Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri hanya untuk mencari tempat liburan, karena di Maluku kamu bisa mendapatkan panorama destinasi wisata yang sangat menakjubkan. Maluku menghadirkan daya tarik tempat-tempat bersejarah, hingga keindahan pantai yang bisa kamu jadikan sebagai tempat menyegarkan pikiran.

 

Perlu kamu tahu, bahwa sedikitnya ada 21 destinasi wisata di Maluku yang bisa kamu kunjungi. Perjalanan wisata kamu di Maluku bakalan seru saat mendatangi tempat-tempat berikut.

1. Pulau Bair

Pulau Bair menawarkan pesona kejernihan air laut yang sangat eksotis. Di sini, kamu bisa berenang, snorkeling, berenang, atau berjemur. Kamu juga bisa berkeliling sambil menikmati keindahan tebing-tebing yang mengelilingi tempat ini. Keindahannya semakin tak terkira saat kamu melihat ribuan pohon mangrove yang tertanam di sini, membuatnya semakin hijau dan tampak cantik dari ketinggian.

2. Pulau Nailaka

Pulau Nailaka berada di dalam wilayah Kepulauan Banda, Maluku tengah. Berada di Pulau Nailaka, kamu akan terpikat dengan keindahan pantai panjang yang memiliki pasir putih. Selain pantai yang indah, kamu juga akan menemukan sebuah spot yang disebut Tanjung Tenusan. Tanjung Tenusan ialah lengkungan pasir dimana untuk bisa melihatnya, kamu harus menunggu air laut surut.

3. Pantai Ora

Pantai Ora merupakan salah satu wisata alam di Maluku yang memiliki panorama bawah laut yang sangat indah. Memiliki air laut yang sangat jernih, di pantai ini kamu bisa menyaksikan jejeran bebatuan karang yang membentuk formasi dari ketinggian. Selain itu, Pantai Ora memiliki pasir pantai putih bersih dan air laut berwarna biru kehijauan.

4. Pulau Molana

Pulau Molana menyimpan keindahan alam yakni berupa pantai yang dinamakan Pantai Molana. Pulau yang termasuk ke dalam wilayah Desa Haria, Kecamatan Saparua, Maluku Tengah ini memiliki pantai berpasir puthi dengan pemandangan laut yang sangat menakjubkan. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas di sini seperti berenang sambil menikmati keindahan bawah laut.

5. Nusa Pombo

Nusa Pombo merupakan pulau cantik yang tidak memiliki penghuni dan masuk ke dalam destinasi wisata di Maluku terbaik, jadi belum sama sekali terjamah oleh manusia. Berada di Nusa Pombo, kamu akan merasakan kesejukan alam yang masih asri. Pulau Pombo adalah habitat alami bagi burung Pombo.

Kalau kamu mau ke sini, pastikan untuk membawa keperluan logistik sendiri karena tidak ada orang berjualan.

6. Pantai Liang

Pantai Liang menjadi salah satu pantai istimewa di Kabupaten Maluku Tengah. Pantai ini menjadi salah satu pantai yang gak boleh kamu lewatkan saat pergi ke Maluku. Pantai Liang memiliki pasir putih lembut dan bersih. Air lautnya sangat jernih dan membentuk gradasi. Kamu akan menemukan ketenangan di sini karena banyak pepohanan yang membuat suasana menjadi sejuk.

7. Benteng Ferangi

Selain keindahan wisata alam, Maluku juga memiliki wisata sejarah yang cocok buat kamu kunjungi, salah satunya Benteng Ferangi. Di sini, kamu bisa melihat benda-benda peninggalan bangsa Portugis yang saat itu pernah datang ke Maluku.

8. Pantai Jikomalamo

Pantai Jikomalamo memang tak sepopuler dengan pantai-pantai lain di Maluku, karena lokasinya yang cukup sulit dijangkau. Namun, sebetulnya tempat ini memiliki pemandangan bawah laut yang sangat memesona. Pantai Jikomalamo memiliki garis pantai sepanjang 100 meter dan pasir yang masih bersih.

9. Pulau Halmahera

Pulau Halmahera merupakan pulau terbesar di Maluku dengan berbagai keindahan panorama alam. Ada banyak spot yang bisa kamu kunjungi di Halmahera, seperti Pantai Nusara, Telaga Biru, Pulau Dodola, dan Pulau Tagalaya.

10. Teluk Jailolo

Buat kamu yang mau melihat keindahan bawah laut Maluku, Teluk Jailolo bisa menjadi salah satu tujuan wisata kamu. Dengan posisi teluk yang menghadap langsung ke Puau Ternate dan Pulau Tidore, kamu akan dibawa pada pemandangan wisata laut yang luar biasa.

11. Pulau Morotai

Menjalankan liburan ke destinasi wisata di Maluku, jangan lupa buat mampir ke Pulau Morotai. Di sini, kamu bisa menjelajah ke beberapa spot wisata seperti Pulau Dodola, Pulau Mitita, Tanjung Gorango, Air Terjun Raja, Monumen Teruo Nakamura, Patung Mac Arthur, dan masih banyak lainnya. Kamu juga bisa merasakan indahnya alam bawah laut di 28 spot diving yang ada di sini.

12. Benteng Kalamata

Pulau Maluku memiliki ragam peninggalan sejarah, salah satunya Benteng Kalamata. Bangunan yang terletak di pinggir pesisir Ternate ini menawarkan desain arsitektur khas Portugis. Benteng Kalamata dibangun pada tahun 1540 oleh para Portugis yang saat itu berlabuh di Maluku.

13. Pulau Tagalaya

Pulau Tagalaya termasuk dalam gugusan pulau-pulau kecil yang tersebar di Tobelo, Halmahera, Maluku Utara. Memiliki air laut yang jernih dan hamparan pantai berpasir putih, akan membuat betah saat berada di sini. Kamu juga bisa menyaksikan keindahan biota laut di balik bebatuan karang yang indah.

14. Pulau Pawole

Tobelo merupakan kota di Maluku yang menyimpan sejuta keindahan, salah satunya Pulau Pawole. Sempatkanlah datang ke Pulau Pawole jika kamu datang ke Maluku. Tempat ini menyuguhkan keindahan alam yang bisa kamu nikmati. Di sini kamu bisa berenang dan snorkeling menikmati surga bawah laut yang menakjubkan,lho.

15. Pulau Dodola

Maluku memang menjadi surganya pantai serta laut yang sangat indah. Salah satu tempat yang dapat kamu kunjungi ialah Pulau Dodola. Destinasi wisata ini berada di Pulau Morotai, berupa pulau kecil dengan pantai berpasir putih. Lebih cantik lagi saat air laut sedang surut karena kamu bisa melihat keindahan pasir timbul yang membentuk jalan. Di sini, juga menjadi spot diving yang harus kamu coba.

16. Pantai Ngurtafur

Jalan-jalan ke Maluku Tenggara kurang lengkap rasanya jika kamu tidak datang ke Pantai Ngurtafur, yang merupakan salah satu pantai terindah di Maluku. Keindahannya semakin terasa dengan pasir putihnya, apalagi saat air laut surut.

17. Pantai Nailaka

Pantai Nailaka merupakan surganya keindahan alam Maluku yang jarang sekali terjamah oleh manusia. Maka, tidak heran jika berkunjung ke tempat ini akan terasa sekali kesejukannya. Apalagi, pantai Nailaka memiliki pantai berpasir putih yang mengelilingi pulau, yang membuatnya semakin mempesona.

18. Benteng Amsterdam

Benteng Amsterdam adalah salah satu bangunan bersejarah di Maluku yang berdiri sejak masa kolonial Belanda. Letaknya di Kecamatan Hila, 42 km dari kota Ambon. Berkunjung ke sini, kamu akan berbagai seni arsitektur Eropa pada zaman dahulu. Selain itu, kamu juga bisa belajar sejarah masa kolonial Belanda saat menduduki Maluku.

19. Benteng Belgica

Benteng Belgica menjadi salah satu warisan bersejarah di Maluku yang ditinggalkan oleh Portugis. Berada di Bukit Tabaleku Naira Tenggara, Benteng Belgica menjadi saksi bisu penjajahan Portugis atas bumi Maluku. Benteng ini dibangun pada abad ke 16 dengan tujuan untuk menghadapi perlawanan masyarakat Banda yang menentang adanya monopoli perdagangan VOC.

20. Waimeteng

Waimeteng merupakan pantai di Maluku yang terletak di Kabupaten Seram Bagian Barat. Tempat ini menyajikan pemandangan pantai yang sangat indah. Cobalah untuk berkunjung ke sana apabila kamu berada di Maluku karena sudah masuk ke dalam daftar destinasi wisata di Maluku yang wajib dikunjungi.

21. Pantai Ngurbutut

Pantai Ngurbutut memiliki keindahan pemandangan yang luar biasa. Oleh karena itu, tempat ini adalah destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi saat di Maluku. Kamu akan melihat keindahan pantai yang eksotis pada saat surut.

Betapa banyaknya pesona wisata alam dan tempat-tempat bersejarah yang bisa kamu kunjungi di Maluku. Gimana menurut kamu, destinasi wisata di Maluku mana yang paling menarik? Atau pernah menyambangi salah satu destinasi di atas? Coba bagikan kesanmu dan bantu pembaca lainnya menemukan destinasi wisata terbaik versi masing-masing.

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments