Belanja merupakan aktivitas yang tidak bisa dihindari oleh semua orang. Meskipun tidak dilakukan setiap hari, faktanya Anda akan pergi ke pasar atau pusat perbelanjaan minimal sekali dalam sebulan. Untuk apa? tentu saja untuk belanja pakaian, bahan pokok, kebutuhan pribadi dan kebutuhan rumah tangga.

Di Jogja, ada banyak surga belanja yang akan menghibur para penggila belanja. Bukan karena menyediakan barang branded yang menambah gengsi di mata publik, tapi barang-barang pokok, oleh-oleh dan barang pribadi yang dijual sangat terjangkau. Di tempat inilah, kemahiran menawar benar-benar diuji.

Semakin mahir menawar, maka Anda akan semakin banyak mendapatkan barang bagus dengan harga super murah. Dan meskipun lahir sebagai tempat wisata, harga produk yang dijual di Jogja umumnya sangat terjangkau jauh berbeda dengan produk yang dijual di kota besar lainnya.

Surga Belanja Di Jogja, Kemahiran Menawarmu Diuji!

Sebelum menyiapkan uang cash termasuk recehan dan keranjang belanja untuk pergi ke pasar. Pilih terlebih dahulu lokasinya, agar lebih mudah simak rekomendasi surga belanja Jogja berikut ini:

1. Pasar Beringharjo

 

Mereka yang sudah khatam dengan Jalan Malioboro pasti mengenal dengan baik Pasar Beringharjo. Karena pasar ini berada satu kawasan dengan Malioboro. Sayangnya, tidak banyak wisatawan yang mengetahui jika pasar ini merupakan pasar tertua, terbesar juga terlengkap di seantero Jogja.

Mau mencari apa saja, semuanya ada di pasar ini. Tidak heran jika banyak warga Jogja yang menyebut Pasar Beringharjo sebagai surga belanja. Harga yang ditawarkan di pasar ini bukanlah harga pas. Pembeli masih memiliki kesempatan untuk menawar barang yang diinginkan hingga mendapatkan harga kesepakatan.

Sama seperti pasar pada umumnya, pasar ini juga menawarkan kebutuhan pokok termasuk pakaian, tas, kuliner, oleh-oleh, kebutuhan pokok dan lainnya.

2. Malioboro

Malioboro merupakan salah satu tempat wisata belanja legendaris yang sejak dahulu hingga sekarang menjadi ikon kebanggaan dari Jogja. Mengapa demikian? karena sebagian besar orang yang berlibur ke Jogja akan memilih untuk berkunjung ke Malioboro terlebih dahulu.

Selain dikenal sebagai Kawasan Pertokoan Malioboro, tempat ini juga dikenal sebagai pusat kuliner. Ada banyak gerobak makanan yang bisa kita temukan di Malioboro bahkan ada lapak lesehan. Jadi setelah puas belanja di Malioboro, pengunjung bisa mencicipi makanan khas Jogja seperti nasi kucing atau gudeg Jogja.

Semakin malam, surga belanja Malioboro akan semakin ramai. Pengunjung yang datang pun semakin banyak. Kebanyakan merupakan muda mudi Jogja, wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

3. Sunmor UGM

Singkatan dari Sunday Morning Market UGM, jadi surga belanja ini termasuk sebagai pasar kaget yang hanya aktif di hari minggu. Saat hari minggu tiba, jalan di kawasan Universitas Gajah Mada akan disulap menjadi tempat jualan raksasa.

Mereka yang menempati lapak tersebut merupakan ratusan PKL yang menawarkan berbagai barang mulai dari pakaian hingga makanan. Karena ditawarkan dengan harga yang relative terjangkau, Sunmor UGM tidak pernah sepi pengunjung.

Tidak heran karena banyak sekali warga Jogja yang memutuskan untuk menghabiskan waktu liburan mereka di tempat ini. Entah untuk cuci mata, jalan-jalan sambil olahraga atau mencari sarapan dan barang murah.

4. Pasar Senthir

Pasar Senthir merupakan surga belanja hakiki untuk pecinta barang bekas. Pasar Senthir telah dibangun puluhan tahun lalu, uniknya nama senthir diambil karena kebiasaan pedagang zaman dahulu yang memanfaatkan senthir sebagai penerangan mereka.

Anda yang tertarik untuk membeli buku, komik, sepatu, HP, uang koin kuno, barang elektronik bisa mampir ke Pasar Senthir. Agar mendapatkan harga yang murah, pastikan Anda sudah mempersiapkan jurus menawar andalan.

5. Pasar Klitikan

Sama seperti Pasar Senthir, pasar yang satu ini juga menawarkan barang bekas sebagai barang utamanya. Tapi kini, konsumen juga bisa mendapatkan barang baru karena ada beberapa pedagang yang menawarkannya.

Sebelum berubah menjadi pasar loak, Pasar Klitikan adalah pasar hewan. Tapi setelah pasar hewan dipindahkan pasar ini diubah menjadi pasar loak yang aktif hingga saat ini.

Barang-barang yang dijual di Pasar Klitikan cukup lengkap. Anda bisa mendapatkan sparepart kendaraan, konveksi, peralatan hobi dan lainnya. Sementara untuk fasilitas umumnya, pasar ini menyediakan tempat parkir, kantor pengelola, tempat ibadah, toilet, ATM dan juga tempat layanan kesehatan. Anda tidak perlu khawatir tidak akan menemukan toilet bila berkunjung ke pasar ini.

6. Shopping

Pernah dengan nama Shopping Center? Mereka yang bukan asli warga Jogja mungkin tidak mengenal dengan baik tempat belanja ini. Shopping Center merupakan sentra buku bekas yang sangat populer di Jogja.

Di tempat ini tersedia banyak sekali buku bekas yang diterbitkan dari berbagai penerbitan. Mau mencari novel, komik, buku pelajaran atau buku soal-soal semuanya ada di sini. Bisa dibilang jika Shopping Center merupakan sentra buku murah paling lengkap di Jogjakarta.

Menemukan Shopping Center sangatlah mudah, Anda hanya perlu pergi ke Taman Pintar maka secara otomatis akan menemukannya. Karena Shopping Center berada persis di sebelah Taman Pintar.

Karena dikenal sebagai kota pelajar, Shopping Center tidak pernah sepi dari pengunjung. Yang datang ke sentra ini bukan hanya anak sekolah tapi juga anak kuliahan bahkan orang dewasa. Mereka lebih suka belanja di Shopping Center karena buku yang disediakannya sangat lengkap dan terjamin kualitasnya.

7. PASTY

Merupakan pasar satwa dan tanaman hias yang sangat populer di Jogja. Tempat ini merupakan surga belanja terutama bagi mereka yang hobi memelihara tanaman hias dan melihat aneka satwa.

Menariknya lagi, di PASTY tersedia akomodasi super lengkap bagi para penggemar burung. Ada banyak pedagang yang menjual burung termasuk sangkar dan peralatan pemeliharaan lainnya.

Keunikannya lagi, tempat ini kini menampilkan seni pertunjukkan keahlian para hewan. Beberapa penjual burung akan berkumpul dan memulai pertunjukkan seru dengan para burung mereka.

8. Sakola

Merupakan sentra baju, tas, sepatu dan aksesoris yang difavoritkan oleh mahasiswa Jogja. Karena hampir semua produk yang dijual di Sakola sangat terjangkau, cocok sekali untuk uang saku mahasiswa yang serba hemat.

Contohnya untuk tas, sepatu dan pakaian di Sakola barang-barang tersebut bisa diperoleh dari harga Rp. 30 ribu. Dan untuk  membeli aksesoris, mahasiswi cukup membayar mulai dari Rp. 2.000.

9. Jolie

Jolie Jogja Wirobrajan merupakan surga belanja fashion di Jogja yang menjadi andalan para wanita termasuk remaja puteri maupun ibu-ibu. Produk yang ditawarkan di Jolie sangat beragam, mulai dari aksesoris, tas, jam tangan, sepatu, kosmetik dan pakaian. Sementara untuk target marketing anak-anak, Jolie Jogja menawarkan aneka boneka yang lucu.

10. Pasar Seni Gabusan

Rekomendasi terakhir surga belanja Jogja ini berada di daerah Bantul. Kurang lebih terdapat 444 pengrajin yang menggelar lapak mereka di pasar ini. Ada pun jenis kerajinan tangan yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari kerajinan kayu, kerajinan kulit, kerajinan logam, kerajinan eceng gondok dan termasuk tanah liat.

Pengunjung yang datang ke Pasar Seni Gabusan pada umumnya merupakan pecinta seni atau kolektor barang seni. Mereka bisa menemukan variasi kerajinan seni dengan kualitas terbaik dengan harga terjangkau. Akses untuk tawar menawar pun dibuka di pasar ini.

Bila Anda liburan di Jogja dan sedang mencari tempat belanja kerajinan tangan terbaik dan terjangkau, maka Pasar Seni Gabusan akan menjadi tempat yang tepat. Barang-barang yang dijual di sini unisex, jadi bisa untuk diberikan pada pria maupun wanita. Bahkan, ada juga beberapa kerajinan tangan untuk anak-anak.

Siapa yang tidak tertarik bila diajak pergi ke tempat belanja murah? surga belanja di Jogja merupakan tempat terbaik bagi para maniak belanja karena mereka bisa menyalurkan hobi belanja tanpa perlu takut dompet menipis.

Mayoritas surga belanja yang telah disebutkan di atas memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Warga Jogja asli, mungkin sudah mengenal hampir seluruh pasar tersebut dengan sangat baik. Bahkan mereka sering belanja barang di sana.

Sementara untuk pendatang yang liburan ke Jogja, pastikan untuk mengunjungi salah satu dari pasar tersebut untuk membeli oleh-oleh. Dijamin koper Anda akan penuh dengan oleh-oleh khas Jogja karena harga produk yang ditawarkan di sana memang lebih terjangkau terutama bila dibandingkan dengan harga barang di pusat perbelanjaan.

 

 

 

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments