Bukit Lintang Sewu merupakan sebuah lokasi wisata yang sedang ngehits berlokasi di Bantul, Yogyakarta. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan alam yang menarik dan memukau kea rah kota sehingga cocok dijadikan spot-spot untuk selfie atau berfoto ria. Tidak susah untuk bisa sampai ke area Lintang Sewu dan tempat ini bisa dibilang termasuk tujuan wisata yang murah meriah.

Lokasi dan Rute Menuju Bukit Lintang Sewu

  • Lokasi

Lintang Sewu terletak di daerah Dlingo tepatnya di Desa Muntuk, Kabupaten Bantul, yang memang sudah terkenal memiliki banyak area wisata pemandangan yang indah. Lokasi Bukit Lintang yang juga masuk dalam paket wisata Jogja sendiri tidak jauh dari Hutan Pinus Mangunan, hanya berkisar 500 meter dari tempat wisata hutan tersebut.

Akan tetapi berbeda dari hutan pinus, di bukit ini pemandangan alam yang ditawarkan lebih ke area hutan Kayu Putih. Kalau Anda menaiki kendaraan pribadi, maka untuk bisa sampai ke lokasi ini dari arah pusat kota Yogyakarta, maka kira-kira membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 1 jam.

  • Rute perjalanan

Anda bisa coba ambil rute dari kota Yogyakarta, cobalah ambil arah Terminal Giwangan kemudian menuju Jalan Imogiri Timur lalu terus melaju ke arah Selatan. Sebetulnya rute ke daerah bukit ini sama dengan rute jika Anda pergi ke Pinus Pengger atau ke arah Kebun Buah Mangunan. Nanti kalau sudah sampai di persimpangan jalan antara Hutan Pinus dan Kebuh Buah Mangunan, Anda cukup naik ke atas sampai melewati hutan pinus. Dari situ cukup menempuh jarak 500 meter lagi dan sampailah ke lokasi Lintang Sewu.

Apa Yang Ditawarkan di Lintang Sewu?

Bukit Lintang Sewu ini diambil dari bahasa Jawa yang berarti ‘Bukit Seribu Bintang’. Hal ini karena di tempat wisata tersebut, pengunjung bisa menikmati keindahan pemandangan alam berlatar belakang matahari terbenam saat sore hari alias waktu sunset. Itulah sebabnya makin sore, tempat ini malah makin ramai. Belum lagi ditambah kerlap kerlip lampu kota di malam hari yang tampak seperti bintang.

Selain itu, ada terdapat banyak spot-spot menarik yang dibangun di sini untuk dijadikan area berfoto. Misalnya saja terdapat gardu pandang serta bangunan berbentuk seperti candi. Tempat ini sangat populer dijadikan spot foto anak-anak muda. Kalau Anda menuju ke puncak, daerah ini juga luas dan cocok dipakai sebagai tempat camping.

Berikut fasilitas yang disediakan di Lintang Sewu:

  • Tempat parkir
  • Gazebo
  • Gardu Pandang
  • Camping Ground
  • Toilet
  • Warung makan, dan masih banyak lagi.

Terdapat 3 spot foto yang menarik di Lintang Sewu ini yaitu Tugu Watu Asah sebagai ikon utama, Tapak Butho yang berada di sebelah Barat dan Gardu Pandang Bambu yang terletak di bagian Timur.

Harga Tiket dan Jam Buka Lintang Sewu

Harga tiket masuk Bukit Lintang Sewu sangatlah murah, karena untuk memasuki lokasi ini Anda hanya perlu membayar Rp 3.000 per orang. Itu masih ditambah biaya parkir Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Jam buka daerah wisata Lintang Sewu ini dari pagi hingga sore hari, yaitu pukul 06.00 – 18.00 WIB. Kalau Anda ingin menikmati keindahan sunset di tempat ini maka sangat disarankan untuk datang di waktu sore pas matahari terbenam. Demikian ulasan mengenai Bukit Lintang Sewu, semoga bermanfaat dan selamat berlibur sambil berfoto ria di Yogyakarta.

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments