Jika Anda penggemar wisata alam dan suka berpetualang, cobalah kunjungi kawasan Hutan Pinus Mangunan yang menjadi satu bagian dari Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mangunan yang lokasinya tak jauh dari Imogiri. Di kawasan ini Anda bisa melihat deretan pohon pinus yang tegak menjulang.

Hutan Pinus Mangungan memiliki keistimewaan tersendiri karena memiliki spot foto dengan background alami yaitu deretan hutan pinus. Jangan heran bila banyak pengunjung yang datang ke kawasan hutan pinus ini untuk sekedar berfoto. Hutan Pinus Mangunan merupakan kawasan hutan terbuka yang terdiri dari banyaknya pohon pinus yang sangat tinggi. Selain lokasinya yang teduh karena berada di kawasan hutan, juga sangat cocok sebagai tempat untuk berfoto.

Hutan Pinus memiliki suasana alam yang indah dan sejuk, dengan spot foto yang mengesankan dan sangat romantis. Di Hutan Pinus Mangunan — yang sering dimasukkan sebagai itinerary dalam paket wisata Jogja — ada panggung beserta kursi-kursi penonton yang melingkar terbuat dari kayu-kayu pohon pinus, seperti panggung teater. Yang membuat berbeda adalah arsitektur panggung beserta kursinya yang terbuat dari kayu, sangat pas dengan lokasi yang berada di kawasan hutan. Tidak hanya menjadi spot yang bagus untuk foto, tetapi juga suasanya-nya yang alami dan elegan. Kawasan hutan pinus ini tepat sebagai tempat bersantai.

Jika Anda datang di pagi hari, Anda bisa merasakan sinar mentari pagi menelusup dari celah-celah pucuk pinus, membiaskan garis-garis keemasan yang indah. Cahaya mentari pagi akan terpantul pada embun yang masih tersisa di dedaunan, menciptakan kabut tipis yang indah. Ribuan pohon pinus yang berbaris dengan teratur saat angin bertiup, akan terdengar harmoni alam yang berasal dari gemerisik daun-daun. Aroma khas hutan pinus pun menguar dengan tajam. Tak heran jika banyak wisatawan jatuh cinta dengan kawasan ini dan berkunjung untuk menikmati suasananya yang khas. Tak lupa juga sempatkan berfoto bersama teman-teman dengan latar belakang hutan pinus yang asri.

Artikel Lain:  Yuk Snorkling Di Pantai Sadranan Gunungkidul

Hutan Pinus Mangunan memberikan ketenangan bagi jiwa. Kawasan hutan ini juga memberikan view yang cantik untuk diabadikan dalam jepretan kamera, tak heran jika akhirnya Hutan Pinus Mangunan menjadi salah satu spot hunting foto favorit. Bukan hanya wisatawan yang ingin selfie, pasangan yang hendak menikah pun banyak yang menjadikan tempat ini sebagai setting foto prewedding mereka. Dengan sudut pengambilan gambar yang tepat, foto-foto berlatar hutan pinus rimbun ala-ala setting film Hollywood pun bisa didapat. Bagi Anda yang menyukai petualangan, Anda bisa trekking mengikuti jalur outbond Watu Abang menuju sumber mata air Bengkung yang dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai lokasi pertapaan Sultan Agung Hanyakrakusuma.

Untuk tiket masuk Hutan Pinus Mangunan yang terletak di Desa Dlingo, Mangunan, Bantul hanya 2000 per orang. Disiapkan juga uang kecil untuk biaya parkir kendaraan Anda sebesar Rp 3.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Rute untuk menuju Hutan Pinus Mangunan, karena tidak ada transportasi publik yang melayani rute hingga kawasan hutan pinus maka Anda disarankan untuk membawa kendaraan pribadi. Dari Yogyakarta Anda bisa mengambil rute Terminal Yogyakarta – Jalan Imogoro Timur – Pertigaan Imogiri belok ke arah Makam Raja-raja Imogiri – Mangunan – Hutan Pinus Mangunan. Jika Anda berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan ini jangan lupa sempatkan untuk mampir ke kuliner khas Imogiri yaitu Sate klathak Imogiri.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 4.00 out of 5)
Loading...