Sebagai kota terbesar kedua di Jawa Timur, ada begitu banyak kuliner legendaris di Malang yang bisa dicicipi ketika liburan ke sana. Semua makanan dan minuman tersebut sudah lama dikenal masyarakat dan memiliki cita rasa yang enak pastinya, bahkan tidak hanya bakso . Jika saat ini Anda sedang merencanakan liburan ke Malang, tidak ada salahnya mencoba beberapa kuliner di bawah ini.

Daftar 10 kuliner legendaris Malang yang harus dicoba

  1. Bakso President

Review kuliner Malang yang pertama adalah sudah jelas bakso yang jadi salah satu jenis makanan paling terkenal. Bakso ini dibuat dari daging giling yang dibentuk menjadi bulat dan jika Anda mencari yang terkenal ada di Bakso President Malang. Tempat kuliner ini sudah dibuka sejak tahun 1977 dan sampai sekarang masih banyak dikunjungi. Lokasi Bakso President ada di Jalan Baranghari no.5 di belakang hotel Savana.

Di sini Anda bisa mencicipi berbagai macam menu bakso dengan varian isinya. Ada bakso kecil, bakso besar, bakso telur, bakso urat, bakso goreng, bakso goreng panjang, bakso goreng udang dan bakso tulang muda. Selain itu, juga ada menu-menu lainnya seperti jeroan paru, siomay goreng, siomay basah, dll.

  1. Pecel Kawi

 

Selain bakso, kuliner legendaris di Malang lainnya yaitu Pecel Kawi yang kabarnya sudah dibuka sejak tahun 1975, pendirinya adalah Bu Musilah. Lokasinya ada Jalan Kawi Atas no.43b, Malang. Pecel sendiri berupa hidangan yang terdiri dari berbagai macam sayuran dan lauk pauk yang diberi tambahan bumbu kacang enak, biasanya dihidangkan dengan nasi atau bisa juga dimakan langsung. Agar makin gurih, pecel ini dapat dimakan bersama rempeyek yang renyah dan keripik tempe.

Pecel Kawi menawarkan cita rasa pecel lezat yang berbeda dari pecel kebanyakan. Bumbu kacangnya juga kental dan justru tidak manis tapi gurih, beda dengan rasa bumbu kacang di Jawa Tengah. Selain menjual pecek, resto ini juga menawarkan banyak menu dan lauk pauk pelengkap lain seperti nasi rawon, nasi lodeh, nasi campur, oseng-oseng, bumbu rujak, telur mata sapi, tahu, tempe, perkedel, jeroan, sate-satean, dsb. Kebanyakan juga menu-menu khas Jawa Timur.

  1. Pos Ketan 1967

Kalau Anda hobi jajan kuliner makanan yang manis-manis atau yang gurih maka tidak ada salahnya datang ke Pos Ketan legendaris yang sudah buka dari tahun 1967. Tempat kuliner Malang ini ada di kawasan alun-alun Batu yang menyajikan berbagai olahan dari beras ketan dan memiliki cita rasa yang unik dan khas. Tempat ini pun tidak pernah sepi pengunjung, apalagi menjelang malam hari.

Berbagai macam menu tersedia di sini seperti ketan bubuk, ketan keju, ketan susu, ketan durian, atau jika lebih menyukai rasa gurih maka dapat memesan ketan ayam pedas. Memang ketan yang disajikan dapat dibuat dengan berbagai macam topping seperti meses, keju, pisang, gula merah, keju, Nangka, dll. Lokasi tepatnya ada di Jalan Kartini no.6, Ngaklik. Tempat ini dibuka beberapa cabang, ada juga yang di Jalan Ir. Soekarno.

  1. Rujak Cingur Bude Ruk

Kalau Anda menyukai wisata kuliner legendaris di Malang yang lebih tradisional lagi maka bisa cicip rasa rujak cingur di Bude Ruk. Tempat ini sudah lama dibuka sejak tahun 1960 dan menawarkan berbagai macam menu rujak yang lezat. Rujak ini dibuat dari cingur sapi dan berbagai macam sayuran lalu disiram dengan tambahan bumbu kacang dan petis yang gurih dan manis.

Meski letaknya tidak begitu strategis karena berada di jalan gang yang sempit, namun hal tersebut tidak mengurangi pengunjung untuk terus berdatangan. Lokasinya ada di Jalan Suruji no.17, tepatnya di gang 1. Warung rujak ini berada persis di sebelah Toko Jawa dan karena warung Bude Ruk ini sangat terkenal, sampai-sampai gang tersebut lebih dikenal sebagai gak rujak.

  1. Soto Geprak Mbah Djo

 

Selain bakso, menu soto juga cukup terkenal di Malang dan salah satu yang paling legendaris adalah Soto Geprak Mbah Djo yang sudah buka sejak tahun 1935. Ini adalah soto daging sapi dan disebut geprak karena cara pembuatan dagingnya dipukul-pukul atau digeprak-geprak terlebih dahulu agar bisa empuk dan halus. Setelah itu baru dimasak. Inilah sebabnya kenapa disebut sebagai soto geprak.

Harga sotonya juga sangat terjangkau, mulai dari Rp 8 ribu –  14 ribu saja. Lokasi soto ini ada di Jalan Letjend S. Parman no. 77-79, Malang. Rumah makannya sendiri buka dari jam 8 pagi hingga 6 sore. Selain menu utama soto, di rumah makan ini juga disajikan hidangan lainnya seperti bakso, ayam goreng, bebek goreng dan aneka macam minuman.

  1. Bakpao Boldy

Jika ingin mencicipi makanan yang lebih ringan namun tetap enak dan mengenyangkan, maka dapat cicipi Bakpao Boldy. Bakpao biasasanya berwarna putih dengan tekstur lembut dan kenyal, lalu diisi dengan berbagai macam isian seperti daging ayam. Nah, Bakpao Boldy ini merupakan salah satu tempat legendaris buat Anda mendapatkan bakpao enak, tempatnya sudah lama buka sejak tahun 1950.

Ada banyak varian isi yang dijual di sini, seperti varian isi daging ayam cincang, ayam kecap, babi cincang, kacang hijau, babi kecap, kacang tanah dan tausa. Bakpao ini juga sering dibeli sebagai oleh-oleh khas Malang. Lokasi tempatnya ada di Jalan Mangun Sarkoro no.25, Jodipan, Blimbing, Kota Malang. Harga bakpaonya murah mulai dari Rp 9 ribu.

  1. Bakso Bakar Pak Man

Selain Bakso President, juga ada bakso khas legendaris lainnya seperti Bakso bakar Pak Man. Bakso bakar sendiri memang berbeda dari bakso kuah kebanyakan dan jenisnya masih tergolong baru. Merupakan ide kreatif dari salah satu warga Malang bernama Pak Suparman yang menjual bakso bakar sejak tahun 1997.

Bakso bakar ini memang dibuat seperti bakso lain pada umumnya, yaitu dibuat dari daging sapi lalu digiling dan direbus. Tapi bakso ini kemudian dibakar dan sebelumnya diberi lumuri dengan saos dari kecap dan berbagai bumbu. Jika Anda ingin coba santapan ini silahkan datang saja ke Jalan Diponegoro 19A, Malang.

  1. Tahu Lontong Lonceng

Meski banyak sekali wisata kuliner kekinian saat ini, namun masakan tradisional memang tak ada matinya, salah satunya yaitu Tahu Lontong Lonceng yang sudah buka sejak tahun 1935. Kuliner legendaris di Malang satu ini dibuat dari tahu dan lontong yang diberi tambahan mentimun, kecambah dan bumbu kacang yang enak dan khas. Ada banyak menu yang ditawarkan di sini seperti tahu lontong biasa, tahu telor nasi, tahu telor lontong dan berbagai minuman.

Jika ingin mengunjungi tempat ini, Anda dapat langsung saja mendatangi tempatnya ada di Jalan Laks. Martadinata no.66, Kota Malang yang buka dari jam 8 pagi hingga 8 malam. Untuk menunya sendiri sangat terjangkau, dijual mulai Rp 8 ribu.

  1. Toko Oen

Buat yang hobi makan es krim segar, apalagi di waktu siang dan panas maka dapat berkunjung ke Toko Oen legendaris yang sudah buka dari tahun 1930. Toko Oen ini ada beberapa cabang di berbagai kota, salah satunya di Malang. Hidangan yang dijual selain es krim, ada juga masakan mengenyangkan seperti steak, nasi goreng hingga berbagai macam aneka kue kering.

Toko Oen ini dulu dikabarkan menjadi tempat nongkrong orang-orang Belanda pada masa lampau. Sampai sekarang toko ini tak pernah sepi pengunjung baik wisatawan lokal ataupun mancanegara. Jika Anda ingin datang silahkan menuju ke Jalan Jendral Basuki Rahmat no.5, Kauman, Klojen, Kota Malang.

  1. Ronde Titoni

 

Selain mencicipi es krim dingin, ada juga wedang ronde hangat dari Ronde Titoni. Warung ronde ini sudah buka dari 70 tahun yang lalu tepat pada 1948. Ada banyak menu ronde yang dihidangkan dengan harga terjangkau, seperti ronde kering, ronde basah, ronde campur serta makanan dan minuman ringan lainnya seperti cakwe, kacang kuah, angsle dan roti goreng.

Ronde dan angsle hampir mirip, bedanya jika ronde disajikan dengan air jahe, maka angsle dibuat dari kuah santan. Isian angslenya juga ada banyak seperti potongan roti tawar, kembang mayang/ petulo, kacang tanah sangria, dan kacang hijau rebus. Lokasi warung ini ada di Jalan Zainul Arifin no.17, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang.

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments