Kebun Buah Mangunan merupakan salah satu tempat wisata yang cukup hits di Yogyakarta, apalagi di kalangan remaja. Pada awalnya, wisata Kebun Buah ini hanya dikunjungi oleh warga lokal saja, namun karena kepopulerannya di dunia maya, banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang sengaja berkunjung ke tempat ini, sejak saat itulah destinasi wisata ini menjadi salah satu yang favorit di Yogyakarta.

Kebun Buah Mangunan terletak di Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan jarak tempuh sekitar 35 km dari pusat kota Yogyakarta. Kebun Buah Mangunan memiliki suasana alam yang asri dan sejuk karena berada pada ketinggian beberapa ratus meter diatas laut ditampah tempatnya yang luas. Karena berada pada dataran tinggi, maka dari puncak Kebun Buah Mangunan ini anda bisa melihat panorama alam, hamparan tumbuh-tumbuhan hijau dan kelokan sungai dapat terlihat jelas di tempat ini. Hal itulah yang menjadi daya tarik banyak wisatawan yang datang hingga sekarang.

Keunikan Kebun Buah Mangunan

Lokasi Kebun Buah Mangunan yang berada di selatan Yogyakarta membuatnya dekat dengan pantai selatan, sehingga setelah mengunjungi tempat ini, anda juga bisa melakukan wisata-wisata lain. Sangat strategis bukan letaknya? Sesuai dengan namannya ‘Kebun Buah’, disini anda bisa melihat langsung berbagai macam tumbuhan, jika anda berlibur bersama anak, anda juga bisa mengajarkan mereka mengenai tumbuhan.

Buah-buahan, tumbuhan, dan beberapa hewan juga akan anda kunjungi di tempat ini. Jika lapar, anda bisa mampir ke warung makan di kawasan ini. Memang hanya warung makan sederhana, anda tidak akan menemukan restoran mewah, namun setidaknya bisa mengganjal rasa lapar anda. Banyak spot-spot menarik khususnya untuk berfoto di tempat ini, oleh karena itu, jangan sampai lupa membawa kamera ya, apalagi jika anda memang sengaja ingin mendapatkan foto dengan latar belakang panorama sunrise dan sunset.

Pemandangan Kebun Buah Mangunan ini sangat unik, selain tumbuh-tumbuhan dan sawah yang menjadi panorama utamanya, anda juga akan disuguhi morfologi sungai Opak di selatan Yogyakarta, terlihat gosong sungai dan lekukan-lekukan sungai yang eksotis. Fasilitas tempat wisata ini cukup lengkap, anda tidak akan kesulitan untuk mencari penginapan, gedung pertemuan, musholla, tempat parkir, dan WC umum. Biaya masuk ke tempat wisata ini pun murah, untuk motor hanya akan dikenakan tarif Rp 5.000,- dan mobil Rp 10.000,-.

Lokasi Kebun Buah Mangunan cukup strategis dengan tempat-tempat wisata lainnya misalnya Hutan Pinus Imogiri, anda bisa mampir ke tempat ini juga setelah berwisata ke Kebun Buah Mangunan. Banyak jasa tour dan travel yang menawarkan paket wisata Jogja salah satunya mengunjungi destinasi Kebun Buah yang hits ini. Untuk mewujudkan liburan yang lebih sistematis, anda mungkin bisa menggunakan jasa tersebut.

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments