Siapa bilang di Yogyakarta hanya ada Candi dan Pantai? Yogyakarta yang letaknya berada di selatan memang mempunyai wilayah dengan morfologi yang landai, tidak banyak dataran tinggi. Meskipun begitu, di Kulon Progo, tepatnya di daerah Desa Wisata Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, terdapat morfologi tanah dataran tinggi yang cocok untuk digunakan sebagai kebun teh. Alih-alih digunakan sebagai kebun teh, ternyata warga setempat inisiatif untuk menjadikan kebun teh ini sebagai destinasi wisata yang baru di Yogyakarta.

Daerah Kulon Progo cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam mungkin anda baru bisa sampai. Namun, tentunya perjalanan yang jauh akan terbayar dengan keindahan alam dari kebun teh yang sangat menawan. Karena termasuk kedalam dataran tinggi, sebagai tips saja jangan lupa untuk menggunakan pakaian tebal atau jaket ya, karena disini anda tidak akan merasakan panasnya Kota Yogyakarta, malah anda bisa menggigil kedinginan.

Sebenarnya, Desa Wisata Kebun Teh Nglinggo ini sudah dibuat sejak lama, namun baru-baru ini menjadi cukup terkenal karena banyak netizen yang mengunggah foto-fotonya di media sosial. Setelah kejadian itulah banyak wisatawan yang bertanya mengenai destinasi kebun teh pada penyedia paket wisata Jogja. Desa Wisata Nglinggo ini banyak didatangi oleh wisatawan baik lokal maupun luar, bahkan tidak sedikit warga Yogyakarta sendiri yang mengunjungi tempat yang indah tersebut.

Keindahan Kebun Teh Nglinggo

Seperti pada kawasan kebun teh di tempat lain, disini anda akan disuguhi bukit-bukit yang tinggi dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Kebun teh yang dikelola oleh warga seperti permadani hijau yang sangat segar, apalagi jika cuaca cerah. Terdapat jalur trekking dan off road untuk dapat menyusuri kebun teh Nglinggo ini. Jangan sampai anda terpeleset ketika menyusuri bukit nya, karena biasanya tanah agak sedikit lembek dan licin.

Banyak hal yang bisa anda lakukan di Kebun Teh Nglinggo, anda juga bisa melakukan camping disini dengan izin warga. Kawasan Desa Wisata Nglinggo ini tidak sepenuhnya didominiasi oleh tanaman teh, anda juga bisa menaiki bukit-bukit sisa peninggalan Gunung Menoreh. Jika tidak mau camping, anda juga bisa menyewa homestay pada tempat-tempat tertentu. Biasanya para wisatawan yang mendirikan tenda atau menyewa homestay adalah mereka yang berburu sunrise yang indah dari kebun teh. Bahkan, jika cuaca dan waktunya menguntungkan, anda bisa melihat samudera di atas awan lho ketika berburu sunrise, seperti melihat sunrise di gunung dengan ketinggian yang sangat tinggi.

Sayangnya, fasilitas umum yang disediakan di tempat wisata ini masih cukup minim, tidak banyak warung yang berjualan disekitar kebun teh. Oleh karena itu sebaiknya anda membawa bekal sendiri untuk berjaga-jaga kelaparan diatas bukit. Selain itu, jika anda menggunakan motor atau mobil untuk tiba di kebun teh ini, perlu diwaspadai karena jalannya menanjak dan sangat licin, dibutuhkan kondisi yang prima baik dari fisik anda maupun fisik kendaraan.

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments