Indahnya surga taman laut membias gradasi warna perairan jernih sepanjang mata memandang. Inilah dia 10 destinasi wisata di Raja Ampat paling mendunia. Sebuah lanskap kepingan pulau kebanggaan Papua Barat yang terhampar secara menakjubkan.

Destinasinya menawarkan momen terindah bagi pencinta traveling alam. Banyak pula cara menikmati waktu berharga kala suasana liburan kita tenang dan nyaman. Seperti aktivitas menyelami lautan biru, pendakian jalur tebing cadas, ekspor jelajah gua prasejarah, berburu koleksi foto selfie, atau sekedar memanjakan diri pada tepian pantai berpasir jernih.

Nah sebagai persiapan catat dulu yuk daftar 10 destinasi wisata di Raja Ampat yang dapat kamu eksplorasi saat berlibur nanti.

1. Pulau Misool

Setiap sisi keunikan obyek alam Misool berikut ini bahkan sanggup membuat turis mancanegara merasa takjub.

  • Pantai Dan Taman Laut

Pantainya begitu bening sehingga dengan snorkeling pun sudah terlihat berbagai biota laut dari jarak dekat. Sedangkan bila kamu berhasrat menyelam datangilah beberapa spot diving seperti Magic Mountain dan Forondi Cave. Selain terumbu karang, temukan juga rombongan pari manta, barakuda, hiu, dan juga penyu raksasa langka.

  • Puncak Harfat Jaya Dapunlol

Rute hiking cukup sulit dan berliku namun seluruh pemandangan cantik Misool akan menyapu segala keletihanmu. Pesona laguna berwarna hijau kebiruan terlihat luar biasa, termasuk batu-batu karst, pepohonan dan aneka flora, serta permukaan air berkilau yang menampilkan biota laut di dalamnya.

  • Danau Ubur-Ubur

Mau berenang sama ubur-ubur tanpa khawatir tersengat? Cobalah di danau Lemkamana Misool ini! Unik, posisi danaunya berada pada belantara bukit berkarang tinggi. Para pendaki perlu sangat berhati-hati ketika trekking hingga dijumpai danau ubur-ubur cantik.

  • Boat Trips

Ini dia solusi trip asik mengitari laguna Misool. Dengan sewaan perahu boat kamu diajak memasuki kawasan hutan mangrove tempat konservasi flora dan fauna setempat. Selain itu kapal dapat diarahkan menuju suatu labirin karst. Pada dinding batunya terlukis gambar petroglyph bersejarah yang telah berusia ribuan tahun.

  • Eksplor Gua Misool

Seperti namanya, Gua Putri Termenung memiliki batu stalaktit berbentuk patung seorang putri yang sedang merunduk. Ada juga gua keramat dimana tersimpan beberapa tengkorak asli suku Misool.

2. Pulau Wayag

Ikon jelajah Raja Ampat ini merupakan destinasi terjauh dari Pelabuhan Waigeo. Diperlukan waktu 4 jam untuk menyeberang dengan kapal. Kemudian membeli pin tanda masuk dari warga Desa Sapele selaku pengelola pulau.

Setelah sampai pada titik Pos Wayag, kamu bakal menghadapi tantangan trekking hingga ke puncak bukit berbatu karst. Trek sangat tajam sehingga dianjurkan memakai sepatu gunung anti-selip.

Setelah 45 menit segala ketegangan saat mendaki langsung terhapus oleh pemandangan langka yang tiada bandingnya. Setelah puas memotret lalu kembali turun maka tantangan berikutnya sudah menunggu. Jika kamu berani tentu boleh dijajal sensasi renang bebas ditemani puluhan hiu jenis black trip!

3. Pianemo

Gugus kokoh perbukitan karang tak hanya dimiliki Wayag, tetapi juga Pianemo, miniaturnya.

Dari Ibukota Waisai diperlukan waktu 45 menit menumpang kapal. Pandangan mata bakal disegarkan oleh semburat air laut biru toska berlapis gradasi menghijau.

Meski kerap disebut miniature Wayag, ternyata karst Pianemo tak kalah memacu kekuatan fisik. Bayangkan, agar dapat mencapai pucuk tertinggi, kamu harus melangkahi 320 anak tangga sekaligus.

Meski menguras tenaga, tapi jiwa dan raga pasti terpuaskan ketika mendapati suasana bukit nan elok. Apalagi saat kilau cahaya matahari tenggelam melingkupi Raja Ampat. Salah satu dari 10 destinasi wisata di Raja Ampat yang memancing rasa penasaran turis asing.

4. Desa Arborek

Desa kecil ini sering disinggahi pelancong. Berangkat pagi dari Sorong ke Waisai Raja Ampat dengan perahu boat sewaan, berlanjut menaiki perahu panjang tujuan Arborek. Perjalanan laut kurang lebih 2 jam waktunya. Bila perlu menginap ada sejumlah homestay dengan tarif murah.

Banyak warga menawarkan aneka kerajinan seperti topi dan anyaman tas dari bahan alami daun pandan. Selain belanja oleh-oleh, wisatawan juga boleh mencicip kuliner khas tanah Papua, yakni papeda.

Snorkeling pantai Arborek tetap jadi kesenangan tersendiri buat merasakan sensasi laut biru. Juntaian pohon kelapa juga menjadi peneduh pasir putih. Bersantai makin tenang dan nyaman.

5. Star Lagoon

Persis namanya, Star Lagoon adalah laguna berbentuk bintang yang dipercantik oleh permukaan air hijau toska. Menariknya, siapa kira telaga unik ini jadi penyejuk puncak bukit karang terjal seperti Pianemo?

Ketinggian bukit kira-kira 30 meter dengan posisi pendakian menukik. Langkah kita mesti ekstra hati-hati, yaa. Hanya terdapat sulur batang pohon untuk pegangan tangan.

Nah, Laguna Bintang terletak di sisi kiri bukit Pianemo. Tersembunyi antara hijaunya tumbuhan yang mengisi sela-sela dinding batu.

6. Batu Pensil

Teluk Kabui punya ikon bebatuan unik di tengah samudera. Bentuknya tegak bak tiang raksasa sehingga diberi julukan Batu Pensil. Sebaran pohon kian menyegarkan batuan ini.

Posisi Batu Pensil mengharuskan kamu berlayar ke tengah Teluk Kabui jika cuaca cerah, sebaiknya pun bersama pemandu setempat. Bila ingin mendarat disediakan dermaga kayu sebagai sandaran kapal dan tempat berpijak wisatawan.

7. Pasir Timbul

Fenomena alam unik terjadi saat air laut surut di Pantai Pulau Mansuar. Kumpulan pasir putih sehalus tepung tiba-tiba membentuk daratan yang cukup luas. Karenanya disebut juga Pasir Timbul.

Carilah waktu pagi hari mulai jam 06.00 ataupun sore sekitar pukul 16.00. Hamparan pasir timbul dikelilingi laut biru kehijauan sungguh panorama paling memikat. Terlebih lagi dikala matahari terbit hingga terbenamnya!

8. Desa Wisata Sauwandarek

Suasana desa ini masih asri dan tradisional. Beragam kerajinan daun pandan bikinan para ibu rumah tangga dapat kamu jadikan buah tangan cantik.

Selain asyik snorkeling di pantai, jangan lupa mengeksplore salah satu obyek alami Sauwandarek, yaitu Telaga Yenauwyau. Telaga berair asin ini dianggap keramat oleh penduduk sekitar. Konon barangsiapa melihat seekor penyu putih akan mendapat keberuntungan.

9. Desa Sawinggrai

Dari 10 destinasi wisata di Raja Ampat sampailah kita i pada habitat hidup Burung Cenderawasih. Total empat jenis burung cantik yang menghuni Sawinggrai bersama warga desa. Ada cenderawasih merah, cenderawasih wilson, cenderawasih lesser, dan cenderawasih greater.

Uniknya satwa ikonik Papua ini tak hanya beterbangan. Mereka juga punya jadwal menari layaknya pertunjukan di alam bebas. Dimulai pagi setelah terbit matahari, antara pukul 06.30 – 07.30 WIT. Sementara saat senja pada jam 16.30 sampai 18.00 WIT. Kibasan warna-warni bulunya sangat memukau!

10. Air Terjun Batanta

Cerita terakhir tentang 10 destinasi wisata di Raja Ampat akhirnya membawa kita ke Pulau Batanta. Panorama air terjun berketinggian 10 meter ini sangat eksotis sebab dikelilingi hutan dan pepohonan lebat. Suasana damai dan sejuk pastinya membikin kamu terkesima. Rasanya tidak ingin waktu berlalu dengan cepat.

Setelah mengikuti ulasan menarik tadi, nah apakah kamu makin tergoda untuk traveling ke 10 destinasi wisata di Raja Ampat? Bila memang niat hati sudah mantap, jangan lupa siapkan budget yang cukup, ya!

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments