Selain keunikan atap rumah tradisionalnya, Kota Padang di Sumatera Barat juga menyimpan banyak destinasi yang unik dan menarik. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata religi hingga wisata kuliner. Berikut ini 19 destinasi wisata di Padang  yang cocok dijadikan spot foto karena pemandangannya yang super indah.

1. Danau Maninjau

Proses terbentuknya Danau Maninjau mirip seperti Danau Toba. Menyuguhkan pemandangan yang luar biasa indah. Airnya jernih tampak biru dan menyegarkan. Sudah tersedia fasilitas, seperti: sepeda air, memancing, berenang. Jalan menuju ke danau cukup sulit, jadi jika kamu baru pertama kali datang ke sini sebaiknya cari driver yang berpengalaman.

2. Banto Royo

Di taman wisata Banto Royo kamu bisa mengelilingi perairan yang ditumbuhi hutan bakau dengan berjalan di atas jembatan terbuat dari papan. Di sana kamu juga bisa melihat pemandangan bukit yang menjulang dan hamparan sawah kamang. Sudah tersedia fasilitas wahana bermain seperti: perahu air, lapangan lumpur, seluncur air, kolam dan flying fox.

3. Goa Batu Kapal

Diberi nama Goa Batu Kapal karena konon masyarakat lokal melihat bentuk goa seperti kapal dimana di dalamnya terdapat 4 lorong seperti 4 kabin di dalam kapal. Salah satu yang menjadi daya tarik goa ini adalah stalagmite dan stalagtit di dinding dinding goa yang terbentuk alami. Tempat wisata ini menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Sumatera Barat. Lokasinya di Solok Selatan, tepatnya di wilayah perkebunan kelapa sawit.

4. Pulau Pamutusan

Di Pulau Pamutusan kamu akan menemukan banyak spot dengan pemandangan lanskap yang indah. Jika airnya surut akan terlihat hamparan pasir putih yang halus dan bersih. Pemandangan di setiap sisi pantai berbeda-beda. Jika berdiri di tengah pulau dan melihat ke depan akan terlihat daratan Sumatera, sedangkan jika menghadap ke kiri yang terlihat Pulau Panggang.

5. Sawahlunto

Sawahlunto dulunya dikenal kota sebagai tambang. Terkenal sebagai pusat tambang batu bara di zaman penjajahan kolonial Belanda, Sawahlunto menyisakan banyak jejak bangunan bersejarah dan pemandangan yang indah. Ada banyak pilihan destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi, dua di antaranya adalah:

  • Danau Biru

Danau buatan ini dulunya bekas tambang batu bara. Bekas galian tambang meninggalkan potensi wisata yang menarik. Pemandangan di sekitar danau begitu menawan. Meski airnya jernih berwarna biru, pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang.

  • Danau Kandi

Sama seperti Danau Biru, Danau Kandi juga dulunya adalah bekas galian tambang batubara. Walaupun airnya tidak berwarna biru namun pemandangan perbukitan tidak kalah eksotis.

6. Masjid Raya Sumbar

Jika kamu ingin wisata religi, bisa berkunjung ke Masjid Raya Sumbar yang menjadi salah satu landmark Padang dan Sumatera. Keunikan masjid yang dikenal dengan sebutan Mahligai Minang adalah dari segi arsitektur yang mengadopsi rumah tradisional/adat Minangkabau.

7. Lawang Adventure Park

Di lawang Adventure Park kamu bisa menikmati keindahan Danau Maninjau dari ketinggian. Selain itu, tempat wisata ini memiliki lapangan dengan rumput hijau yang luas serta wahana bermain yang bisa membuat liburanmu bersama keluarga atau kawan semakin lengkap dan menyenangkan.

8. Wisata Alam Tonang

Daftar 19 destinasi wisata di Padang berikutnya adalah Alam Tonang. Berkunjung ke sana seperti berada di negeri Sakura, karena disini kamu bisa melihat bunga warna warni yang tertata rapi dengan pola yang menarik. Lokasinya berada di ketinggian, tepatnya di kawasan Nagari Sundata, Kecamatan Lubuksikaping Kabupaten Pasaman.

9. Pulau Siburu

Liburan ke Padang jangan sampai melewatkan berkunjung ke Pulau Siburu. Di sini kamu akan menemukan pulau pasil timbul yang eksotik, tapi pulau ini hanya akan muncul jika laut surut. Lokasinya ada di Pulau Siburu Mentawai.

10. Lubuk Paraku

Lubuk Paraku adalah pemandian alam di aliran sungai. Airnya jernih, saking jernihnya terlihat berwarna biru menjadikan tempat ini mirip seperti kolam renang alami di tengah hutan. Di sini kamu bisa bersantai di atas permukaan air sambil menikmati keindahan panorama alam yang natural.

11. Kota Tua Padang

Bagi kamu yang suka sekali dengan pemandangan vintage jangan lewatkan untuk berkunjung ke Kota Tua Padang. Di sini kamu akan menemukan banyak bangunan dengan arsitektur tempoe doeloe. Kota Tua Padang sekarang menjadi salah satu cagar budaya yang dijaga kelestariannya.

12. Ngarai Sianok

Ngarai Sianok terbentuk karena Patahan bumi. Merupakan lembah curam yang lokasinya berada di perbatasan Bukittinggi dan Agam. Di dasar Ngarai Sianok selain terdapat aliran sungai Batang Sianok juga tumbuh subur pohon-pohon dan satwa liar, seperti rusa, babi hutan. Kontur alamnya yang berbukit-bukit tepat dijadikan tujuan liburan.

Baca : Paket Wisata Minang Kabau 4 Hari 3 Malam

13. Pantai Air Manis (Batu Malin Kundang)

Pernah dengar cerita legenda Malin Kundang yang durhaka kepada ibunya lalu di kutuk menjadi batu? Nah, di tempat inilah kamu bisa melihat langsung batu Malin Kundang. Lokasinya tidak jauh dari Pelabuhan Teluk Bayur.

14. Jam Gadang

Berkunjung ke Bukittinggi rasanya belum lengkap jika tidak mengabadikan Jam Gadang. Sebagai monumen kota, Jam Gadang juga menjadi objek destinasi para wisatawan. Dari puncak menara kamu bisa melihat pemandangan yang terdiri dari bangunan berjejer di tengah kota, bukit dan lembah.

15. Pulau Cubadak

Pulau Cubadak memiliki pantai dengan pemandangan yang luar biasa begitu indah. Pasirnya putih bersih, terdapat teluk, tanjung dan batu karang. Sejauh mata memandang terbentang pemandangan laut berwarna biru dengan pulau-pulau hijau membuat hati tenang dan betah berlama-lama.

16. Museum Adityawarman

Museum yang populer juga dengan sebutan Taman Mini ala Sumbar ini diresmikan pada tanggal 16 Maret 1977. Nama Museum diambil dari nama raja Malayapura pada abad ke-14, Adityarwan. Di Museum ini kamu bisa melihat koleksi benda-benda bersejarah budaya Minangkabau. Salah satu koleksi yang paling ikonik adalah Rumah Banjuang atau Rumah Bagonjong yaitu rumah khas Minang.

17. Pantai Sako

Daftar dari 19 destinasi wisata di Padang berikutnya yang memiliki spot cantik adalah Pantai Sako. Pantai ini dikelilingi perbukitan dengan deretan pohon cemara angin. Lokasinya tepat berada di Teluk Bungus tidak jauh dari Pelabuhan Bungus.

18. Pantai Nirwana

Dar Pantai Nirwana kamu bisa menyaksikan kapal-kapal yang berlayar dan berlabuh. Lokasinya dekat dengan pelabuhan Teluk Bayur yang melegenda sejak zaman Belanda. Saat senja dan malam hari suasananya sangat romantis dengan pemandangan lampu kelap kelip di Teluk Bayur.

19. Pulau Persumpahan

Di Pulau ini kamu akan terkesima dengan warna air laut yang bergradasi. Di bagian pinggiran airnya jernih, agak ke tengah warnanya terlihat hijau sedangkan dari kejauhan air terlihat berwarna biru. Di pulau mungil ini kamu juga bisa melihat keanekaragaman terumbu karang.

Demikian ulasan mengenai 19 destinasi wisata di Padang dengan spot yang indah. Buat kamu yang pernah berkunjung ke salah satunya bisa ceritakan pengalaman seru atau boleh juga tips liburan di kolom komentar yang sudah kami sediakan. Semoga artikel ini bermanfaat!

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments