Tempat wisata terpopuler di sekitar Malang memang ada banyak sekali dan sangat sayang jika tidak dikunjungi. Malang sendiri merupakan kota yang berada di provinsi Jawa Timur dan sebagai kota terbesar kedua di provinsi ini, tidak heran jika Malang menawarkan begitu banyak destinasi wisata menarik. Berikut ini beberapa rekomendasi tempat-tempat wisata yang paling banyak dikunjungi.

Daftar tempat wisata terpopuler di sekitar Malang

  1. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman ini merupakan Taman Nasional di Jawa Timur yang berlokasi di wilayah administratif Kabupaten Pasuruan, Malang. Taman ini ditetapkan sejak tahun 1982 yang menyimpan banyak kekayaan alam seperti flora dan fauna yang langka dan dilindungi. Banyak yang datang ke area ini tidak hanya sekedar untuk menikmati pemandangan alam yang ada, namun juga mendaki gunung Semeru maupun gunung Bromo khususnya bagi para penggemar hiking.

  1. Jatim Park 1

Tempat wisata Malang ini memang sangat ramai dikunjungi karena menawarkan berbagai macam wahana menarik. Jatim Park I merupakan salah satu area yang masuk dalam objek wisata Jatim Park yang lokasinya sekitar 20km dari kota Malang di sebelah barat atau kearah kota Batu. Wahana permaianan yang ditawarkan antara lain seperti kolam renang raksasa, learning gallery, baby zoo, agro park, fish park, wall climbing, dsb. Selain itu di sekitarnya juga terdapat restoran, toilet hingga toko souvenir.

  1. Jatim Park 2

Setelah sukses dengan Jatim Park 1, maka dibukalah Jatim Park 2 dengan konsep berbeda, yaitu lebih menonjolkan wisata edukasi sehingga pengunjung dapat bermain sambil belajar. Di sini areanya dibagi ke dalam berbagai zona seperti zona museum satwa, zona kebun binatang, Eco green park, reptile garden dan sebagainya. Di sini juga ada area bermain anak seperti Fantasy Land yang dapat dinikmati secara gratis.

  1. Jatim Park 3

Tempat wisata terpopuler di sekitar Malang kali ini adalah Jatim Park 3. Jika sebelumnya di Jatim Park 1 dan 2 menawarkan wisata dengan wahana permainan dan edukas, maka di Jatim Park 3, para pengunjung dapat menikmati berfoto ria dengan banyak spot-spot menarik seperti berpose di area dinosaurus Jurassic Park atau berfoto bersama musisi terkenal The Beatles. Di sini ada banyak wahana yang dibangun menjadi tempat-tempat menarik seperti wahana zaman es/ ice age, wahana dinosaurus, wahana infinite world, wahana zombie, wahana legend star, zona Amsterdam, dan masih banyak lagi. Di sini juga disediakan wahana untuk berolahraga dan bermain.

  1. Museum Angkut

Museum Angkut merupakan museum yang diisi oleh berbagai macam mobil antik atau mobil tua dengan penataan yang menarik. Museum ini dibagi menjadi 10 zona wilayah dan di dalamnya, para pengunjung dapat berfoto ria atau foto selfie dengan latar belakang kendaraan-kendaraan unik. Ini merupakan salah satu wisata Malang terfavorit yang pernah ada dimana pengunjung tak hanya dapat menemukan kendaraan antik dari Indonesia, namun juga luar negeri.

  1. Batu Night Spectacular

Wisata BNS ini menampilkan keindahan lampu lampion berwarna-warni sehingga menjadi sebuah pertunjukan yang amat cantik dan menarik. Anda bisa menemukan lokasi wisata ini di Desa Oro-Oro Ombo, merupakan destinasi wisata populer bagi keluarga dan anak. Di sini juga terdapat banyak sekali permainan seru yang bisa dinikmati pengunjung seperti gallery hantu, sepeda udara, trampoline, dll.

  1. Kebun Teh Wonosari

Sesuai namanya, destinasi wisata Malang terpopuler berikut ini berupa perkebunan teh besar yang letaknya berada di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari. Perkebunan ini bertempat di lereng Gunung Arjuno sehingga menyajikan tidak hanya pemandangan alam menawan, namun juga udara yang segar. Di sini pengunjung dapat melihat aktivitas para petani teh, meminum teh langsung dari perkebunan bahkan menikmati banyak wahana seperti wall climbing, berkuda, paint ball serta flying fox.

  1. Pantai Balekambang

Masih wisata alam, pantai Balekambang merupakan salah satu wisata pantai Malang yang paling terkenal. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih serta pemandangan laut yang indah dan bersih. Di pantai ini terdapat sebuah pulau kecil yang letaknya di bibir pantai bernama Pulau Ismoyo dan ada sebuah pura. Itulah sebabnya banyak yang menyamakan pantai ini dengan Tanah Lot di Bali. Pengunjung dapat berfoto ria di sini sambil menikmati pemandangan atau berkeliling ke pulau kecil tersebut. Lokasi pantainya sendiri ada di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Malang.

  1. Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep adalah tempat wisata terpopuler di sekitar Malang bagi Anda yang mau bermain air. Lokasinya ada di Desa Kedungsalam, Donomulyo, Malang. Merupakan pantai pesisir selatan yang letaknya di tepi Samudra Hindia. Di sekitarnya banyak tebing curam dan hutan tropis rimbun. Ombak yang ada di pantai ini cukup tenang, sehingga para pengunjung masih bisa bermain air meski harus tetap hati-hati.

  1. Kampung Warna Jodipan

Kampung Warna Jodipan cocok jadi destinasi Anda yang hobi mencari spot foto unik. Lokasinya ada di Desa Jodipan, Malang. Awalnya kampung ini dikenal sebagai kawasan kumuh, namun mulai diubah dan menjadi objek wisata kreatif dan akhirnya seluruh rumah di kawasan ini dicat warna-warni cantik sehingga menghasilkan karya seni artistik. Banyak spot bisa dijadikan latar belakang foto seperti lukisan 3D, dinding warna-warni, lorong paying, jembatan Embong, dsb.

  1. Taman Labirin

Ingin liburan yang seru dan menantang? Dapat berkunjung ke salah satu objek wisata Malang ngetrend ini. Di sini, pengunjung dapat mencoba menyusuri labirin yang ada hingga menemukan air mancur yang letaknya tepat berada di tengah-tengah taman tersebut. Selain taman labirin, di kawasan ini juga terdapat air terjun Coban Rondo dengan aktivitas tak kalah seru.

  1. Kusuma Agrowisata

Kusuma Agrowisata yang lokasinya ada di Kecamatan Batu, Ngaklik ini merupakan perkebunan apel yang berada di ketinggian sekitar 1.000 meter dari permukaan laut. Di sini pengunjung selain menikmati udara segar dan pemandangan asri, dapat melakukan banyak kegiatan seru seperti memetik buah-buahan, menikmati wahana outbond, berselfie ria, brmain airsoft gun, war game, hingga mengendarai ATV.

  1. Air Terjun Coban Rondo

Dalam bahasa Jawa, arti kata Coban berarti air terjun sedangkan Rondo berarti Janda. Menurut sejarahnya, goa yang ada di area Coban Rondo ada karena percintaan antara Raden Baron Kusuma dan istrinya Dewi Anjarwati. Sayangnya sang suami tewas dalam pertempuran. Lokasi air terjun ini berada di Desa Pandansari, Kecamatan Pujon. Pengunjung dapat menghilangkan penat dengan pemandangan di sini.

  1. Candi Singasari

Ini merupakan candi peninggalan jaman Kerajaan Singasari pada abad ke-13 Masehi. Candi ini dibuat dengan gaya arsitektur sangat unik dan candinya seperti mempunyai 2 bangunan bertingkat yang menjadi daya tarik foto ria bagi para wisatawan. Lokasi candi ini terdapat di Desa Candirenggo, Kecamatan Singasari, Malang dan menyimpan banyak sekali makna sejarah.

  1. Museum Malang Tempoe Doeloe

Jika Anda ingin mengetahui sejarah kota Malang, maka dapat berkunjung ke musem Tempoe Doeloe. Sebagai salah satu tempat wisata terpopuler di sekitar Malang, museum ini menawarkan sejarah utuh kota yang ada sejak tahun 1914. Tidak heran kalau museum ini juga banyak didatangi oleh para pelajar. Lokasinya terletak di Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Malang.

  1. Masjid & Alun-Alun Kota Malang

 

Merupakan tempat wisata murah meriah yang di sekitarnya terdapat banyak pepohonan rindang dengan suasana nyaman. Sangat cocok untuk tempat bersantai. Di sekitar alun-alun ini juga bisa dilihat ada sebuah bangunan Masjid besar. Taman yang ada didesain menyerupai taman yang ada di Belanda dan di sini banyak warga yang datang untuk bersantai atau bermain internet karena ada fasilitas Wifi gratis.

  1. Alun-Alun Kota Batu

Pemerintah daerah setempat membuat alun-alun ini dengan menawarkan sejumlah wahana permainan, jadi tidak hanya sekedar untuk tempat bersantai. Di sekitarnya, pengunjung dapat menemukan area bermain anak hingga bianglala. Di sini juga banyak para pedagang pinggir jalan yang menjajakan makanan dan minuman. Lokasinya ada di Jalan Diponegoro, Kecamatan Batu.

  1. Omah Kayu

Untuk yang menyukai ketenangan dapat berkunjungke Omah Kayu yang berlokasi di Kota Batu Malang. Omah Kayu ini sebenarnya merupakan penginapan yang terletak di perbukitan sehingga menyajikan pemandangan alam dari atas yang memukau. Di sini pengunjung dapat memilih menginap atau sekedar datang untuk duduk-duduk santai dengan membayar tiket masuk murah Rp 5 ribu.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata terpopuler di sekitar Malang yang memang layak untuk dikunjungi. Selamat berlibur.

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments