Salah satu kata kunci yang banyak dicari di mesin pencarian Google adalah tips memilih travel agent, ciri-ciri travel agent terpercaya. Hal ini karena semakin tinggi minat masyarakat menggunakan travel agent. Alasannya bermacam-macam, seperti: lebih murah, menghemat waktu dan tenaga karena sudah tidak perlu lagi mencari hotel untuk menginap, memesan tiket pesawat, mencari transportasi di tempat tujuan, perencanaan aktivitas. Semuanya sudah diatur dan disiapkan oleh travel agent.

Ada banyak agent travel yang saling berlomba-lomba memberikan harga promo buat menarik calon traveller. Padahal belum tentu paket atau pelayanan yang diberikan sesuai dengan harapan. Tentunya kamu harus mengetahui tips memilih travel agent perjalanan yang terpercaya agar terhindar dari penipuan.

1. Lakukan SurveiPada Travel Agent (Website, Lokasi Kantor, Sosial Media)

Tips pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu profesionalitas agent travel yang kamu pilih. Langkah pertama ini harus dilakukan dari berbagai sumber referensi dengan cermat dan teliti. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan informasi, apalagi sekarang ini sudah banyak agent travel yang memiliki halaman website.

Dulu, salah satu acuan kepercayaan agent travel adalah website dengan domain berbayar. Namun sekarang dengan domain berbayar bisa saja meragukan apalagi sekarang biaya pembuatan domain dan web sangat murah.

Jadi jangan hanya melihat website-nya saja, kamu juga harus cek akun media sosialnya. Cek akun Facebook, Twitter, atau Instagramnya. Banyaknya followers dan likers tidak bisa dijadikan patokan. Yang penting adalah engagement yang dibangun oleh agent travel dengan para pengikutnya. Apabila interaksi terjalin baik, banyak yang memberikan komentar maka travel agent tersebut terpercaya.

Salah satu indikator profesionalitas agent travel bisa dilihat dari rating di Google. Semakin banyak yang memberikan bintang 5 maka artinya track recordnya bagus. Selain itu, cek lokasi kantornya, apakah benar-benar ada atau tidak. Hal ini penting dilakukan karena sudah bukan rahasia lagi ada banyak pihak tidak bertanggung jawab yang menggunakan alamat palsu.

Pastikan agent travel yang kamu pilih memiliki jam terbang, bagaimana fasilitas dan pelayanan yang diberikan dan legalitasnya. Jangan sampai karena minimnya informasi kamu memilih agent yang abal-abal.

Dan yang tidak kalah penting yang perlu kamu selidiki adalah kantor offline. Walaupun sekarang banyak agent travel yang bergerak di bidang online, namun bagi yang memiliki kantor offline akan mendapatkan nilai tambah. Coba telusuri di Google atau Google Maps apakah kantornya nyata, ada atau tidak.

2. Baca Testimonial Dari Pelanggan Sebelumnya Untuk Pengecekan Reputasi

Tips memilih travel agent yang kedua adalah mencari testimoni yang sudah diposting oleh para pengguna jasa agent travel tersebut. Dengan adanya testimoni dapat meningkatkan rating dan kepercayaan calon pelanggan. Tapi hati-hati, jangan terkecoh dengan testimoni palsu.

Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui ciri-ciri testimoni abal-abal, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Bahasanya berlebihan alias lebay. Sesuatu yang berlebih-lebihan tidaklah baik dan sudah sepantasnya kamu curiga, jangan malah terhinoptis. Misalnya testimoni seperti ini: “Liburan Keliling Eropa Hanya Rp 10 Juta Rupiah”. Testimoni seperti ini tentu tidak masuk akal dan secara logika sudah pasti palsu karena untuk harga tiket pesawatnya saja sudah puluhan juta, belum biaya masuk ke tempat wisata, penginapan, akomodasi selama di negara yang didatangi, makan.
  • Kalimat testimoninya sama dengan agent travel lain. Biasanya karena malas membuat testimoni maka cara paling mudah adalah dengan copy pasteperusahaan gent travel lain. Tidak hanya kalimatnya yang sama, bahkan gambar atau fotonya pun copy paste. Biasanya pelaku melakukan hal ini karena ingin mendapatkan rating tinggi atau mendongkrak popularitas.
  • Nama dan foto profil pemberi testimoni asal-asalan atau tidak menggunakan foto profil.
  • Jumlah dan peringkat testimoni palsu yang tercantum tidak sesuai dengan kenyataan. Seperti jumlah bintang dengan banyaknya orang yang mengulas. Periksalah berapa banyak peringkat dan jumlah orang yang mengulas. Sebaiknya hati-hati jika menemukan testimoni yang peringkatnya tinggi,tapi ulasannya hanya beberapa, bisa dipastikan testimoninya itu palsu.

3. Pastikan Kelengkapan Dan Itinerary Perjalanan

Berbeda dengan solo traveling, jika menggunakan jasa agent travel kamu tidak perlu repot memikirkan dan memesan tiket kendaraan, akomodasi dan rencana perjalanan atau ltenerary.  Sebelum memutuskan menggunakan agent travel yang dipilih, sebaiknya minta ltinerary atau rencana perjalanan.

Dengan mengetahui ltinerary, kamu jadi tahu rencana atau rundown perjalanan secara menyeluruh, mulai dari: lokasi tempat wisata, kegiatan, menu atau jenis makanan, transportasi, lamanya perjalanan, akomodasi dan biaya tambahan lainnya. Itinerary merupakan hal yang krusial jadi jangan asal pilih.

Misalnya jika kamu berlibur mengajak anak-anak maka pilihlah rencana perjalanan yang mengunjungi tempat wisata yang disukai si kecil, seperti Waterpark, Universal Studio, Disneyland atau tempat-tempat wisata yang menyediakan fasilitas ramah untuk anak.

4. Cek Rasionalitas Dan Harga Yang Ditawarkan

Jangan mudah tergiur dengan harga murah, apalagi buat kamu yang sangat sensitif begitu membaca/mendengar kata “promo”, “diskon”. Promo harga murah memang menjadi daya tarik tersendiri, tapi jangan dijadikan pertimbangan utama. Cobalah cek wajar tidaknya harga dengan membandingkan fasilitas yang ditawarkan, dari mulai transportasinya, tiket masuk ke destinasi wisata, akomodasi, makan harus sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Misalnya, harga yang ditawarkan murah, namun ternyata fasilitas hotelnya tidak layak, tiket masuk ke destinasi wisata bayar sendiri, tidak ada asuransi, tidak disediakan makan.

5. Survei Untuk Paket Wisata Yang Ditawarkan

Tanyakan paket perjalanan yang kamu inginkan, pastikan yang tertera di paket sesuai dengan yang diterima. Jangan sampai, misalnya: kamu dijanjikan menginap di hotel bintang lima, namun kenyataannya ternyata hotel yang dimaksud masih bintang tiga.

Pastikan juga apa saja fasilitas dan pelayanan yang kamu dapatkan dan yang tidak di dapat dalam setiap masing-masing paket. Pastikan semuanya jelas dan sesuai seperti tercantum dalam paket penawaran.

Memilih agent travel yang terpercaya, mengutamakan kenyamanan dan keamanan memang tidak mudah, namun juga tidak sulit. Dengan catatan kamu mencari tahu kredibilitas dan profesionalitas agent travel yang bersangkutan.

Demikian ulasan mengenai tips memilih travel agent yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakan jasanya. Jadi, ketika Anda ingin berlibur menggunakan jasa perjalanan travel usahakan jangan terburu-buru. Cermat, lihatlah rating serta komentar orang lain yang pernah menggunakan pelayanan jasa agent travel tersebut dan ikuti juga tips lainnya yang sudah kita bahas barulah kemudian kamu bisa menyimpulkan apakah agent travel tersebut terpercaya atau tidak.

Nah, buat kamu yang memiliki pengalaman menarik, seru atau bahkan pengalaman yang tidak menyenangkan saat wisata menggunakan jasa travel,  dan buat kamu yang memiliki tips lainnya yang belum dibahas di artikel ini, silakan bisa menuliskannya di kolom komentar yang sudah kami sediakan.

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments