Kamu sedang merencanakan travelling tapi hanya punya waktu singkat saja? Bisa kok, asalkan kamu merencanakan dan mempersiapkannya dengan tepat liburan singkat menyenangkan bisa kamu dapatkan. Coba lihat beberapa tipsnya dalam artikel ini.

Travelling pasti jadi hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh mereka yang memiliki segudang rutinitas harian untuk menghilangkan kejenuhan atau rasa penat. Tapi, banyak juga orang yang mengurungkan niatnya untuk melakukan travelling dengan alasan hanya memiliki waktu liburan yang singkat.

Nah, dalam artikel ini akan dijelaskan hal apa saja yang harus kamu siapkan untuk bisa melakukan travelling singkat yang menyenangkan.

Pilih Lokasi Tujuan Yang Tidak Terlalu Jauh

Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam merencanakan travelling singkat adalah memilih lokasi tujuan yang tidak terlalu jauh. Jika masih banyak tempat wisata di kotamu yang belum dikunjungi, sebaiknya pilih tempat wisata yang masih sekota dengan tempat tinggalmu. Ini jika waktu travelling kamu hanya 1 sampai 2 hari.

Jika kamu tetap memilih kota lain sebagai tujuan wisatamu, fokuskan liburan di satu kota. Selain bisa menghemat uang, kamu bisa mengunjungi banyak tempat wisata meskipun liburan kamu tergolong singkat. Sementara itu, jika kamu melakukan travelling di beberapa kota, tentu kamu akan menghabiskan uang lebih banyak untuk pengeluaran transportasi maupun akomodasi. Kamu juga pastinya akan bingung karena harus memilih beberapa tempat wisata di satu kota, sementara ada banyak tempat wisata yang ditawarkan di sana.

Buat Daftar Skala Prioritas Destinasi Yang Akan Dikunjungi

Hal kedua yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan travelling yang singkat namun menyenangkan adalah membuat daftar skala prioritas destinasi yang akan dikunjungi. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Hal ini dilakukan agar kamu bisa fokus pada tempat-tepat yang akan kamu kunjungi tanpa tergoda oleh tempat-tempat lain yang tidak menjadi prioritas kamu. Misalnya saja kamu sudah menentukan lima tempat wisata yang akan dikunjungi. Nah, tentukan tempat-tempat mana saja yang jaraknya tidak terlalu jauh dan sesuai dengan keinginan atau kebutuhan kamu. Pastikan tempat wisata yang belum pernah kamu kunjungi masuk ke dalam skala prioritasmu.

Bisa juga kamu memasukan tempat wisata yang baru dibuka agar bisa menghemat pengeluaran. Tempat-tempat wisata yang baru dibuka biasanya akan memberikan promo yang sangat murah.  Ini akan berbeda dengan tempat-tempat wisata yang sudah terkenal yang  jarang memberikan promo ketika liburan.

Buat Daftar Itinerary Yang Simpel, Tapi Detail

Kenapa kamu perlu membuat daftar itinerary? Itinerary bisa dikatakan sebagai sebuah rencana awal dan sederhana saat kamu akan travelling. Sengan adanya itinerary travelling kamu menjadi lebih terstruktur. Dalam daftar itinerary ini biasanya akan dicantumkan kota tujuan (bisa satu atau beberapa), waktu liburan, nama-nama tempat wisata, hingga perencanaan jadwal di tempat wisata.

Dalam penyusunan itinerary, kamu bisa melihat contoh dari itinerary yang ada di travel atau tour agent. Kamu bisa mencarinya di internet. Saat ini banyak web tour and travel yang memperlihatkan itinerary yang mereka punya.

Meskipun itinerary yang akan kamu buat tergolong simple, namun pastikan itinerary tersebut kamu buat sedetail mungkin supaya kamu bisa melihat jelas perjalanan yang akan dilakukan. Yang terpenting dalam penyusunan itinerary ini kamu cantumkan kota tujuan, lalu lihat di peta apakah kota-kota tersebut bisa dilalui dengan perjalanan searah atau tidak. Jangan sampai kamu memutar dan malah membuang waktu.

Dalam membuat daftar itinerary ini kadang kamu membutuhkan waktu yang cukup lama karena bingung menentukan kota atau tempat wisata mana yang pertama akan dikunjungi, yang kedua, dan seterusnya. Sebaiknya kamu lakukan dulu survei baik itu dari segi waktu, biaya, maupun tempat wisata yang akan dikunjungi. Jadi, sebelum melakukan travelling luangkan waktu untuk berpikir agar tidak menyesal karena salah memilih tempat wisata atau rute perjalanan.

Baju Secukupnya Yang Sesuai Dengan Durasi Dan Tempat Wisata

Jika rencana perjalanan kamu sudah selesai di buat, tiket sudah aman, dan kamu tinggal mempersiapkan barang-barang apa saja yang akan di bawa. Sebelum memasukkan barang-barang bawaan kamu, sebaiknya buat dulu daftar barang bawaan yang kamu butuhkan selama travelling, misalnya pakaian, gadget, makanan, alat mandi, dan sebagainya.

Dalam menyiapkan pakaian untuk travelling, sebaiknya jangan terlalu banyak membawa pakaian. Ini hanya akan membuat kamu repot. Pastikan pakaian-pakaian yang akan kamu bawa sesuai dengan tujuan wisata dan lamanya kamu melakukan travelling. Karena ini adalah travelling singkat, jadi kamu hanya perlu membawa pakaian secukupnya saja. Barang-barang lain pun sebaiknya bawa seperlunya saja. Bawa barang bawaan yang benar-benar akan kamu gunakan. Kamu pasti tidak mau membawa-bawa barang bawaan yang nantinya tidak akan kamu pakai karena ini hanya akan menambah berat koper atau tas kamu.

Pilih Transportasi Yang Tepat

Travelling dengan waktu singkat akan menuntut kamu untuk pintar-pintar dalam mengatur waktu. Supaya waktu kamu tidak terbuang di perjalanan, sebaiknya pilihlah moda transportasi yang cepat seperti pesawat atau kereta. Dengan begitu kamu jadi punya waktu lebih lama untuk menikmati liburan di tempat wisata yang dikunjungi. Jika budget kamu cukup pesawat bisa menjadi pilihan yang tepat. Tapi jika budget kamu tidak pas-pasan kamu bisa memilih bus cepat atau kereta. Kedua moda transportasi ini bisa kamu manfaatkan untuk mengunjungi kota tujuan. Sementara untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di kota tujuan, kamu bisa memanfaatkan transportasi umum. Inilah alasan kenapa kamu harus memilih tempat wisata yang lokasinya tidak terlalu jauh. Supaya waktunya tidak habis di perjalanan.

Jaga Kesehatan Kamu Selama Travelling

Menjaga kesehatan sangat penting dilakukan ketika melakukan travelling. Kamu pernah membayangkan apa yang terjadi jika kamu malah sakit saat melakukan travelling? Semua rencana travelling kamu akan berantakan dan tak karuan. Jangankan menikmati suasana liburan di tempat wisata, jika kamu sakit hanya istrahat yang kamu inginkan.

Oleh karena itu, selama perjalanan kamu wajib menjaga kesehatan karena kesehatan itu tentu amat penting, bukan? Caranya adalah dengan mengatur pola makan dan beristirahat yang cukup. Jangan sampai karena kamu sangat menikmati perjalanan kamu malah lupa untuk istirahat dan akhirnya jatuh sakit. Atur juga waktu yang tepat untuk melakukan travelling dan istirahat karena singkatnya masa liburan kamu. Jika perlu konsumsilah suplemen yang dapat meningkatkan daya tahan tubuhmu. Konsumsilah dengan dosis yang sesuai aturan pemakaian.

Nah, itu dia beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan travelling yang singkat, namun menyenangkan. Dengan cara-cara ini kamu bisa memanfaatkan waktu libur singkat untuk melakukan travelling yang menyenangkan. Bagaimana? Setelah membaca artikel ini kamu sudah mendapatkan ide akan melakukan travelling ke mana untuk mengisi liburan singkat?

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments