Embung Kledung Temanggung adalah waduk mini yang sengaja dibangun di bagian selatan lereng Gunung Sindoro. Sebagaimana waduk lainnya, tujuan membangun Emblung Kledung adalah mengatasi kesulitan air terutama di musim panas. Selain berfungsi sebagai waduk, Emblung Kledung kini menjadi objek wisata alam populer di Temanggung.

Dahulunya tempat ini digunakan untuk menanam tembakau tapi kini ada beberapa sayuran ikut ditanam warga sekitar terutama yang memiliki nilai ekonomi tinggi seperti buah dan sayuran.

Embung Kledung dibuat pada tahun 2010, panorama keindahan menjadi daya tarik utama oleh waduk mini ini, dengan background Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Wisatawan yang datang berkunjung akan menikmati hijaunya kebun teh, udara yang segar bahkan kesenian tradisionalnya.

Fasilitas Embung Kledung Temanggung

Suasana lereng gunung sangat dingin, pengunjung yang datang akan merasakan sensasi beraga di Eropa. Selain bagus untuk menenangkan pikiran dan memanjakan raga, Embung Kledung juga bagus sebagai objek foto selfie atau pemandangan. Untuk memanjakan pengunjung, pengelola Embung Kledung sengaja melengkapi waduk mini tersebut dengan berbagai fasilitas tidak terkecuali wahana permainan seru, seperti:

  • Kebun teh

Di kawasan wisata alam ni terdapat hamparan kebun teh yang luas, suasananya tidak kalah cantik dengan puncak di Jabar. Jadi setelah selesai menikmati pemandangan indah waduknya, pengunjung bisa mampir sebentar ke kebun teh untuk mengambil foto pemandangan atau selfie.

  • Melihat sunset dengan background gunung

Untuk wisatawan yang gemar mengoleksi foto pemandangan matahari tenggelam bisa menambah koleksi di tempat wisata ini. Pemandangan sunset di Embung Kledung sangat indah karena letak geografisnya yang dekat dengan gunung.

  • Camping Embung Kledung

Untuk pengunjung yang ingin merasakan pengalaman camping yang seru dan agak unik bisa membangun tenda dan berkemah di beberapa spot yang menarik. Tidak perlu ragu untuk membangun tenda, karena sebagian besar pengunjung di tempat ini adalah backpacker yang suka menikmati alam sambil membangun tenda.

  • Warung makan

Meskipun fasilitas yang dimiliki waduk ini belum lengkap, namun untuk pengganjal lapar dan haus tersedia warung makan yang menjual banyak makanan dan minuman kemasan. Pengunjung tak perlu repot membawa makanan sendiri.

Lokasi wisata Temanggung

Embung Kledong termasuk tempat wisata populer Temenggung, tempat ini cukup mudah dijangkau. Untuk alamat lengkapnya berada di Jalan Raya Parakan-Wonosobo, Kledung, Area Sawah, Tlahap, Kledung, Kab. Temanggung, Jateng.

Jika mengambil rute dari arah Magelang, pengunjung dapat melalui jalur dari Secang ke arah Wonosobo dan terus jalan hingga sampai di Perbatasan Kledung. Tepat dari perbatasan tersebut, pengunjung akan melihat pom bensin lalu kuburan. Belok ke jalan setapak sebelum sampai di kuburan, jalan setapak ini akan membawa pengunjung ke waduk Embong Kledung.

Tarif Embung Kledung

Tiket masuk ke waduk mini ini sangat terjangkau, hanya Rp 4.000 per orang. Untuk yang membawa kendaraan pribadi akan dipungut ongkos parkir sekitar Rp 2.000 – Rp 7.000. Tiket ini tidak termasuk fasilitas camping, jika pengunjung tidak membawa peralatan camping bisa menyewanya terlebih dahulu di basecamp. Waktu terbaik mengunjungi waduk ini adalah sore hari, Embung Kledung buka dari pukul 06.00 WIB-17.15 WIB dan pengunjung bisa datang setiap hari.

Wisatawan yang tertarik liburan di Temanggung, bisa pergi ke Embung Kledung Temanggung ini. Pemandangan alam yang ditawarkan masih sangat asri, cocok untuk mengobati mata dari keruwetan aktivitas lalu lintas di pusat kota atau menenangkan pikiran dengan menghirup udara yang bebas dari polusi.

Dapatkan informasi promo paket wisata, hotel, tiket pesawat dan open trip.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Comments

HP: 081231561811Chat via Whatsapp

Info Paket Wisata

Lagi nyari info paket wisata? Silakan klik tombol di bawah ini dan kami akan mengirimkan rincian info paket wisata termasuk itinerary, harga, includes, excludes dan detail lainnya.

Kontak Whatsapp