Jogja menjadi salah satu kota di Indonesia yang tidak pernah sepi pengunjung. Meskipun sering berkunjung ke Jogja, banyak diantara wisatawan yang tidak menolak kembali lagi ke kota ini. Hal ini karena Jogja merupakan kota yang terbilang lengkap. Tak hanya penduduknya yang terkenal ramah dan merakyat, Jogja memiliki beragam tempat wisata yang seakan tak pernah habis untuk Anda eksplorasi. Salah satunya adalahtempat wisata malam di Jogja.

Selain berbagai wisata alam dan wisata budaya, kota Jogja juga memiliki beragam tempat wisata malam di Jogja yang menarik untuk Anda kunjungi untuk menikmati suasana malam di Jogja. Beberapa wisata malam di Jogja diantaranya adalah:

Titik Nol KM

Foto Oleh: IG @malioboro_insta

Bagi Anda yang sudah pernah berkunjung ke Jogja tentu sudah mengetahui letak kawasan Titik Nol KM. Kawasan ini merupakan kawasan wisata di Jogja yang memiliki beberapa bangunan sejarah peninggalan Belanda yang biasa disebut loji. Bagi Anda yang ingin menikmati suasana malam kota Jogja sambil berwisata sejarah, Anda dapat menuju ke kawasan Titik Nol KM ini dan berjalan santai melewati bangunan tua peninggalan sejarah yang masih terawat dengan baik hingga sekarang.

Pada malam hari, tempat wisata Titik Nol KM ini menjadi salah satu tempat favorit anak muda untuk berkumpul. Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai komunitas hingga seniman yang melakukan berbagai atraksi di sekitar kawasan ini, mulai dari yang menari, berkostum hantu, hingga meniru patung perunggu.

Jalan Malioboro

Jalan Malioboro merupakan salah satu jalanan paling legendaris di Jogja. Tempat ini menjadi salah satu tempat wisata malam di Jogja yang paling favorit. Jalan Malioboro tak hanya ramai sebagai salah satu pusat wisata belanja di Jogja di siang hari, tetapi hingga malam pun tempat ini nyatanya tetap ramai dan semarak. Suasana lampu – lampu kota yang mulai menyala di sepanjang ruas jalan Malioboro di malam hari pun menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang menjadi alasan banyak orang ingin selalu kembali ke Jogja.

Di sepanjang ruas jalan, pada kiri kanannya, Anda dapat menikmati pemandangan bangunan – bangunan tradisional yang berpadu selaras dengan mall dan hotel di sampingnya. Di malam hari, di jalan Malioboro ini biasanya ada pengamen angklung yang sedang bernyanyi di area trotoar. Anda pun dapat menikmatinya sambil menikmati jajanan hingga makanan yang banyak di jual di sepanjang jalan Malioboro.

Tugu Jogja

Siapa yang tak tahu Tugu Jogja? Bagi Anda yang pernah berkunjung ke kota ini tentu mengetahui bahwa tugu ini merupakan landmark dari kota Jogja yang terlihat semakin indah di malam hari. Tugu yang berlokasi di persimpangan Jalan AM. Sangaji, Jalan Diponegoro, Jalan Margo Utomo dan Jalan Sudirman ini memiliki karakteristik khas berupa tugu bercat putih yang tinggi menjulang dengan sepuhan emas di beberapa bagiannya. Letak tugu Jogja ini pun cukup istimewa, karena berada dalam satu garis lurus antara Keraton dan Gunung Merapi. Di malam hari saat lampu kota mulai menyala, banyak pengunjung yang ingin berfoto di sekitar Tugu Jogja ini hingga rela menunggu jalanan lebih sepi.

Taman Pelangi

Taman Pelangi, yang lokasinya ada di pelataran Monumen Jogja Kembali (Monjali) ini menjadi alternatif tempat wisata malam di Jogja. Di Taman Pelangi ada banyak lampion dengan warna beragam hingga terlihat seperti pelangi di malam hari. Hal ini yang menjadi salah satu alasan banyak pengunjung datang ke sini. Taman ini merupakan tempat yang tepat bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga dengan menikmati suasana malam hari kota Jogja.

Alun – Alun Selatan

Foto Oleh: IG @amandaakohar

Alun – alun selatan yang juga dikenal dengan alun – alun kidul (Alkid) ini merupakan tempat wisata malam di Jogja yang wajib Anda kunjungi selama berada di kota ini. Salah satu yang paling terkenal adalah mitos mengenai dua pohon beringin yang ada di tempat ini. Konon, bila anda dapat melewati jalan di antara kedua pohon ini dengan mata tertutup, maka harapan Anda akan terkabul. Karena mitos ini, banyak yang akhirnya mencoba untuk sekedar bersenang – senang.

Di area alun – alun kidul juga ada berbagai becak dan kendaraan hias yang dapat Anda sewa untuk berkeliling alun – alun. Bagi Anda yang lapar atau sekedar ingin mencoba kuliner ala Jogja, di area ini pun ada banyak penjual jajanan dan wedang ronde yang nikmat untuk Anda cicipi saat malam hari.

Pinus Pengger

Siapa bilang hutan pinus hanya dapat dikunjungi saat pagi hingga sore hari? Bagi Anda yang ingin merasakan suasana hutan pinus saat malam hari dapat berkunjung ke hutan pinus Pengger. Hutan pinus Pengger menyuguhkan pemandangan city light yang indah dari atas bukit bintangnya. Banyaknya spot foto menarik di tempat ini juga merupakan alasan banyaknya pengunjung yang menyempatkan untuk mampir ke sini.

Bukit Bintang

Bukit bintang ini telah lama dikenal sebagai salah satu spot wisata malam kota Jogja. Lokasinya ada di Jalan Raya Yogyakarta – Wonosari. Dari ketinggian 150 meter, Anda bisa menikmati keindahan lampu kota Jogja yang samar – samar dari kejauhan. Tempat ini merupakan salah satu tempat romantis yang layak untuk Anda kunjungi dengan orang terkasih, apalagi bila ditemani dengan jagung bakar dan minuman hangat yang banyak dijual di sekitarnya.

Sendratari Ramayana

Ingin berwisata malam yang berbeda selama di Jogja? Anda dapat memilih untuk menikmati Sendratari Ramayana (Ramayana Ballet) sebagai salah satu alternatif tempat wisata malam di Jogja. Sendratari ini merupakan pertunjukan berupa gabungan seni, tari dan drama dengan cerita Ramayana, yang digelar di Candi Prambanan. Pertunjukan ini dapat menjadi tontonan menarik bagi Anda dan keluarga saat berkunjung ke kota Jogja. Dalam pertunjukan Sendratari Ramayana, Anda akan disuguhkan dengan rangkaian gerakan tari yang luwes dan mempesona dan diiringi pula dengan alunan gamelan. Meski tanpa dialog, Anda akan sangat terhibur dengan pertunjukan yang disuguhkan ini.

Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark merupakan salah satu alternatif pilihan tempat wisata malam di Jogja. Anda akan disuguhi pemandangan ferris wheel (bianglala) dengan lampu warna warni yang semakin menambah keindahan malam hari kota Jogja. Ferris wheel yang menjadi wahana wisata utama di Sindu Kusuma Edupark ini memiliki tinggi 48 meter. Saat berada di puncaknya, Anda dapat menikmati suasana kota Jogja yang semakin indah dengan kelap – kelip lampu kotanya. Taman rekreasi ini buka hingga pukul 9 malam.

Jadi, bagi Anda yang berencana menghabiskan liburan ke Jogja, jangan lupa juga untuk mengunjungi berbagai tempat wisata malam di Jogja di atas, ya.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Comments

HP: 081231561811Chat via Whatsapp