Jogja memang tak pernah ada habisnya, selalu ada destinasi wisata baru yang sangat menarik dan unik. Baru-baru ini, di dekat Kebun Buah Mangunan terdapat spot baru untuk selfie sekaligus menyaksikan panorama matahari terbit. Namanya Jurang Tembelan, yang secara administratif terletak di Dukuh Kanigoro. Ada dua gardu pandang dan satu gazebo di Jurang Tembelan. Selebihnya, hanya ada beberapa pepohonan dan dua warung yang menyediakan makanan ringan. Meski begitu, saat naik ke gardu pandang, pemandangan yang disuguhkan begitu indah.

Jurang Tembelan terletak di dataran lebih tinggi dari Kebun Buah Mangunan. Oleh karena itu, dari gardu pandang, Anda bisa melihat hamparan awan menyelimuti pandangan. Jurang Tembelan ini menjadi lokasi berburu sunrise yang populer. Bagi Anda para penggemar fotografi tak boleh melewatkan kempatan untuk hunting foto disini. Foto yang dihasilkan akan terlihat keren dan unik ketika sunrise. Hasil foto terlihat instagramable. Disarankan Anda datang pada subuh ketika cuaca cerah, Anda seakan akan berada di atas awan dengan hamparan bukit dan kabut tipis menjelang matahari terbit.

Di Lokasi Jurang tembelan ada spot foto berbentuk Perahu Raksasa yang diletakkan menjorok ke mulut jurang. Spot ini menjadi yang paling difavoritkan oleh para pengunjung. Spot Foto Jurang tembelan berbentuk Perahu di atas bukit inilah yang mengangkat nama Jurang tembelan menjadi sangat populer. Nah bagi yang berfoto di sini sekaan akan berada di atas perahu yang terbang. bonusnya jika bisa datang ke Jurang tembelan saat pagi buta akan merasakan sensasi negeri di atas awan. Foto di spot perahu akan seperti berlayar di atas lautan awan. Jika sore hari, sunset di Jurang Tembelan juga sangat mempesona. Selain spot foto perahu di atas bukit, ada juga spot lainnya yang berbentuk sayap kupu-kupu raksasa.

Spot ini tergolong baru karena belum lama dibuat. Jika sudah sukses mengabadikan foto, kita bisa duduk duduk di gazebo yang sudah disediakan sambil menikmati indahnya pemandangan bukit Kapur yang hijau dan lanskap Sungai Oya. Waktu paling tepat untuk mengunjungi Jurang Tembelan adalah pada pagi hari sebelum matahari terbit. Saat siang hari biasanya sudah semakin banyak wisatawan yang datang dan untuk selfie pun harus bergantian.

Lokasi Jurang Tembelan kanigoro ini tak jauh dari Kebun Buah Mangunan dan Bukit Mojo. Letaknya hanya sekitar 2 km saja. Alamat lengkapnya berada di Dusun Kanigoro Desa Mangunan Kecamatan Dlingo Bantul. Lokasinya di sebelah Timur Kebun Buah Mangunan. Untuk masuk ke Lokasi Jurang tembelan pengunjung dikenakan biaya seiklasnya dan parkir Rp. 2.000/motor. Untuk spot foto Jurang Tembelan di Kapal/Perahu dikenakan biaya Rp. 3.000. fasilitas di Jurang tembelan ini cukup memadai karena sudah ada tempat duduk, Gazebo, warung warung makan/snack dan mushola.

Alamat Jurang Tembelan

Jurang Tembelan beralamat di Mangunan, Dlingo, Bantul Regency, Special Region of Yogyakarta 55783, Indonesia. Ada pun peta google mapsnya adalah sebagai berikut:

Rute Menuju Jurang Tembelan

Rute Menuju Jurang Tembelan dari Bandara ke arah barat menuju Jalan Janti, naik ke jembatan layang Janti, lurus terus ke arah selatan melewati perempatan Blok O, masih lurus sampai perempatan Terminal Giwangan. Dari perempatan Terminal Giwangan belok kiri ke Jalan Imogiri Timur, lurus terus ikuti saja jalan besar sampai Kantor Kecamatan Imogiri lalu belok kiri menuju Kompleks Makam Raja Mataram, nah sebelum Kompleks Makam Raja Mataram ambil jalan ke kanan menuju Kebun Buah Mangunan. Hati-hati jalan di daerah ini lumayan banyak tanjakan dan turunan, apalagi kalau Anda datang saat musim hujan, jalan di sini makin licin, pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima. Jurang Tembelan Imogiri Bantul berada di lokasi setelah Kebun Buah Mangunan.