengan baik melalui kamera DSLR atau smartphone.

2. Selfie dengan background Sungai Progo

Jika suka mengambil foto selfie, jadikan kesempatan ini untuk mengambil foto selfie dengan background Sungai Progo. Agar hasil fotonya terbaik, pastikan memilih spot foto yang bagus.

3. Bermain di taman bermain

Bila melakukan perjalanan wisata bersama keluarga, jangan lupa untuk mengajak anak-anak bermain di taman bermain yang tersedia sebagai salah satu fasilitas wisata Kamijoro. Ada wahana jungkat-jungkit atau perosotan yang bisa dimainkan anak-anak maupun orang dewasa.

4. Menikmati jajanan

Meskipun keberadaan pedagang tidak diizinkan di tempat ini, namun ada beberapa pedagang nakal yang sering kali masuk ke area wisata. Jika merasa lapar dan haus, nikmati jajanan pinggir jalan meskipun variasi jajanannya tidak banyak.

Harga tiket masuk Bendungan Kamijoro

Karena masih tergolong baru, harga tiket masuk ke tempat wisata ini sangat terjangkau. Pengunjung cukup keluarkan ongkos parkir saja mulai dari Rp 2.000-10.000, tergantung jenis kendaraan yang dititipkan.

Lokasi Bendungan Kamijoro

Tempat wisata ini memiliki 2 rute perjalanan yang bisa dimulai dari Bantul atau Kulon Progo, wisatawan cukup sesuaikan saja dengan lokasinya, yaitu dari Bantul lokasinya berada di Kamijoro, Pajangan, Bantul, DIY. Anda juga bisa mencapai tempat wisata ini dari arah Kulon Progo berada di Jalan Sentosa-Brosot, Kaliwiru, Tuksono, Sentolo, Kab. Kulon Progo, DIY. Setelah sampai, Anda bisa parkir baik di Dusun Plambongan bagi yang dari arah Bantul dan Dusun Kaliwiru bagi yang dari arah Kulonprogo.

Demikian informasi tentang wisata terbaru yang sedang viral, Bendungan Kamijoro, jika tertarik bisa kunjungi bersama teman atau keluarga.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (7 votes, average: 4.43 out of 5)
Loading...

Comments

HP: 081231561811Chat via Whatsapp