Last Updated on

Jogja kembali melengkapi deretan obyek wisatanya yang unik dengan menghadirkan lokasi spot foto terbaru di atas tebing yakni Tebing Breksi. Obyek wisata tebing yang berdiri di atas bekas lokasi pertambangan ini menyajikan keindahan pahatan serta kontur batuan yang berundak-undak layaknya mahakarya seni raksasa. Karena keunikannya, obyek wisata Jogja yang diresmikan pada 30 Mei 2015 ini kerap dijadikan lokasi prewedding, hunting foto, panjat tebing dan sepeda gunung.

Pemandangan Jogja 360 derajat Dari Atas Tebing Breksi

Tebing Breksi berlokasi di Dusun Groyokan, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Jogjakarta. Untuk mencapai lokasi Tebing Breksi, Anda bisa mengambil arah menuju Candi Ijo dari jalan Prambanan – Piyungan. Obyek wisata tebing ini berada kurang lebih 1 kilometer sebelum kawasan wisata Candi Ijo. Kalau Anda berkendara dari arah Candi Prambanan menuju Candi Ratu Boko melalui jalur selatan, Anda akan menemukan papan petunjuk yang mengarah ke lokasi Tebing Breksi dan Candi Ijo.

Letaknya yang berdekatan dengan Candi Ratu Boko dan Candi Prambanan, membuat obyek wisata ini biasanya dimasukkan ke dalam satu Paket Wisata Jogja bersamaan dengan obyek wisata candi-candi tersebut. Karena medan jalan ke obyek wisata ini cukup menanjak, pastikan kondisi kendaraan Anda cukup prima agar kuat sampai ke atas. Apalagi ketika musim hujan atau musim liburan, jalan menuju ke lokasi Tebing Breksi cukup padat dan licin, jadi Anda harus berhati-hati dan waspada saat berkendara.

Dari puncak Tebing Breksi, Anda bisa menikmati pemandangan kota Jogja sejauh 360 derajat yang tampak menawan terutama menjelang matahari terbenam. Ketika berada di atas Tebing Breksi, Anda bisa menyaksikan Candi Barong, Candi Prambanan, Candi Sojiwan serta Gunung Merapi di kejauhan hingga kota Jogjakarta dan perbukitan Menoreh di ujung sebelah barat. Untuk mencapai puncak tebing, pengunjung bisa melewati anak tangga dari sisi tebing yang berhiaskan dengan pahatan karya seni seperti pahatan wayang dan ular naga.

Kalau diperhatikan, obyek wisata ini menyerupai obyek wisata Garuda Wisnu Kencana di Bali atau Brown Canyon di Semarang. Di samping tebing berundak-undak, kawasan wisata ini juga dilengkapi dengan area pertunjukkan layaknya Colosseum di Roma yang dijuluki Tlatar Seneng. Areal ini berbentuk melingkar dengan panggung bulat berdiameter 15 meter di tengahnya. Di sekeliling panggung tersebut, disediakan tempat duduk melingkar bagi pengunjung yang ingin beristirahat sambil menikmati pertunjukkan.

Sebagai salah satu obyek yang termasuk dalam Paket Wisata Jogja terbaru, Tebing Breksi sudah dilengkapi dengan fasilitas umum yang cukup memadai. Fasilitas publik seperti area outbond, toilet, tempat sampah, tempat ibadah, lahan parkir dan warung makan sudah tersedia di sebelah timur Tebing Breksi. Hingga saat ini pengunjung belum dikenai tarif khusus untuk memasuki obyek wisata ini. Hanya saja, pengunjung harus membayar tarif parkir sebesar Rp 2.000 di pintu masuk obyek wisata ini.

Click on a star to rate it!

Average rating 4.7 / 5. Vote count: 3

No votes so far! Be the first to rate this post.

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments