Kota Yogyakarta yang sejak dulu selalu menarik perhatian karena berbagai hal yang ada di sana terkait dengan sejarahnya yang sangat penting saat kemerdekaan Indonesia, keberadaan kebudayaan keraton yang masih dijaga dengan sangat baik hingga saat ini, berbagai wisata yang ada di sana serta suasana tenteram yang terasa melalui interaksi para penduduknya, membuat kota ini menjadi salah satu destinasi wisata yang gencar di datangi saat Anda datang ke Pulau Jawa. Ada juga banyak wisatawan dari mancanegara yang datang langsung ke sana untuk mempelajari budaya yang sangat kental dan berbagai hal lainnya.

Tak ketinggalan juga wisata kuliner yang bisa Anda cicipi di sana. Yogyakarta ini terkenal ramah dengan para wisatawan bukan karena penduduknya saja, namun juga karena biaya di sana sangat ramah di kantong. Sehingga Anda bisa merasakan wisata yang hemat biaya saat berada di sana. Hal yang membuat Jogja menjadi semakin menarik untuk dikunjungi karena di sana Anda juga bisa mencoba untuk melakukan Wisata Adventure Di Jogja. Sebagai rekomendasi untuk Anda yang ingin mencoba melakukan Wisata Adventure Di Jogja, di bawah ini ada beberapa wisata adventure Jogja yang bisa Anda datangi :

Goa Jomblang Dan Goa Grubug

Jika masuk ke dalam goa secara horizontal tentunya sudah biasa, lalu bagaimana jika kali ini Anda mencoba untuk memasuki goa di perut bumi dan cara masuknya pun secara vertikal? Ini adalah petualangan sesungguhnya yang bisa Anda rasakan saat berada di Goa Jomblang dan Goa Grubug yang adanya di Karst Semanu atau tepatnya di Gunung Kidul. Apabila Anda ingin pergi ke sana jaraknya sekitar 60 KM dari pusat kota. Anda yang akan merasakan Wisata Adventure Di Jogja melalui goa ini akan langsung turun secara vertikal menuju ke dasar goa yang kedalamannya mencapai 96 meter menggunakan tali. Tentunya Anda akan dipandu oleh instruktur yang berpengalaman dan juga peralatan yang memadai sehingga tentunya Anda bisa turun dengan aman. Di dalam goa tersebut berbatu dan juga licin sehingga dengan demikian Anda benar-benar berhati-hati dan menggunakan pakaian yang diinstruksikan oleh instruktur yang menemani Anda. Karena jalan masuk satu-satunya adalah di lubang gua maka dari itu keadaan di dalam gelap dan cahaya yang masuk ke gua dari atas sangatlah indah.

Off Road Pindul

Apabila membicarakan mengenai adventure maka tentunya off road adalah kegiatan yang sangat cocok untuk kegiatan tersebut. Anda juga bisa melakukan Wisata Adventure Di Jogja dengan melakukan off road yang ada di sekitar kawasan Goa Pindul yang ada di Gunung Kidul. Lebih tepatnya lagi kawasan Goa Pindul ini ada di Desa Bejiharjo, di sekitarnya tidak hanya ada Goa Pindul yang menjadi tempat tujuan wisata adventure. Namun ada juga Sungai Oyo yang kerap kali digunakan sebagai lokasi melakukan arung jeram atau rafting yang tentunya merupakan salah satu Wisata Adventure Di Jogja yang bisa Anda lakukan di sana. Saat melalukan off road Anda akan melalui medan yang terjal dan berlumpur sehingga terkadang Anda pun bisa terkena cipratan lumpur.

Cave Tubing Kalisuci

Kegiatan cave tubing ini adalah kegiatan yang memadukan antara menelusuri gua dan juga arung jeram yang arusnya tidak sekuat pada arung jeram yang biasanya di luar gua. Anda bisa melakukan kegiatan ini di Sungai Kalisuci yang terletak di dalam kawasan Ekokarst yang ada di Gunung Kidul. Keindahan alam yang ada di sana sangat menakjubkan bahkan hingga ke dalam guanya. Karena Kalisuci ini adalah sebuah sungai yang mengalir ke dalam gua hingga ke bawah tanah. Anda akan diajak menelusuri sungai ini sampai ke bawah tanahnya. Pertama Anda harus menuruni gua menuju ke Kalisuci lalu di sana Anda bisa melakukan cave tubing dengan rekan-rekan yang ikut dengan pemandangan indah yang ada.

Kereta Gantung Pantai Timang

Pantai Timang yang ada di Gunung Kidul terkenal dengan pulau karangnya dan ombak besarnya, masyarakat di sana sering mencari lobster, kerang dan lainnya di pulau karang, namun karena pulau karang itu terletak di tengah laut dan ombak sangat besar sehingga tidak mungkin mengarunginya dengan perahu maka kemudian masyarakat setempat membuat inisiatif untuk membuat kereta gantung tradisional dengan bahan seadanya untuk bisa membawa mereka ke pulau karang itu untuk mengambil lobster, kerang dan lainnya. Karena sangat ekstrim akhirnya kereta gantung itu dijadikan sebagai Wisata Adventure Di Jogja yang terkenal hingga ke mancanegara, bahkan pernah masuk reality show Korea yaitu Runningman dengan dua anggotanya yang mencoba menaiki kereta gantung.

Panjat Tebing Pantai Siung

Bagi pecinta Wisata Adventure Di Jogja terutama pencinta kegiatan panjat tebing maka Anda bisa menuju ke Pantai Siung yang memang merupakan destinasi utama bagi para pemanjat tebing yang suka bertualang dan memanjat tebing langsung di alamnya. Ada banyak tebing yang bisa didaki di sana, mulai dari yang mudah untuk pemula sampai yang paling susah serta membutuhkan keahlian yang mumpuni untuk bisa mendakinya. Pantai Siung ini juga memiliki panorama yang sangat indah sehingga dengan demikian Anda juga bisa melihat-lihat pemandangan di sana. Ada banyak juga orang-orang yang melakukan aktivitas luar ruangan lain  di sana seperti misalnya berkemah.

Sandboarding Gumuk Pasir Parangkusumo

Foto Oleh: IG @februkresnanto

Gumuk Pasir Parangkusumo juga merupakan salah satu Wisata Adventure Di Jogja yang sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan. Anda bisa merasakan untuk melakukan selancar di atas gurun pasir yang lokasinya ada di Bantul, Yogyakarta ini. Ada banyak penyewaan sandboard yang bisa Anda datangi untuk bisa merasakan pengalaman yang seru dan menyenangkan di sana. Selain itu pemandangan yang ada di sana juga sangat menakjubkan. Karena gurun pasir yang ada di Pulau Jawa hanya ada dua yaitu di Parangkusumo, Jogja dan di Gunung Bromo maka sudah pasti banyak wisatawan yang datang berbondong-bondong menuju ke sana.

Lava Tour Merapi

Gunung Merapi yang ada di Yogyakarta termasuk gunung berapi yang masih sangat aktif di Indonesia, setidaknya setiap 4 tahun sekali sering kali gunung ini memuntahkan lava. Masyarakat yang tinggal di kaki gunungnya sudah terbiasa untuk mengungsi saat keadaan menjadi lebih siaga. Namun tetap saja mereka akan kembali karena sudah terbiasa tinggal di sana. Saat melakukan Wisata Adventure Di Jogja dengan Lava Tour Merapi ini biasanya para wisatawan akan diajak untuk menelusuri jalanan bekas erupsi gunung Merapi dengan menggunakan jeep, selama perjalanan itu Anda akan bisa dengan bebas menikmati pemandangan Gunung Merapi dan sekitarnya dengan sepuasnya. Pada saat melakukan Wisata Adventure Di Jogja di Lava Tour Merapi ini Anda juga bisa memilih melakukannya di pagi hari sambil melihat matahari terbit dari kaki gunung Merapi.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (5 votes, average: 4.60 out of 5)
Loading...

Comments

HP: 081231561811Chat via Whatsapp