Pantai Menganti Kebumen memiliki daya tarik yang sangat kuat yang membuat banyak wisatawan tertarik untuk datang berkunjung. Tempat wisata ini tidak hanya sekedar menampilkan panorama pantai yang asri, namun menyimpan bonus pemandangan alam yang unik dan indah. Meskipun baru dibuka tahun 2011, tempat wisata ini berhasil menarik banyak perhatian para pengunjung domestik sehingga tidak pernah sepi orang setiap harinya.

Keunikan Pantai Menganti Kebumen

Sebelum dikelola dengan profesional menjadi tempat wisata alam, Pantai Menganti termasuk lokasi pendaratan perahu nelayan pasca pulang mencari ikan. Dan meskipun telah menjadi tempat wisata populer, fungsi ini tidak pernah berhenti dan masih tetap dilestarikan oleh nelayan setempat.

Pantai Menganti menyimpan panorama pantai yang indah karena di sekitarnya terdapat perbukitan kars, siapa pun akan langsung kagum dan terpesona saat melihatnya. Bahkan pantai ini memiliki legenda yang konon kisahnya berasal dari kisah hidup Panglima Perang Majapahit yang harus pergi dari kerajaan karena hubungan terlarangnya dengan putri raja Majapahit.

Fasilitas Pantai Menganti

Tempat wisata ini dikelola dengan sangat baik jadi meski letaknya cukup jauh dari perkampungan penduduk, pengunjung tidak perlu merasa khawatir tentang fasilitasnya lengkapnya, seperti:

  • Toilet umum
  • Tempat ibadah
  • Area parkir
  • Kios dan warung

Selain itu, bagi pengunjung yang merasa haus dan lapar tapi lupa membawa bekal, tidak perlu cemas kelaparan selama berada di kawasan Pantai Menganti. Ada banyak kios dan warung yang buka setiap harinya di sana. Bahkan di sekitar pantai terdapat vila dan homestay, jika tertarik untuk menginap bisa mengunjungi salah satu penginapan yang tersedia.

Aktivitas yang bisa dilakukan di sekitaran Pantai Menganti

Rasanya sayang sekali bila melewatkan menikmati pemandangan indah yang disajikan oleh Pantai Menganti. Pantai ini menyimpan banyak hal tersembunyi mengingat areanya dikepung oleh tebing tinggi. Aktivitas yang bisa dilakukan antara lain:

1. Berenang

Meskipun masih satu gugusan dengan pantai selatan, Pantai Menganti tidak memiliki hempasan ombak yang tinggi, jadi pengunjung bisa bebas berenang dengan aman dan nyaman di sini.

2. Menikmati air terjun

Selain menikmati keindahan pantai dan pasir putihnya, pengunjung bisa menikmati keindahan air terjun yang tidak dimiliki oleh pantai lainnya.

3. Goa

Selama berkunjung ke Pantai Menganti, jangan lupa untuk melakukan perjalanan singkat ke goa alam yang terbentuk dengan sangat cantik di pantai ini.

Harga tiket masuk Pantai Menganti

Nikmati pemandangan alam nan eksotik dari Pantai Menganti, harga tiket masuknya memang jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan berbagai pantai lain di Kebumen, namun tetap worth it. Siapkan kocek sebesar Rp 10.000 dan ongkos parkir mulai dari Rp 3.000-Rp 5.000 tergantung kendaraan apa yang diparkir.

Rute dan lokasi Pantai Menganti

Tempat wisata ini berada persis di Desa Karangduwur, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Provinsi Jateng. Lokasi ini jaraknya kurang lebih 42 km dari pusat kota Kebumen dan sekitar 35 km dari arah Gomdong. Telusuri jalan ke arah Puring lalu belok kanan hingga menemukan Pantai Suwuk, teruskan perjalanan dengan mengikuti arah jalan hingga akhirnya sampai di tempat tujuan.

Jalur kedua jaraknya 45 km lebih lama 15 km daripada jalur pertama untuk sampai ke tempat wisata. Ambil jalur Gombong hingga sampai ke Pantai Logending, teruskan dengan mengikuti poros jalan hingga sampai ke Pantai Menganti.

Siapkan waktu terbaik Anda untuk mengunjungi Pantai Menganti Kebumen, bila perlu pilih salah satu vila atau homestay yang ada di sana sebagai tempat penginapan.

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments