Kekayaaan wisata Jogjakarta tidak akan ada habisnya untuk dibahas. Kali ini kita akan bersama-sama mengunjungi Pantai Goa Cemara yang memiliki sensasi romantis tiada banding. Ya, saat mengunjungi pantai Goa Cemara, Anda akan merasa seperti sedang berada di lain dunia. Pantai ini tepatnya terletak di dusun Patehan, Desa Gandingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul. Pantai Goa Cemara memiliki ciri tersendiri seperti halnya pantai pasir putih di Gunung Kidul, pantai Depok dengan menu seafoodnya yang lezat abis dan juga pantai Kulonprogo yang menawan dengan dermaga, buah naga dan juga lagunanya.

Rute pantai Goa Cemara

Source by: bakpia25

Source by: bakpia25

Kalian sudah pasti tahu dong pantai Parangtritis yang merupakan icon wisata maritim Jogja dan sarat akan legenda Nyi Roro Kidul. Nah, dari pantai ini kalian bisa sampai di Pantai Goa Cemara hanya dengan menempuh perjalanan sepanjang 4 km. So, bagi kalian yang sedang mengunjungi pantai Parangtritis bisa langsung “cus” ke Pantai Goa Cemara yang memiliki keunikan tersendiri.

Secara rinci, rute menuju pantai Goa Cemara bisa dimulai dari Kota Jogjakarta. Darisini kalian bisa menuju kota Bantul, sesampainya di perempatan Palbapang belok kanan, lurus sampai lampu merah kedua lalu belok kiri. Darisini kalian bisa jalan terus sampai menemukan plang menuju pantai Goa Cemara. Rute yang mudah di hafal dengan kondisi jalan yang mulus beraspal tanpa cekungan.

Apa yang bisa Anda temui di Pantai Goa Cemara?

Source by: lokasiseru

Source by: lokasiseru

  1. Ingin berjalan di lorong goa dengan dinding pohon cemara yang rimbun di sisi kanan kirinya? Anda bisa mengunjugi pantai Goa dan menemukan pohon cemara berdiri tegak berjajar dan berhimpitan sehingga terkesan seperti pagar. Pucuknya membentuk kanopi sehingga akan melindungi kalian dari terik matahari saat melintas sedangkan batangnya ditutup dengan pagar bermotif dadu berwarna kekuningan. Lorong ini cukup panjang dan sangat cocok dipakai untuk foto selfie ataupun mengabadikan momen foto prewedding.
  2. Yang menakjubkan lagi di pantai Goa Cemara adalah adanya menara Mercusuar setinggi 40 meter yang bisa dinikmati langsung oleh pengunjung. Jika ingin naik ke mercusuar ini maka pendaki maksimal adalah 2 orang dengan tiket masing-masing orang sebesar 2.500 rupiah. Di atas menara ini, kalian bisa menikmati pemandangan tambak udang dan juga hamparan pohon cemara yang menakjubkan. Hembusan angin sepoi pada titik ketinggian tersebut akan memberikan nuansa lain pada jiwa Anda.
  3. Lokasi ini juga sangat cocok dipakai untuk tempat foto prewedding. Pemandangan di pantai Cemara sangat menakjubkan sehingga cocok menjadi background prewedding dengan nuansa alami yang tidak terlupakan.
Artikel Lain:  5 Lokasi Outbound Rekomendasi di Jogja

Keindahan pantai goa cemara dengan pohon cemara yang hijau rimbun bisa Anda nikmati saat musim penghujan sebab saat itu guyuran hujan yang deras akan membuat tetumbuhan tumbuh begitu subur.

Fasilitas di Pantai Goa Cemara

Source by: mboelane

Source by: mboelane

Pantai Goa Cemara meski masih tergolong baru namun telah mendapatkan cukup banyak kunjungan baik dari wisatawan dalam Jogja maupun luar kota ini. Disini kalian bisa menikmati fasilitas yang pastinya akan membuat kalian ingin mengunjungi pantai ini lagi dan lagi.

  1. Pantai Goa Cemara mulai berbenah diri dengan menyediakan fasilitas dasar berupa toilet, kamar mandi dan juga tersedianya air bersih yang cukup melimpah.
  2. Untuk memanjakan perut para pengunjung, telah tersedia cukup banyak warung makan yang menyediakan berbagai menu makanan seafood dan juga mie lethek khas Bantul.
  3. Pengunjung bisa naik wahana atv yaitu motor roda empat hanya dengan mengeluarkan ongkos sebesar 50.000,00. Pengunjung bisa merasakan serunya berputar-putar di kawasan pantai Goa Cemara sampai puas.
  4. Pantai ini cukup dekat dengan pantai Indrayati Gunung Kidul yang bisa diakses hanya dengan menempuh jarak perjalanan 1.5 jam saja. Pantai ini adalah pantai pasir putih yang menjadi primadona di Jogjakarta.
  5. Sedikit disayangkan adalah mengenai penginapannya. Jika ingin bermalam di pantai Goa Cemara, penginapan belum tersedia di sekitaran kawasan ini. Jikapun ada adalah pada jarak yang cukup jauh yaitu sekitar 30 meter tepatnya di area Pantai Parangtritis. Meski begitu, seiring berjalannya waktu dan semakin bertambahnya animo masyarakat untuk datang ke lokasi ini, lambat laun fasilitas penginapan akan disediakan.

 

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...