Jika Anda tidak ingin berwisata ke gunung api karena menurut Anda hal itu terlalu berbahaya, Anda dapat berwisata ke Gunung Purba Nglanggeran saja. Gunung ini disebut gunung api purba karena menurut para ahli, gunung ini pernah aktif puluhan juta tahun yang lalu. Letak Gunung Nglanggeran tidak terlalu jauh dari kota Yogyakarta. Gunung api purba ini letaknya sekitar 22 kilometer di sebelah utara kota Wonosari. Jadi, jika dari kota Yogyakarta, gunung api purba ini dapat dijangkau dengan menempuh perjalanan selama sekitar 1,5 jam saja.

Rute ke gunung api purba ini cukup mudah untuk dihafal. Dari kota Yogyakarta, kita tinggal mengambil arah menuju Bukit Bintang Patuk, kemudian ke arah Desa Ngoro-oro, lalu ke Desa Nglanggeran. Para wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi dapat memanfaatkan angkutan umum yang menuju kesana.

Gunung Purba Nglanggeran menawarkan wisata alam yang menarik. Dari puncak gunung api purba ini, para wisatawan dapat menikmati pemandangan yang sangat indah. Tapi, saat terbaik untuk mendaki gunung api purba ini justru pada saat malam hari. Karena itu, banyak wisatawan yang datang kesana khusus untuk melakukan pendakian malam. Gunung Purba Nglanggeran adalah gunung yang cocok tidak hanya untuk orang yang gemar mendaki saja. Karena di gunung api purba ini terdapat banyak alternatif jalur pendakian dengan berbagai tingkat kesulitan, gunung api purba ini cocok untuk semua orang, termasuk para pendaki pemula. Tapi tentunya, para pendaki pemula harus ditemani oleh pendaki yang sudah berpengalaman.

Ada beberapa tempat yang menarik di Gunung Purba Nglanggeran. Salah satunya adalah batuan landai pertama bernama Latar Gede. Dari tempat ini, para wisatawan dapat menyaksikan indahnya pemandangan saat matahari terbenam. Sedangkan salah satu tempat yang paling menantang di gunung api purba ini adalah celah sempit yang dikenal dengan nama Goa Jepang. Celah sempit ini hanya muat untuk dilewati satu orang. Konon, tempat tersebut dulu pernah digunakan oleh tentara Jepang untuk bersembunyi dari kejaran pasukan Amerika saat Perang Dunia II. Di samping Goa Jepang, terdapat sumber mata air yang unik. Sumber mata air ini tidak pernah kering, dan penduduk sekitar meyakini bahwa air tersebut berasal dari Telaga Wungu, sebuah telaga mistis yang konon hanya dapat dilihat oleh orang-orang yang hatinya bersih.

Artikel Lain:  Pantai Siung Gunung Kidul

Selain pemandangan alam yang indah dan serunya mendaki gunung, ada satu hal lagi yang membuat Gunung Purba Nglanggeran menarik untuk dikunjungi. Penduduk di sekitar gunung api purba ini sangat ramah. Selain itu, mereka berjualan berbagai macam makanan dengan harga yang sangat murah, dan tidak keberatan untuk mengantarkan pesanan makanan hingga ke ketinggian 700 mdpl. Jadi, bisa dibilang bahwa gunung api purba ini memiliki fasilitas delivery makanan yang sangat baik. Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran dikelola oleh pemuda dan pemudi setempat. Pengelola obyek wisata ini menyediakan berbagai paket wisata, seperti Wisata Adventure, Eduwisata, dan Community Gathering.

Dapatkan Informasi Seputar Wisata di Jogja

Daftar ke mailing list dan dapatkan informasi wisata dan PROMO paket wisata dari kami.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (5 votes, average: 3.60 out of 5)
Loading...