The Heritage Palace merupakan destinasi wisata terpopuler di Kota Solo. Tempat wisata ini memiliki kemiripan dengan salah satu tempat wisata populer di Jawa Timur yaitu Museum Angkut . Sebelum dijadikan sebagai tempat wisata, dahulunya tempat ini merupakan Pabrik Gula Gembong.

Kawasan wisata ini adalah bangunan cagar budaya yang dibangun sejak 1892, luas lahannya sekitar 2.2 hektar. Nuansa klasik menjadi daya pikat utama dari tempat ini, bahkan tidak jarang kita menemukan calon pengantin yang mengambil foto pre-wedding. Di area ini terdapat sembilan bangunan kuno yang masih lengkap dengan detail cerobong asap, tapi baru tiga bangunan yang diperkenalkan untuk umum.

Spot menarik dan fasilitas The Heritage Palace

Meskipun belum berusia satu tahun, tempat wisata yang dibuka pertengahan 2018 lalu ini sangat disukai oleh para pengunjung karena menawarkan banyak spot dan fasilitas menarik, seperti:

  • Transportasi Museum

Di zona ini terdapat banyak alat transportasi terutama mobil ‘jadul’ yang mengingatkan kita pada Museum Angkut di Jawa Timur. Para pengunjung diizinkan untuk mengambil banyak foto selfie atau foto mobil antik sesuai kebutuhan.

  • Outdoor Garden

Merupakan taman yang sengaja didesain sebagai tempat rileksasi para pengunjung. Bangunan unik dengan kombinasi tumbuhan hijau merupakan pemandangan langka yang hanya bisa kamu peroleh di outdoor garden.

  • Tong Tjie

Merupakan salah satu zona yang ada di kawasan wisata Heritage Palace. Di zona ini terdapat banyak furnitur jadul yang memiliki bentuk serta ukiran sangat unik. Ketika pengunjung datang ke tempat wisata ini, pengunjung akan merasakan sensasi nostalgia yang unik bahkan merasa terpesona dengan berbagai koleksi furnitur yang ada.

  • Musuem 3D Trick Art

Di museum ini terdapat banyak lukisan berbentuk 3D yang sangat unik. Bahkan jika pengunjung cukup pandai untuk berimajinasi, pengunjung akan memperoleh foto yang sangat artistik. Salah satu karya seni yang keren dan menarik adalah lukisan pisau-pisau dapur, sudah banyak pengunjung yang mengambil foto unik dengan latar belakang lukisan tersebut.

  • Kids Town dan Food Street

Untuk pengunjung yang berlibur bersama keluarga dan membawa anak, bisa mengunjungi area kids town atau mencicipi berbagai makanan pinggir jalan. Ada banyak makanan lezat yang bisa dicicipi, mulai dari cemilan atau makanan berat.

Tiket masuk The Heritage Palace Solo

Untuk bisa melihat seluruh koleksi jadul dan unik yang ada di sini, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk dengan rincian sebagai berikut:

  1. Tiket masuk ke Museum Transportasi dan gate Rp 40.000/orang
  2. Tiket terusan Rp. 55.000/orang
  3. Tiket masuk ke arena museum 3D Rp. 25.000/orang

Dengan membayar HTM Ther Heritage Palace Solo tersebut, pengunjung bisa sepuasnya mengelilingi setiap zona yang tersedia dan menikmati keindahan dari seluruh koleksi yang ada.

Lokasi The Heritage Palace

Karena wisata ini merupakan proyek pengembangan dari Pabrik Gula Gembongan maka alamatnya masih sama berada di Jalan Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo RT/RW 002/008. Kalau ingin ke area ini dengan kendaraan pribadi maka lokasinya akan lebih mudah dicari memakai bantuan googlemap dengan nama PG Gembongan.

Jika wisatawan berkunjung dari Solo atau Jogja, maka bisa pergi agak siang karena tempat ini buka pukul 09.00 WIB-21.00 WIB.

The Heritage Palace adalah tempat wisata yang sangat cocok untuk bernostalgia sambil menambah ilmu pengetahuan terutama tentang kesenian, mulai dari furnitur, lukisan hingga barang-barang industri.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (9 votes, average: 4.44 out of 5)
Loading...

Comments

HP: 081231561811Chat via Whatsapp