Pacitan, salah satu kabupaten di Jawa TImur dengan beragam destinasi wisata. Kota ini dikenal sebagai Kota 101 Goa. Namun ternyata di Pacitan tidak hanya terdapat goa. Masih banyak destinasi wisata alam lainnya yang harus kamu kunjungi selain goa-goa seperti hutan pinus, air terjun, pemandian air panas, pantai, dan sebagainya. Berikut ini 15 destinasi wisata di Pacitan yang wajib kamu kunjungi kalau kamu datang ke kota ini.

1. Pantai Klayar

Pantai Klayar terletak di Dusun Kendal, Desan Sendang Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Lokasinya sekitar 45 KM dari Kota Pacitan. Salah satu destinasi pantai ini adalah adanya seruling laut. Seruling laut ini terbentuk dari batu karang bercelah. Setiap ada ombak yang besar, karang tersebut akan memancarkan air ke atas sehingga menimbulkan suara seperti siulan.

2. Goa Gong

Kalau kamu datang ke Pacitan, Goa Gong adalah destinasi yang wajib kamu kunjungi. Goa Gong ini diklaim sebagai goa paling indah se-Asia Tenggara. Panjang goa ini sekitar 256 meter dengan hiasan stalaktit dan stalakmit kristal di atasnya. Begitu indah dan mempesona. Untuk menelusuri Goa Gong kamu butuh waktu sekitar 1 hingga 2 jam karena luasnya destinasi wisata satu ini. Untuk masuk ke Goa Gong kamu hanya perlu membayar tiket seharga Rp 5.000 per orang. Harga ini belum termasuk sewa senter dan pemandu.

3. Pantai Srau

Pantai Srau berlokasi di Candi Pringkuku, Area Pesawahan, Kabuaten Pacitan. Sama halnya dengan pantai-pantai lain, di pantai ini kamu bisa menikmati sunset dan sunrise. Suasana akan kamu rasakan berbeda dengan melihat jejeran pohon kelapa. Serasa liburan di luar negeri. Keeksotisan pantai ini semakin lengkap dengan adanya batu karang besar dan bukit-bukit di sekelilingnya. Kalau kamu ingin camping, sabana di pantai ini sangat cocok dipilih.

4. Pantai Watu Karung

Pantai ini terkenal hingga ke luar negeri terutama para pecinta surfing  lantaran ombaknya yang besar. Tapi, ombak besar ini tidak sampai ke pantai. Jadi, kamu juga bisa berenang di pantai ini tanpa merasa khawatir. Pantai Watu Karung terletak di Pringkuku, Watukarung, Kabupaten Pacitan.  Tiket masuk ke pantai ini hanya Rp. 5.000 per orang.

5. Sungai Maron

Sungai Maron ini layaknya sungai Amazon-nya Indonesia. Sungai ini membentang hingga 4.5 KM. Buat kamu yang ingin merasakan ketenangan sekaligus ingin menikmati pesona alam yang asri dan sejuk, sungai Maron adalah pilihan yang sangat tepat. Di sungai ini terdapat penyewaan perahu. Jadi, kamu bisa sepuasnya menikmati liburan di Dusun Dersono Pacitan ini.

6. Pantai Tawang

Pantai Tawang sangat tepat untuk kamu yang ingin menguji kemampuan memancing, Pantai ini tidak hanya terkenal dengan pesona alamnya, tapi juga hasil lautnya. Buat kamu yang ingin menikmati berbagai jenis ikan bisa datang ke area tempat pelelangan ikan dengan lokasi tidak jauh dari pantai. Pantai Tawang ini juga terkenal di komunitas-komunitas mancing mania.

7. Pantai Buyutan

Lokasi pantai ini sekitar 4 KM dari pantai Klayar ke arah Barat. Selain pasir putihnya, daya tarik pantai ini juga berasal dari air lautnya yang biru, dan adanya Waru Narada.  Waru Narada terbentuk dari morfologi batu karang yang mirip dengan tokoh pewayangan, yakni Batara Narada. Posisi Watu Narada ini agak ke tengah laut dan sangat tinggi. Jadi meskipun air pasang kamu masih bisa menikmati keindahannya.

8. Pantai Kasap

Lokasi Pantai Kasap ini tidak jauh dari Pantai Watu Karung. Kalau kamu ingin menikmati keindahan pantai ini, kamu harus mendaki ke bukit yang ada di sebelah pantai, melewati jalan setapak sekitar 15 menit. Fasilitas di pantai ini cukup lengkap, ada homestay, warung, dan toilet. Di pantai ini banyak spot foto menarik. Salah satunya Gardu Pandang yang terbuat dari kayu.

9. Pantai Wawaran

Pantai ini masuk ke wilayah Kecamatan Kebonagung. Bukan hanya panorama alam, pantai ini menawarkan berbagai hasil laut dan ombak yang besar. Pantau Wawaran yang berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia membuatnya menawarkan pesona alam yang menawan. Nyiur pantai, hutan bakau, dan pasir putih melengkapi eksotisme pantai ini.

10. Pantai Kunir

Pantai yang terletak di Desa Pager Kidul ini terbilang masih perawan. Pantai ini memiliki ombak yang sedang dan belum banyak dikunjungi sehingga cocok dikunjungi kamu-kamu yang menginginkan suasana yang tenang dan sepi. Di pantai ini terdapat telaga air sungai yang bermuara ke laut. Kamu bisa berenang di telaga ini karena areanya yang cukup luas.

11. Sungai Cokel

Destinasi sungai Cokel ini merupakan wisata susur sungai. Sungai Cokle menawarkan keindahan alam yang masih alami. Air yang jernih di sungai ini akan membuat stress kamu hilang seketika. Kamu bisa menyewa perahu warga yang sudah disiapkan di pinggir sungai. Harga tiketnya juga tergolong murah yaitu sekitar Rp. 15.000 saja.

12. Hutan Pinus Gemaharjo

Kalau kamu bisa ke pantai, kutan pinus Gemaharjo bisa jadi pilihan. Hutan Pinus Gemaharjo ini terletak di Desa Gemaharjo, sekitar 40 KM dari Kota Pacitan. Di sini kamu akan dimanjakan dengan pemandangan hutan pinus yang asri dan sejuk. Tapi, kalau kamu mau datang ke sini sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua karena aksesnya yang cukup sempit dan licin.

13. Pantai Soge

Daya tari utama Pantai Soga ini adalah letaknya yang berbatasan langsung dengan jalan raya  yaitu jalur lintas selatan. Jadi, di sini banyak orang yang melintas jalur ini dan langsung parkir di pinggir jalan. Untuk menuju pantai pengunjung hanya perlu berjalan kaki menyusuri jalan bebatuan. Di pantai ini terdapat danau kecil yang akan terbentuk saat air laut surut.

14. Pantai Seruni

Pantai seruni ini masih sepi pengunjung. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Pok Tunggal. Area pantai ini tidak seluas pantai Pok Tunggal namun kamu masih bisa menikmati keindahan yang sama. Di pantai ini terdapat pasir yang berwarna kecokelatan dan pasir hitam. Fasilitas seperti warung, toilet, kamar mandi, mushola, dan tempat parker sudah ada di pantai ini.

15. Pantai Taman

Dari 15 destinasi wisata di Pacitan yang terakhir adalah Pantai Taman. Pantai ini terkenal dengan wahana flying fox yang sangat panjang, yaitu 415 meter dengan ketinggian 74 meter.  Jadi, di pantai ini kamu bisa menikmati panorama pantai sambil bermain flying fox. Pantai yang berlokasi di Desa Hadiwarno ini juga memiliki konservasi penyu di danau buatan yang lokasinya dekat sumber air.

Nah, itu dia 15 destinasi wisata di Pacitan. Kalau kamu berkunjung ke Pacitan jangan lupa kunjungi destinasi-destinasi wisata di atas.

Jadi, kapan kamu akan mengunjungi 15 destinasi wisata di Pacitan ini?

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments