Salah satu wisata di Yogyakarta wajib anda kunjungi adalah Air Terjun Sri Gethuk. Bosan dengan wisata bertema pantai dan bukit? Kini saatnya mencoba yang baru, yaitu Air Terjun Sri Gethuk. Destinasi wisata ini tidak jauh dari pusat Kota Jogja. Terletak di Bleberan, Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempatnya terletak di dekat pantai dan dekat Goa, sehingga anda bisa sekalian berwisata ke tiga tempat yang berbeda. Air terjun ini menyuguhkan panorama alam yang sangat indah, menarik, anti mainstream, dan lokasinya juga bersih.

Tidak hanya air terjun dengan kolam yang jernih, kawasan ini juga ditumbuhi oleh berbagai jenis tumbuhan yang hijau, suasana akan sangat terasa alami. Meskipun musim kemarau, air terjun ini selalu mengalir dengan deras. Terdapat tiga mata air yang sangat penting di Air Terjun Sri Gethuk. Mata air tersebut tentu mengalir ke desa-desa warga dan membantu pengairan rumah warga, sawah, dan lain-lain. Oleh karena itu, jika anda mengunjungi tempat ini, jangan sampai anda membuang sampah sembarangan dan mencemari nya.

Air Terjun Sri Gethuk secara morfologi dibatasi oleh tebing yang sangat tinggi dan kokoh, kira-kira ketinggiannya 50 meter. Biasanya, para wisatawan menjadikan kedua tebing tersebut menjadi spot foto menarik. Tapi, hati-hati terpeleset ya! Apalagi jika anda mengunjungi air terjun di musim hujan. Air Terjun Sri Gethuk juga menyimpan banyak mitos-mitos setempat. Tak sedikit pengunjung yang merasakan adanya hal mistis di tempat ini, meskipun begitu, Air Terjun Sri Gethuk tetap menjadi salah satu favorit paket wisata Jogja kok!

Aktivitas di Air Terjun Sri Gethuk

Selain berfoto dan memandangi indahnya pemandagan alam, anda juga bisa berendam dan berenang di kolam tempat mengalirnya air terjun yang langsung dari tebing. Jangan khawatir, air nya bersih kok! Tidak akan membuat badan menjadi gatal-gatal. Menariknya lagi, warga yang mengelola tempat wisata tersebut telah menyiapkan fasilitas untuk berenang yaitu ban. Tentu liburan bermain air dengan keluarga bisa menjadi hal yang menarik dilakukan di Air Terjun Sri Gethuk, jika biasanya dilakukan di waterpark, sensasi berenang di kolam alami juga menyenangkan kok!

Fasilitas yang ada di kawasan Air Terjun Sri Gethuk sudah lengkap, pengelola tempat wisata dan warga sudah berkoordinasi dengan baik. Jika anda kelaparan, dengan mudah anda bisa membeli makanan di warung makan dengan harga terjangkau, ada juga WC umum yang bisa anda gunakan untuk mandi setelah berenang, mencari musholla? Juga ada lho! Sebagai tips saja, sebaiknya jika anda berencana untuk mengunjungi tempat ini, pakailah sendal yang tidak licin seperti sendal lapangan, karena bebatuan nya cukup licin, bawalah baju ganti dan peralatan mandi untuk berjaga-jaga jika ingin berenang.

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments