Tawangmangu merupakan lokasi wisata di Karanganyar Solo yang banyak diminati traveller Indonesia, salah satu objek wisata populernya adalah Bukit Sekipan Tawangmangu. Kawasan wisata ini memiliki keindahan alam yang sangat alami.

Di masa penjajahan Belanda, Bukit Sekipan dimanfaatkan oleh tentara Belanda untuk melatih militer menghadapi perlawanan dari pejuang Indonesia. Namun, setelah Indonesia meraih kemerdekaan, bukit ini tidak dirawat dan digunakan lagi hingga akhirnya diperbaiki dan diresmikan pertama kali pada tahun 2015 lalu dikelola secara swasta .

Daya tarik dan fasilitas Bukit Sekipan Tawangmangu

Meskipun baru di buka 2015, fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini cukup lengkap, seperti:

  1. Area Waterboom

Di kawasan ini, ada beraneka ragam wahana air yang seru. Walaupun bukan waterboom berukuran besar namun wisatawan tetap bisa merasakan sensasi bermain air yang menyenangkan.

  1. Taman Mini

Selain menawarkan fasilitas waterboom yang bisa digunakan oleh semua pengunjung, tempat wisata Bukit Sekipan juga menyediakan fasilitas taman mini. Pengunjung yang merasa lelah setelah mendaki bukit atau mengelilingi area sekitar bukit bisa nongkrong atau beristirahat sebentar di taman mini. Karena terletak di perbukitan, udaranya masih sangat bersih dan segar.

  1. Rumah Halloween

Jika pengunjung memiliki banyak waktu untuk bermain ke sini, pastikan untuk tidak lupa mengunjungi Rumah Halloween. Berbeda dari rumah hantu pada umumnya, di rumah ini pengunjung akan melihat banyak patung yang telah didandani dengan pakaian khas hantu Indonesia.

  1. Outbound

Bagi yang ingin merasakan sensasi adrenalin yang menegangkan bisa mencoba permainan outbond. Fasilitas outbound di sini cukup lengkap, pengunjung bisa mencoba flying fox atau cukup coba outbound Islami yang memiliki miniature Ka’bah.

  1. Taman Lampion

Jika Anda datang berlibur pada hari Sabtu dan hari libur, maka para pengunjung juga dapat menikmati cantiknya Taman Lampion. Tidak heran suasana malam pun jadi semakin romantis dengan tambahan daya tarik ini.

  1. Area camping

Pengunjung yang ingin camping bisa menggunakan tenda yang telah disediakan pihak pengelola. Selain camping di Sekipan Tawangmangu, pengunjung juga bisa melakukan trekking sambil menikmati air terjun tersembunyi.

Tenda untuk berkemah di Bukit Sekipan night ini dikenal sebagai rumah suku Indian yang mampu menampung 3 orang dengan biaya Rp 200 ribu/malam. Ditambah dengan totem-totem yang mampu meningkatkan suasana unik perkampungan Indian yang sebelumnya belum pernah dilakukan di tempat lain.

Lokasi Bukit Sekipan di Tawangmangu

Lokasi wisata Bukit Sekipan di Jalan Sekipan, Kramat, Kalisoro, Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jateng. Pengunjung bisa mengendarai kendaraan pribadi atau bus untuk sampai ke area ini.

Jika memakai kendaraan pribadi maka patokannya belok ke kanan terdapat pintu masuk Grojogan Sewu. Silahkan putar balik kemudian di kiri jalan nanti ada sebuah gapura dengan jalan ke bawah. Ikuti jalur tersebut untuk sampai di tujuan. Jika memakai bus, silahkan naik dari terminal Tirtonadi jurusan terminal Tawangmangu. Kemudian naik ojek ke bukit sekipan sekitar 2 km.

Tiket Masuk Bukit Sekipan

Bagi wisatawan yang tertarik untuk melakukan seluruh kegiatan alam yang menyenangkan bahkan menunggang kuda, hanya perlu membayar tiket masuk. Harga tiket regular Bukit Sekipan Rp 50.000 sudah termasuk menikmati berbagai wahana.

Ada juga tiket terusan Rp 100.000 yang sudah meliputi seluruh wahana, jadi pengunjung bisa bermain sepuasnya. Untuk tiket taman lampion biayanya Rp 50.000. Tempat wisata ini buka setiap hari dari pukul 08.00 WIB-18.00, di hari sabtu buka hingga pukul 22.00 WIB.

Itulah info menarik tentang Bukti Sekipan Tawangmangu. Ketika berlibur ke wilayah Solo, jangan lupa untuk menyempatkan diri berkunjung ke tempat wisata unik dan lengkap ini.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (10 votes, average: 4.30 out of 5)
Loading...

Comments

HP: 081231561811Chat via Whatsapp