Pernah merasa terganggu hanya hanya karena hujan? Misalnya saja menunda liburan hingga musim penghujan berganti. Sebenarnya musim penghujan ini bukanlah penghalang untuk kamu bisa liburan seru, lho.

Bukan berarti saat hujan turun, kamu hanya akan menghabiskan masa liburan di rumah saja. Tentu sayang sekali melewatkan momen liburan hanya karena menghindari hujan, ya? Karena kami akan memberikan cara liburan aman dan nyaman saat musim hujan.

1. Selalu Perhatikan Informasi Cuaca Terkini

Selalu perhatikan informasi cuaca terkini menjadi pertimbangan ketika akan pergi berlibur. Karena kalau prediksi cuaca dari berita aplikasi dan sosial media memburuk, kamu bisa melakukan perjalanan dengan tenang. Perhatikan juga kondisi saat perjalanan, jika hujan lebat maka kamu harus menunda perjalanan di tempat yang aman.

Sehingga, tidak akan mengganggu penglihatan dan kefokusan. Terlebih mengecek pemberitahuan cuaca di tujuan wisata kepada pihak hotel atau teman. Biasanya, kamu bisa mengalami tertinggalnya informasi cuaca, karena di dalam transportasi umum tidak disediakan layanan tersebut. Namun, menjaga kamu dari cuaca ekstrem.

Misalnya, saat berencana pergi ke Solo, kamu bisa menggunakan kereta api. Jika pun hujan deras, tidak akan terdengar mengerikan dan perjalanan tetap lancar. Bahkan, kamu bisa tidur dengan nyenyak sambil mendengarkan musik dari headset. Kalaupun tidak, kamu mungkin bisa menatap jendela kereta sembari mencari inspirasi. Terdengar cukup menarik, bukan?

2. Memilih Tempat Liburan Yang Sesuai

Sekarang ini, beberapa tempat wisata sudah menyediakan fasilitas yang masih bisa dinikmati pengunjung. Meskipun cuaca sedang tidak bersahabat. Salah satunya, museum menjadi pilihan para pelancong menikmati koleksi kuno yang memiliki nilai sejarah tinggi. Sehingga, bisa menjadi bahan edukasi dan inspirasi bagi masyarakat.

Di dalam museum, terkadang ada kegiatan seminar yang menarik. Tergantung tempat yang akan kamu singgahi. Atau, pergi berlibur ke wisata religi yang lebih banyak merefleksi diri. Sehingga, kamu mendapatkan nilai luhur.

Menghabiskan waktu liburan bersama kuliner khas daerah tersebut juga menjadi solusi terbaik. Jika kamu seorang food blogger, justru menginspirasi masyarakat lain untuk meramaikan tempat wisata tersebut.

Karena memilih tempat liburan yang sesuai dengan kondisi alam akan menyelamatkan kesehatan tubuh. Jika ingin berwisata di tempat yang tidak biasa, pantai dan air terjun menjadi pilihan terakhir waktu hujan. Tapi kamu tidak bisa mendekatinya dengan bebas, karena ombak lautan yang besar sangat berbahaya.

Mungkin, kalau kamu ingin liburan aman dan nyaman saat musim hujan, bisa menunggu cuaca cerah kembali di sekitar rumah atau warung penduduk. Sehingga, aktivitas yang menyenangkan mewarnai hari-hari kamu.

3. Siapkan Perlengkapan Musim Hujan (JaketJuga Pakaian Hangat)

Siapkan perlengkapan musim hujan (jaket, pakaian hangat) untuk liburan yang tidak akan terlupakan. Seperti, kamu bisa mencari baju ganti yang berbahan ringan di toko online. Membawa payung atau mantel tebal, syal berbahan tebal tetapi lembut, kantong plastik untuk tempat baju kotor. Jangan lupa bawa juga sandal jepit dan jaket berbahan tebal yang hangat.

Karena udara yang dingin bisa membuat tubuh menjadi sakit. Sehingga liburan akan menjadi kurang menyenangkan. Biasanya, kamar hotel juga menyiapkan air minum hangat. Kamu bisa menghangatkan tubuh sembari beristirahat selama di hotel.

Jangan lupa membawa kantong anti air yang transparan untuk membungkus kamera digital. Meskipun kondisi sedang hujan, kamu masih bebas memotret alam sekitar. Atau, bergaya di depan kamera dengan latar belakang tempat wisata.

4. Gunakan Tas Yang Tahan Air

Saat musim hujan, gunakan tas yang tahan air untuk menyimpan barang bawaan supaya tetap kering dan tidak mudah rusak. Beberapa toko online perlengkapan travelling sudah menyediakan produk tersebut, sehingga kamu bisa memesannya sebelum melakukan perjalanan.

Saat ini, salah satu inovasi tas tersebut sudah dilengkapi slot earphone dan slot USB portable. Akan lebih memudahkan kamu mengisi baterai dan mendengarkan musik sambil menikmati wisata di bawah gerimis. Sehingga tidak perlu khawatir barang bawaan lainnya basah dan aman dari maling.

Selain itu, rencana liburan aman dan nyaman saat musim hujan mengenakan tas tersebut terasa sangat ringan. Karena salah satu bahan yang digunakan, yaitu nylon. Sebelum membawa tas yang tahan air, harus memastikan bahan diproduksi.

Meskipun banyak penjual tas untuk membantu perjalanan liburan, kamu harus cermat dengan review dari pembeli. Jika rata-rata ulasan positif, artinya produk tas anti air memang original. Maka produk tersebut tidak diragukan lagi.

5. Mempersiapkan Dana Extra

Mempersiapkan dana extra untuk kebutuhan liburan pas hujan. Karena tidak menutup kemungkinan mengalami hal tidak terduga. Misalnya, kamu biasanya menempuh lokasi wisata menggunakan jasa ojek. Namun, kondisi cuaca memburuk, kamu harus menyewa grab car atau rental mobil terdekat.

Selain itu, menyiapkan dana tunai juga sangat penting. Bisa saja di tempat wisata jauh dari fasilitas ATM atau membeli minuman hangat di warung kecil. Biasanya, pemilik warung kecil tidak memiliki uang kembalian. Kamu harus ingat, setelah musim liburan selesai. Semua kebutuhan pokok akan naik.

Sehingga, kamu harus menyiapkan dana lain yang tidak sedikit untuk ke depannya. Bisa mengantisipasinya dengan berjualan online atau menjadi marketer di tempat usaha teman. Jadi, dana ekstra sudah terencana dengan baik.

6. Siapkan Obat Pribadi

Biasanya seorang travellers memutuskan liburan ke luar kota untuk beberapa hari. Teradang hanya mencari spot foto yang instagramable untuk mendulang like dan followers. Jadinya pundi rupiah yang dihasilkan menjadi tabungan.

Akan tetapi, melakukan perjalanan yang jauh. Kamu wajib siapkan obat pribadi di dalam daftar itinerary. Apalagi saat musim hujan, sangat rawan mengganggu kesehatan. Sangat penting membawa obat flu, vitamin herbal untuk stamina tubuh, P3K, minyak angina, dan mempertimbangkan asuransi.

Obat-obatan tersebut berada di dalam vacuum bag khusus. Hand Sanitizer dan tisu basah juga penting untuk menjaga tubuh dari kuman di lokasi wisata. Jika memiliki riwayat sakit tertentu, wajib memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan selama perjalanan. Jumlah obat-obatan yang dibawa juga menyesuaikan jadwal berlibur.

7. Jaga Kondisi Tubuh

Sebelum melakukan perjalanan, jaga kondisi tubuh menjadikan liburan kamu luar biasa. Pasalnya, daya tahan tubuh yang meningkat, maka alam akan bersahabat. Sekalipun musim hujan melanda tempat wisata yang kamu kunjungi.

Kamu bisa mengatasinya dengan memperbanyak minum air putih hangat. Memakan sayuran dan buah-buahan secara tepat waktu, menjadi pilihan yang tepat. Jika lokasi wisata cukup jauh dari hotel, kamu bisa memesan makanan di restoran nonkarbo.

Apakah kamu sudah siap melakukan liburan aman dan nyaman saat musim hujan yang memiliki banyak resiko? Jika iya maka lakukan beberapa ulasan di atas supaya kamu bisa menghindari hal-hal kurang menyenangkan. Karenanya, keselamatan para travellers sangat penting untuk memberikan inspirasi bagi orang lain yang ingin menikmati tempat wisata yang sama.

 

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments