Tebing Breksi adalah daerah wisata di Yogyakarta yang menarik karena menyajikan spot-spot unik untuk berfoto ria. Tempat ini termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Sleman tepatnya berada di Selatan Candi Prambanan. Saat ini, Breksi menjadi salah satu ikon wisata yang menarik untuk dikunjungi khususnya bagi para pecinta selfie yang ingin mengabadikan moment menarik berlatar belakang pemandangan alam maupun keunikan ukir-ukiran wayang.

Sejarah Tebing Breksi Sebagai Tempat Wisata

Sebelum menjadi tempat wisata, sebetulnya tebing ini merupakan tempat penambangan batu alam yang dilakukan oleh penduduk setempat. Makanya ketika Anda berkunjung ke sana, akan terlihat banyak sekali batu-batu breksi hasil pemotongan yang dijadikan bahan bangunan.

Namun sejak tahun 2014, kegiatan penambangan batu ini dihentikan oleh pemerintah dan akhirnya tempat tersebut ditetapkan sebagai area yang dilindungi. Setelah penutupan, masyarakat sekitar justru mulai mendekorasi bekas penambangan tersebut sehingga menjadi tempat yang layak dijadikan daerah wisata. Dan di tahun 2015, Tebing Breksi Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta ini diresmikan langsung sebagai tempat wisata oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Lokasi dan Rute ke Breksi

Lokasi Tebing ini berada di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman di Yogyakarta. Selain berdekatan dengan Candi Prambanan, tebing ini juga berdekatan dengan lokasi Candi Ijo serta kompleks dari Keraton Boko. Jika ingin datang ke Breksi maka Anda bisa mengikuti arah menuju ke Candi Prambanan terlebih dahulu. Nanti dari pertigaan Prambanan, Anda bisa menuju ke rute daerah Piyungan dan dari pasar menuju ke tebing ini hanya sekitar 3 kilometer saja.

Setelah itu, Anda cukup mengikuti ke arah Candi Ijo terlebih dahulu sambil berusaha menemukan pertigaan sebelum SD Negeri Sambirejo. Saat sudah lihat ada pertigaannya, silahkan langsung berbelok ke kiri. Lanjutkan perjalanan sekitar 1 kilometeran dan nanti Anda bisa sampai ke Tebing Breksi. Hati-hati saat melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi karena jalannya agak terjal dan rusak.

Pesona Wisata Yang Menarik di Tebing Breksi

Apa saja hal yang menarik yang ditawarkan di Breksi ini? Salah satu spot menarik yang ditawarkan adalah adanya ornamen dinding tebing dengan ukiran berupa tokoh pewayangan. Di sini para pengunjung bisa menikmati keunikan ornamen tersebut sambil mengabadikan foto. Selain itu, juga terdapat banyak sekali patahan-patahan dari bebatuan yang juga sama menariknya untuk dijadikan spot berpijak dan berfoto. Tempat spot foto yang ada juga cocok dijadikan latar belakang foto pre-wedding.

Selain itu, juga ada beberapa spot foto dengan burung hantu. Para pengunjung bisa membayar seikhlasnya untuk berfoto bersama burung tersebut. Dan jika Anda mengikuti arah tangga tebing menuju ke bagian puncak, maka di sana Anda dapat melihat hamparan luas pemandangan alam kota Yogyakarta yang sangat memukau termasuk gunung dan candi yang ada. Disediakan tempat-tempat duduk juga untuk bersantai sambil menghirup udara segar maupun menikmati pemandangan sunrise dan sunset.

Harga Tiket Masuk ke Breksi

Harga tiket masuk Tebing Breksi sangatlah murah, karena Anda cukup membayar seikhlasnya saja untuk masuk ke daerah wisata ini. Untuk tiket parkir, cukup membayar Rp 2.000 per motor dan Rp 5.000 untuk per mobil.

Jadwal masuk ke wisata Tebing Breksi dibuka dari pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB. Di sini Anda bisa datang pagi-pagi untuk menikmati keindahan matahari terbit maupun di sore hari saat sunset. Selain spot-spot foto, di tempat wisata Sleman ini juga banyak sekali penjaja makanan yang dapat dibeli.

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments