Air Terjun Kembang Soka terletak di Padukuhan Gunung Kelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Air terjun ini dinamai Kembang Soka, karena asal dari salah satu sumber mata airnya adalah berasal dari bawah tanah dimana banyak tumbuh bunga soka di atasnya. Secantik bunga soka, air terjun ini memiliki keistimewaan tersendiri. Taburan air nya menyegarkan juga jernih dan memiliki dua warna, perpaduan antara warna putih dan hijau toska nan lembut.

Air terjun Kembang Soka ini berada pada posisi tertinggi di antara lokasi air terjun lain di sekitarnya. Keunikan air terjun ini adalah adanya bebatuan di sekitar air terjun tersebut yang indah saat difoto. Wisata air terjun ini dikelola secara serius sebagai obyek wisata yang menjadi potensi pendapatan daerah, usianya baru kurang lebih satu tahun. Sebelumnya, air terjun ini merupakan harta milik warga yang dibiarkan tumbuh secara alami.

Di air terjun Kembang Soka ini yang sering disertakan dalam paket wisata Jogja ini, Anda juga bisa melihat Tuk Jaran yang dipercaya sebagai sumber rezeki, air yang jernih dan segar mengalir dari mata air tersebut dan pastinya bisa langsung di minum bila traveller kehabisan bekal air minum. Anda juga bisa menikmati muara atau semacam bendungan di sini, muara sungai yang berwarna hijau inilah menjadi tempat favorit untuk bermanja ria dengan dinginnya air terjun kembang soka. dengan kedalaman berkisar 1 – 2 meter, air ini cocok untuk berenang. Ada beberapa spot untuk berselfie ria di tempat ini seperti gardu pandang yang tepat berada di atas muara dan papan loncatan yang berdada di tengah muara atau jembatan bambu yang melintasi muara kembang soka.

Artikel Lain:  Hanya Di Sini Paket Wisata Jogja Yang Paling Lengkap Dan Recommended

Air Terjun Kembang Soka Kulon Progo

Fasilitas di tempat wisata ini adalah terdapatnya beberapa warung yang dibuka warga sekitar menyediakan berbagai makanan ringan. Pada salah satu bagian dari lokasi wisata ini juga terdapat beberapa jembatan bambu yang untuk para wisatawan agar dapat lebih mendekat ke area sungai. Jembatan ini juga sekaligus membantu mempermudah wisatawan menikmati pemandangan sekitarnya, menjelajah lokasi yang sulit dijangkau pejalan kaki, selain itu, lokasi jembatan bambu ini cukup indah untuk lokasi berfoto. Keindahan air terjun Kembang soka begitu patut diacungi jempol, mungkin benar air terjun ini merupakan air terjun terindah di Yogyakarta.

Rute menuju lokasi air terjun ini, saat ini sudah terbilang lebih mudah, meskipun membutuhkan usaha. Tempat ini beralamat di di Jalan Sermo, Girimulyo, Yogyakarta. Anda yang berniat ke obyek wisata ini, sebaiknya mempersiapkan fisik yang cukup prima, karena diperlukan perjalanan kaki yang cukup panjang. Anda cukup mencari Desa Jatimulyo dimana menuju desa ini dapat diakses menggunakan kendaraan bermotor.

Sesampainya di desa tersebut, sudah cukup banyak petunjuk arah yang sengaja dibuat warga untuk membantu wisatawan, namun Anda harus berhati-hati dikarenakan beberapa wilayah yang lokasinya menurun tajam atau terdapat kerusakan jalan sebelum akhirnya sampai pada pintu masuknya. Dari sini, Anda harus mulai berjalan kaki. Kendaraan roda dua maupun lebih dapat dititipkan pada warga maupun pengelola parkirnya dengan membayar Rp.1000,00 saja, sedangkan untuk menikmati obyek wisata nya kita hanya diwajibkan membayar biaya retribusi kepada warga yang sekaligus menjadi pihak yang mengelola wilayah ini sebesar Rp. 5.000/orang. Jam Buka air terjun ini adalah setiap hari, mulai pagi hingga petang. Untuk penginapan, sudah terdapat beberapa homestay disekitar tempat wisata Air Terjun Kembang Soka dengan harga yang relatif terjangkau.

Dapatkan Informasi Seputar Wisata di Jogja

Daftar ke mailing list dan dapatkan informasi wisata dan PROMO paket wisata dari kami.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes, average: 4.75 out of 5)
Loading...