Belakangan ini tujuan wisata beberapa orang mengalami perubahan dari yang awalnya wisata alam atau budaya menjadi wisata kuliner. Salah satu kota yang jadi langganan wisatawan untuk melakukan wisata kuliner adalah Sleman.

Selain dikenal sebagai penghasil utama salak pondoh, faktanya Sleman juga memiliki ratusan kuliner unggulan yang lezat. Ada banyak menu makanan dan minuman unik dan kreatif yang berhasil dikenalkan Sleman ke seluruh lapisan masyarakat termasuk para wisatawan.

10 Spot kuliner menarik super lezat di Sleman

Mencari spot kuliner di Sleman seperti semut yang berhasil menemukan segunung gula, sangat mudah. Sebagai referensi awal, simak terlebih dahulu 10 spot kuliner paling menarik yang ada di Sleman:

1.Tengkleng Gajah

 

Disebut-sebut sebagai tengkleng gajah karena olahan makanan berbahan dasar daging ini dibuat dari daging kambing dalam porsi jumbo. Dagingnya sendiri bukan daging mulus yang tanpa tulang. Melainkan daging kambing yang sengaja disajikan dengan tulang-tulangnya yang besar.

Mereka yang gemar mengonsumsi daging kambing tidak bisa menolak piring kedua bila makan siang di tempat ini. Rasa tengkleng gajah Sleman memang super nampol, antreannya mengular sangat panjang.

Menu utama yang direkomendasikan di tempat ini adalah tengkleng kambing yang disajikan dalam bentuk tongseng, tengkleng kuah gule atau tengkleng goreng dan lainnya. Rasa masakan ini sangat lezat, kuahnya gurih dan segar dengan bumbu yang pas. Daging kambing dimasak sangat lama sehingga terasa kenyal dan empuk saat digigit. Mereka yang mengunjungi tengkleng gajah tidak pernah mengatakan menyesal telah berkunjung ke rumah makan tersebut.

2. Jejamuran

 

Lebih suka mengonsumsi jamur daripada daging kambing? Pilih Jejamuran. Resto yang menjual hidangan serba jamur ini telah berdiri sejak tahun 1997 dan berhasil bertahan sampai sekarang. Di tengah persaingan bisnis kuliner yang sangat ketat, Jejamuran masih tetap menggunakan konsep semula yakni menghidangkan aneka ragam menu jamur. Anda bisa menemukan jamur goreng, gulai jamur, sate jamur, tongseng jamur dan lainnya.

Uniknya, bukan hanya menciptakan menu khas jamur, Jejamuran juga sengaja berinovasi dengan membuat minuman berbahan dasar jamur. Rasanya boleh diadu dengan minuman menyegarkan lainnya.

Rasa makanan di tempat ini sangat lezat, karena bahannya sendiri sangat berkualitas. Kabarnya pengelola Resto Jejamuran bahkan menyiapkan aneka ragam jenis jamur dari kebunnya sendiri sebagai bahan baku utama. Karena dibuat dari jamur, mayoritas harga makanan di tempat  ini sangat terjangkau. Jauh lebih terjangkau bila dibandingkan dengan restoran daging. Untuk harga minuman jamur dijual mulai dari Rp. 10 ribu.

Selain mengedukasi pengunjung untuk mengonsumsi makanan sehat, pihak pengelola juga mengharapkan pengunjung bisa duduk santai bahkan mendapatkan pengalaman unik selama di Jejamuran. Tidak jarang ada pengunjung yang sengaja mengambil potret di antara tanaman jamur yang sengaja ditempatkan di sekitar resto.

3. The Westlake Resto

 

Mencari restoran keluarga yang bagus di Sleman, The Westlake Resto bisa menjadi pilihan terbaik. Restoran ini memang memiliki konsep family resto yang menawarkan makanan laut.

Pengunjung The Westlake Resto akan dimanjakan dengan aneka ragam olahan seafood, seperti cumi cabe garam, sup tom yam, udang galah panggang batu dan lainnya. Penyuka sayur juga masih bisa memesan makanan dari bahan dasar sayuran.

Bangunan restoran ini sangat besar dan megah hingga bisa menampung sekitar 1000 pengunjung baik di gazebo maupun bagian pendoponya. Selain memfasilitasi pengunjung dengan makanan yang lezat, The Westlake Resto turut memberikan fasilitas umum seperti wifi, mushola, bahkan tempat terbuka untuk jogging. Keunikan lainnya, beberapa pengunjung dipersilahkan untuk merasakan sensasi makan di tengah danau dengan menaiki getek yang telah disediakan.

4. Kopi Klothok

 

Di Sleman ada satu warung jadul yang pernah sangat viral beberapa waktu lalu, tempat itu dikenal sebagai Warung Kopi Klothok. Warung dengan bangunan bergaya tradisional Jawa ini tampak sangat klasik.

Uniknya, meski dikenal sebagai warung kopi, tempat ini juga menyediakan aneka makanan berat sebagai menu sarapan. Anda bisa menemukan sayur Lombok ijo, tempe, tahu, sayur lodeh, telur dan berbagai masakan khas Jateng.

Berbeda dari warung kopi pada umumnya yang menyediakan makanan atau gorengan di atas meja. Di Kopi Klothok pengujung harus mengambil makanan secara prasmanan. Selesai mengambil makanan, Anda bisa memilih untuk duduk di serambi belakang, di dalam rumah joglo maupun di tepi sawah.

Pemandangan yang disajikan memang sangat asri, bukan jalanan raya melainkan hamparan pohon kelapa dan sawah yang hijau. Menu andalan yang direkomendasikan di sini tentu saja kopi hitam sebagai temannya tidak lain yakni pisang goreng. Makanan berat hanya dinikmati sebagai menu sarapan atau makan siang bila benar-benar lapar. Karena mayoritas yang datang ke tempat ini memang bertujuan untuk ngopi sambil duduk-duduk santai.

5. Soto Bathok Mbah Katro

 

Melihat visualnya saja, makanan ini tampak sangat lezat juga menggugah selera. Soto Bathok Mbah Katro merupakan lokasi pertama yang umumnya dikunjungi warga Sleman untuk mencari sarapan.

Tidak hanya lezat, harga soto di tempat ini sangat terjangkau. Menu andalan tempat ini adalah soto daging sapi. Keunikan dari Soto Bathok Mbah Katro adalah penyajian sotonya yang sengaja ditempatkan di atas batok kelapa.

6. Gubuk Makan Mang Engking

 

Meskipun disebut sebagai gubuk namun makanan yang dihadirkan di tempat ini merupakan seafood kualitas tinggi. Tidak heran jika mayoritas yang menyambangi rumah makan ini berasal dari kelas menengah ke atas.

Seafood andalan di Gubuk Makan Mang Engking adalah olahan ikan air tawar dan udang. Anda bisa mencicipi udang madu, udang goreng, udang bakar, cah kangkung, olahan kepiting dan ikan. Popularitas Gubuk Makan Mang Engking semakin meningkat berkat promosi dari mulut ke mulut hingga kemudian pemiliknya memutuskan untuk membuka cabang di kota lain.

7. Entok Slenget Kang Tanir

 

Pernah mencoba makan entok? Saat pergi ke Sleman pastikan untuk datang ke rumah makan ini bila penasaran bagaimana rasa dari hidangan entok. Entok Slenget Kang Tanir populer dengan racikan entok pedasnya.

Olahan makanan ini selalu pas disantap baik di musim hujan maupun musim panas, dihidangkannya bersama sepiring nasi putih hangat. Menariknya, proses memasak hidangan ini masih menggunakan cara tradisional dengan panas dari arang.

8. SGPC Bu Wiryo

 

Tempat yang satu ini agak unik karena nama tempatnya disingkat dari Sego Pecel menjadi SGPC. Tempat ini sangat populer di kalangan warga Sleman dan sekitarnya karena sudah berdiri sejak tahun 1959. Usaha SGPC Bu Wiryo dijalankan oleh keluarga Wiryosoenarto dengan menggunakan resep pertama yang kemudian diturunkan ke generasi berikutnya.

Ciri khas dari sego pecel di tempat ini berasal dari sambal kacangnya yang ditumbuk kasar dan encer. Untuk jenis lauknya sendiri terdapat telur ceplok, tempe, sate usus dan lainnya.

9. Siomay Kang Cepot

 

Ingin mencicipi siomay yang super lezat selama berada di Sleman, silahkan sambangi Siomay Kanc Cepot. Penggemar siomay Sleman rata-rata memang mengunjungi tempat ini jika rindu menikmati sepiring siomay hangat dengan bumbu kacang yang lezat.

Uniknya, selain menyediakan siomay berbahan dasar ikan tenggiri, di Siomay Kang Cepot juga tersedia siomay dari daging ayam dan sapi. Anda bisa memilih jenis siomay yang Anda sukai dan pastinya harganya sangat terjangkau.

10. Kopi Merapi

 

Pecinta kopi Sleman patut bersyukur karena kabupaten ini memiliki banyak sekali racikan kopi legendaris salah satunya adalah Kopi Merapi. Dinamakan sebagai Kopi Merapi karena lokasi warkop ini yang berada tepat di kaki gunung Merapi.

Selain menjual racikan kopi khas nusantara, Kopi Merapi juga menyediakan teman minum kopi yang gurih dan lezat seperti pisang goreng atau tempe mendoan. Jika ingin makan lebih berat, Anda bisa memesan mie goreng atau mie rebus. Harga makanan dan kopi di sini sangat terjangkau, dijamin tidak akan membuat kantong Anda yang sudah tipis semakin menipis.

Pergi ke Sleman tidak lengkap bila tidak mengunjungi berbagai spot kuliner. Lalu, spot kuliner mana saja yang menawarkan makanan dan minuman lezat? sebagai referensi Anda, simak seluruh rekomendasi rumah makan dan warkop yang telah disebutkan di atas. Jika ada waktu, silahkan kunjungi satu demi satu tempat-tempat tersebut

Joglo Wisata mau bagi-bagi hadiah LIBURAN GRATIS tiap bulan. Masukkan email Anda untuk dapatkan informasi detailnya.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...

Comments

HP: 081231561811Chat via Whatsapp

Info Paket Wisata

Lagi nyari info paket wisata? Silakan klik tombol di bawah ini dan kami akan mengirimkan rincian info paket wisata termasuk itinerary, harga, includes, excludes dan detail lainnya.

Kontak Whatsapp