Sebagai gudangnya seniman di Indonesia kota Jogja memang tidak pernah kehabisan acara, baik bersifat sementara maupun tahunan. Tidak jarang beberapa acara yg diadakan juga menjadi buruan wisatawan saat merencanakan liburan mreka di Jogja. Berikut adalah 5 Festival Unik yang pernah ada di Jogja baik yang diadakan setahun sekali maupun di adakan hanya saat momen – momen tertentu saja.

Festival Of Light Kaliurang

Sumber Gbr: Jogja ask

Sumber Gbr: Jogja ask

Festival of Lights 2015 merupakan acara yang terselenggara atas kerjasama Taman Pelangi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sleman yang pertama kali digelar pada 12 Desember yang lalu. Festival of Light menampilkan program hiburan dan wisata yang bertabur ratusan lampion layaknya berada di taman cahaya. Kawasan wisata Kaliurang benar – benar dibuat gemerlap dengan adanya Festival ini. Belum ada kepastian akan kah festival ini diadakan setahun sekali atau tidak. Namun yang pasti patut ditunggu pada akhir bulan di Tahun ini.

Festival Melupakan Mantan

Sumber Gbr: cripstory

Sumber Gbr: cripstory

Jika pada tanggal 14 Februari ada Festival Jomblo maka di malam sebelumnya juga diadakan Festival Melupakan Mantan. Salah satu festival yang selain menjadi ajang melupakan mantan juga memiliki nilai budaya karena mengadopsi konsep budaya larung. Masyarakat Jawa mengenal budaya Larungan yakni membuang energi negatif yang disimbolkan dalam benda-benda dengan maksud menumbuhkan energi positif. Nantinya setiap orang yang mengikuti festival ini akan membawa barang – barang pemberian mantannya untuk disumbangkan.

Festival Gerobak Sapi

Sumber Gbr: festivalgerobaksapi

Sumber Gbr: festivalgerobaksapi

Festival Gerobak Sapi telah diselenggarakan sejak tahun 2013 dan mendapat antusiasme yang besar dari masyarakat yogyakarta dan kota-kota sekitar bahkan hingga ke Jawa Tengah. Di dalam event yang hanya diadakan satu kali dalam setahun di Yogyakarta ini, masyarakat dapat menikmati langsung kemeriahan ratusan gerobak sapi dan para kusir-nya yang disebut BAJINGAN berkumpul dan mengadakan berbagai lomba. Selain aneka lomba gerobak sapi, penonton dan masyarakat di seluruh Indonesia yang dapat menikmati kemeriahan acara ini dan mengikuti lomba-lomba bagi masyarakat umum yang dilakukan secara online.

Artikel Lain:  Keindahan Pantai Soge, Pacitan, Pantai Cantik di Jawa Timur

Festival Jomblo

Sumber Gbr: Radarjogja

Sumber Gbr: Radarjogja

Festival ini sebenarnya sudah terselenggara di beberapa kota di Indonesia, dan Jogja menjadi kota yang ke sekian yang ikut mengadakan festival serupa. Tujuannya selain untuk mencari jodoh juga sebagai edukasi dalam pengembangan potensi diri serta nilai – nilai positif yang dimiliki setiap orang terutama orang – orang yang nantinya ikut dalam festival ini. Diselenggarakan bertepatan dengan hari Valentine tepatnya setiap tanggal 14 Februari. So, buat kamu yg Jomblowers tidak ada salahnya ikut acara ini sapa tau ketemu jodohnya.

Sky Latern Festival (Menoreh Night Spectacular)

Sumber Gbr: lenterajogja

Sumber Gbr: lenterajogja

Merupakan festival yang di prakarsai atas kerjasama Disbudpar DIY dengan kabupaten Kulonprogo serta pihak terkait lainnya. Menampilkan pertunjukan 1000 lampion yang diterbangkan di tengah alun – alun wates. Acara serupa sebenarnya juga diadakan setiap memperingati hari Waisak di candi Borobudur hanya saja untuk Sky Latern Festival dapat diikuti oleh umum. Keindahan yang terpancar dari lampion benar – benar menjadi momen paling ditunggu dan jadi buruan para fotografer.

Dapatkan Informasi Seputar Wisata di Jogja

Daftar ke mailing list dan dapatkan informasi wisata dan PROMO paket wisata dari kami.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...