Yogyakarta adalah salah satu destinasi yang cocok untuk berlibur, baik untuk berlibur bersama teman, bersama keluarga, bersama pasangan, rombongan kantor, rombongan sekolah, dan lain-lain. Kota dengan slogan Yogyakarta Istimewa memiliki banyak keindahan alam dan spot menarik tentunya untuk wisatawan. Salah satunya adalah Puncak Kosakora. Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui tempat wisata yang indah ini. Namun, percayalah anda tidak akan menyesal ketika tiba di destinasi wisata Puncak Kosakora.

Puncak Kosakora terletak di daerah Gunung Kidul, tepatnya di Banjarejo, Tanjungsari, Ngestirejo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan jarak tempuh sekitar 75 km dari pusat Kota Yogyakarta. Keberadaannya yang tidak terlalu jauh dengan pantai dan laut juga membuat panorama puncak ini sangat menawan. Puncak Kosakora merupakan spot terbaik jika anda ingin menikmati keindahan panorama pantai, di pagi hari anda bisa berburu sunrise sedangkan di sore hari anda juga bisa menikmati sunset. Karena namanya juga ‘bukit’, destinasi wisata ini terletak di dataran tinggi dan untuk mencapainya, anda harus rela berjalan kaki dan bersusah-susah dahulu ya! Karena medan jalannya cukup membuat capek.

Letaknya yang dekat dengan Pantai Drini, tentunya membuat para wisatawan dapat sekaligus mengunjungi dua tempat wisata yang berbeda, yang satu adalah puncak, dan satu nya lagi adalah pantai. Wah, indah sekali bukan? Jarak Pantai Drini dan Puncak Kosakora hanya 2 km, anda bisa melakukan perjalanan selama 30 menit untuk tiba di puncak ini. Jika anda ingin memarkirkan kendaraan, simpan saja di tempat parkiran Pantai Drini karena tentu akan lebih aman.

Aktivitas di Puncak Kosakora

Waktu terbaik untuk mengunjungi puncak yang menakjubkan ini adalah pada pagi hari, sore hari, dan pada cuaca yang baik. Sunrise tidak begitu terlihat apabila cuacanya sedang mendung atau hujan. Selain itu, sebaiknya anda membawa bekal secukupnya karena di Puncak tidak akan ditemukan warung lesehan atau penjual makanan dan minuman. Kan gak lucu juga lagi liburan eh malah pingsan kelaparan!

Puncak Kosakora mempunyai tinggi sekitar 50 mdpl, tentunya apabila dibandingkan dengan ketinggian gunung, ya jelas sangat jauh! Namun panorama yang disuguhi di tempat ini sangat natural, terlebih lagi destinasi wisata ini merupakan tempat yang bersih, bebas dari sampah. Maka, jangan sampai anda sebagai pengunjung malah membuang sampah sembarangan ya! Hamparan laut biru yang seakan tidak ada ujungnya dapat anda amati dari puncak ini.

Beberapa tour dan travel penyedia paket wisata Jogja sudah banyak yang menjadikan Puncak Kosakora sebagai pilihan favorit. Bahkan, banyak wisatawan yang berencana untuk mendirikan tenda dan bermalam di puncak yang indah. Hal itu tentu saja diperbolehkan oleh warga setempat, namun tentu saja dengan seizin warga dan peralatan dari sendiri, ingat! Jangan nyampah ya!

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments