Untuk anda yang sedang mencari Tempat Wisata Air Terjun di Jogja, berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata air terjun yang bisa anda kunjungi, dan juga bisa Anda masukkan sebagai itinerary dalam paket wisata Jogja

Air Terjun Sri Gethuk

Salah satu tempat wisata yang berhubungan dengan air terjun yang bisa anda temukan di Jogja adalah Air Terjun Sri Gethuk. Air terjun ini merupakan salah satu tempat wisata paling populer yang bisa anda temukan di Kecamatan Playen, Gunung Kidul. Keunikan tempat wisata ini adalah karena air terjunnya yang berundak-undak sehingga indah dan sangat alami. Bukan hanya itu, selain keindahan dari penampilan air terjun itu sendiri, Air Terjun Sri Gethuk ini juga memiliki keunikan lain. Keunikan lain yang dimilikinya adalah posisinya yang ada di seberang Sungai Oyo. Karena posisinya yang ada di seberang Sungai Oyo ini menyebabkan anda perlu naik ke rakit terlebih dahulu sebelum sampai di air terjun ini.

Air Terjun Kembang Soka

Satu lagi wisata air terjun yang dimiliki oleh Jogja yang tidak kalah indahnya dari Air Terjun Sri Gethuk adalah Air Terjun Kembang Soka. Jika Air Terjun Sri Gethuk populer dengan keindahan alam serta keunikan cara aksesnya, Air Terjun Kembang Soka ini memiliki keindahan dari segi perairannya. Selain disebut dengan nama Air Terjun Kembang Soka, air terjun ini juga populer disebut dengan nama air terjun warna.

Sebutan nama air terjun warna ini disebabkan karena perairan yang dimiliki oleh air terjun ini yang memiliki warna kebiruan. Air dari air terjun ini juga jernih dan terlihat asri, alam sekitarnya juga sangat mendukung keindahan dari air terjun ini sehingga air terjun ini menjadi sangat populer. Untuk lokasinya, Air Terjun Kembang Soka ini berlokasi di Banyunganti, Girimulyo. Sedangkan untuk sumber airnya, sumber air dari Air Terjun Kembang Soka ini berasal dari Bukit Manoreh.

Air Terjun Kedung Pedut

Selain 2 air terjun yang telah dibahas. Satu lagi air terjun terbaik yang ada di Jogja adalah Air Terjun Kedung Pedut. Air terjun ini merupakan air terjun yang populer dengan perairannya. Tapi bukan hanya itu selain populer dengan perairan yang dimilikinya, Air Terjun Kedung Pedut ini juga memiliki daya tarik berupa lokasinya yang sudah cukup terjamah fasilitas.

Di Air Terjun Kedung Pedut selain menikmati keindahan alam anda juga bisa melakukan aktivitas wisata yang lain seperti salah satunya adalah flying fox. Bukan hanya itu, di tempat wisata Air Terjun Kedung Pedut ini sarana dan prasarana wisata seperti toilet, tempat makan hingga tempat istirahat seperti gazebo juga sangat mudah ditemukan. Hal ini menyebabkan tempat wisata ini cukup cocok untuk berwisata bersama keluarga.

Taman Sungai Mudal

Untuk anda yang ingin bermain dengan anak di kolam air yang tenang tapi memiliki pemandangan alami, Tempat Wisata Air Terjun di Jogja yang satu ini bisa menjadi pilihan anda. Ia adalah Taman Sungai Mudal. Tempat wisata air ini merupakan tempat wisata yang memiliki penampilan alami tapi sudah dikelola sehingga membentuk kolam air. Hal ini menyebabkan tempat wisata ini menjadi tempat wisata yang asyik dan menyenangkan untuk keluarga. Selain bermain air, anda juga tetap bisa menikmati keindahan alam dan suasana sejuk pedesaan dengan biaya yang cukup murah.

Air Terjun Kedung Pengilon

Foto Oleh: IG @mayangpalupi_

Untuk anda yang berada di daerah Petung, salah satu tempat wisata yang cocok untuk anda adalah Air Terjun Kedung Pengilon. Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata air terjun yang paling baik di daerah bantu. Keistimewaan yang dimiliki oleh tempat ini adalah air terjunnya yang langsung masuk ke danau yang membentuk menyerupai lingkaran. Di kala musim penghujan, bukit di sisi air terjun juga sangat hijau dan rimbun sehingga membuatnya terlihat lebih indah di bandingkan pada musim kemarau. Selain dari keindahan lokasinya, Air Terjun Kedung Pengilon juga memiliki air yang cukup jernih dengan warna kebiruan. Oleh karena itu anda bisa mendapatkan banyak foto yang indah dan menarik dari tempat wisata air terjun ini.

Curug Pulosari

Foto Oleh: IG @curugmania

Jika sebuah air terjun biasanya ada di tempat yang tinggi, berbeda dengan Curug Pulosari. Curug Pulosari merupakan curug yang lokasinya bisa dikatakan tersembunyi di bagian bawah jurang. Selain keunikan lokasinya, Curug Pulosari ini juga memiliki beragam sisi unik, mulai dari keindahan alam yang ada di sekelilingnya, keindahan perairannya dan masih banyak lagi. Untuk anda yang ingin mengunjunginya, Curug Pulosari ini berlokasi di daerah Krebet, Sendangsari, Pajagan,  Bantul. Sayangnya untuk melihat keindahan dari Curug Pulosari ini anda perlu berhati-hati karena rute perjalanan yang cukup menantang.

Air Terjun Sidoharjo

Foto Oleh: IG @catatanwisata

Untuk anda yang ingin melihat Tempat Wisata Air Terjun di Jogja yang benar-benar tinggi layaknya air terjun pada umumnya, anda bisa coba datang ke daerah Gerbosari, Sidoharjo, Kulon Progo. Disini ada Air Terjun Sidoharjo  yang memiliki jarak jatuh cukup tinggi. Meski memiliki ketinggian yang cukup, tapi ketika anda akan berkunjung kesini usahakan pada musim penghujan supaya debit air yang dimilikinya cukup besar. Tapi jika pada musim penghujan, lebih berhati-hatilah pada saat perjalanan, usahakan mobil atau motor yang anda kendarai ada dalam kondisi yang terbaik sehingga tidak ada hal yang tidak diinginkan untuk sampai ke wisata air terjun ini.

Air Terjun Setawing

Foto Oleh: IG @fadli.ariesta

Air Terjun Setawing merupakan tempat wisata selanjutnya yang bisa anda coba. Tempat wisata ini berlokasi di gunung manoreh. Selain menikmati keindahan Air Terjun Setawing, anda juga bisa mampir ke tempat curug lain dan juga goa-goa terkenal seperti Goa Seplawan dan juga Kiskendo.

Air Terjun Kedung Kandang

Salah satu air terjun paling indah yang ada di daerah Gunung Kidul adalah Air Terjun Kedung Kandang. Air terjun ini indah karena penampilannya yang berbukit-bukit dan berbatu. Kondisi alam yang berbukit dan berbatu inilah yang menjadikannya sebagai salah satu air terjun yang menawan meski debit airnya kecil.

Grojogan Lepo

Foto Oleh: IG @ekajullia

Lokasi dari Tempat Wisata Air Terjun di Jogja ini adalah di daerah Dligo. Meski namanya adalah tempat wisata air terjun tapi disini anda bisa cukup bebas bermain bersama air, mulai dari berenang, berenam atau sekedar menikmati keindahan alam. Keindahan dari air terjun ini disebabkan karena airnya yang bersih dan juga view sekitarnya yang masih sangat alami dan indah. Air yang dimilikinya pun cukup tenang sehingga cocok untuk wisata renang.

Curug Banyunibo

Foto Oleh: IG @ginasaputrii

Selanjutnya, adalah Curug Banyunibo. Lokasi dari curug ini ada di Sendangsari Pajangan. Termasuk air terjun yang dengan ketinggian yang cukup kecil, masih sedikit sepi karena lokasinya yang ada di tengah hutan. Meski begitu keindahan dari curug ini sangat cocok untuk refreshing.

Luweng Sampang

Foto Oleh: IG @fendysapto

Bukit berbatu yang mengelilingi curug Luweng Sampang ini merupakan hal yang menari dari tempat wisata perairan ini. Meski tidak memiliki air terjun yang sangat tinggi tapi keindahannya cukup untuk membuat orang terhipnotis untuk menghabiskan waktu di desa Sampang, Mongkrong, Gunung Kidul ini.

Air Terjun Gedad

Salah satu tempat wisata air terjun yang terbaru dan banyak diminati di Jogja terutama di gunung kidul adalah Air Terjun Gedad. Air terjun ini memiliki penampilan yang besar. Ia memiliki penampang yang luas meski tidak terlalu tinggi. Kondisinya yang pendek tapi luas ini membuatnya terlihat sangat indah ditambah lagi ketika Tempat Wisata Air Terjun di Jogja ini memiliki debit air yang tinggi membuatnya terlihat sangat menawan.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 4.50 out of 5)
Loading...

Comments

HP: 081231561811Chat via Whatsapp