Rasanya kurang lengkap jika Anda sudah wara-wiri ke Jogja namun tidak menikmati wisata Kuliner Tradisional Khas Jogja yang lezat. Kuliner tradisional dari Jogja cenderung memiliki rasa yang manis dan pedas atau campuran keduanya. Hal yang membuatnya menjadi lebih spesial lagi adalah harganya yang sangat terjangkau. Berikut ini ada beberapa rekomendasi Kuliner Tradisional Khas Jogja yang perlu Anda cicipi saat Anda berada di sana :

Sate Klathak Pak Pong

Nama sate klathak adalah nama kuliner yang tidak familier di telinga Anda jika Anda bukanlah penduduk asli di Jogja. Sebenarnya Sate Klathak ini adalah sebutan penduduk Jogja untuk sate kambing. Namun tentunya sate kambing khas Jogja ini berbeda dengan yang lainnya karena di dalamnya terdapat bumbu khas yang tidak bisa Anda temukan di kota lainnya. Sate Klathak Pang Pong adalah tempat makan sate klathak yang paling banyak mendapatkan perhatian dari para wisatawan yang datang ke Jogja. Rasanya cocok di lidah mayoritas pelanggan, pelayanan baik, tempat yang nyaman namun jika Anda datang ke sana Anda harus siap-siap antri karena pelanggannya sering membludak. Tempat ini berada di Jl. Imogiri Timur, Pleret, Bantul.

Mangut Lele Bu Is

Lagi-lagi Kuliner Tradisional Khas Jogja yang mungkin terasa asing namanya di telinga wisatawan adalah Mangut Lele. Masakan ini adalah masakan lele yang dibuat dengan menggunakan santan sehingga dengan demikian bisa memberikan rasa yang lebih gurih dan manis pada daging ikan lele itu. Konon katanya Mangut Lele Bu Is yang paling terkenal di Jogja adalah tempat makan Mangut Lele yang sudah berdiri sejak tahun 1970. Rasanya sangat melegenda sehingga dengan demikian bisa bertahan hingga kini. Untuk datang ke tempat makan Mangut Lele ini Anda bisa datang ke Jl. Imogiri Barat yang ada di Jetis, Bantul.

Wader Goreng Pak Suko

Untuk Anda yang suka dengan masakan yang dibuat dari ikan air tawar maka Wader Goreng Pak Suko bisa menjadi tempat berwisata Kuliner Tradisional Khas Jogja selanjutnya yang bisa Anda kunjungi.  Di Warung Makan Wader Goreng Pak Suko ini Anda bisa mendapati banyaknya masakan yang dibuat dari ikan air tawar, namun yang paling laris adalah Ikan Wader Gorengnya. Ikan Wader Goreng ini digoreng dengan menggunakan tepung tapioka yang membuat teksturnya menjadi sangat gurih. Jika Anda merasa penasaran dengan kuliner yang satu ini maka Anda bisa menuju ke Jl. Wonosari KM 7, Sampangan, Bantul, Yogyakarta.

Welut Goreng Pak Sabar

Foto Oleh: IG @ernisy17

Pernahkah Anda menyantap hidangan yang terbuat dari belut ? Jika belum maka wajib bagi Anda yang sedang berada di Jogja untuk mencicipi hidangan Welut Goreng Pak Sabar, hidangan ini termasuk memiliki sambal yang pedas, sehingga bagi Anda yang suka dengan masakan yang pedas, pastinya akan cocok dengan hidangan ini. Belut yang digunakan dipilih dengan sangat baik sehingga dagingnya pun tebal dan rasanya gurih. Lalapan juga diberikan sehingga makin lezat rasanya. Anda yang ingin mencicipinya bisa pergi ke Jl. Imogiri Barat, Banguntapan, Bantul.

Mangut Lele Mbah Marto

Foto Oleh: IG @amazingindonesiafood

Satu lagi Kuliner Tradisional Khas Jogja yang berkaitan dengan mangut lele adalah Mangut Lele Mbah Marto, hal yang khas dari Mangut Lele Mbah Marto karena kesederhanaan tempat dan cara pembuatannya yang juga sangat tradisional. Benar-benar langsung dari dapur Mbah Marto yang merupakan pemilik rumah makan ini. Bahkan ada yang menyebut bahwa makan di Rumah Makan Mangut Lele Mbah Marto bisa merasakan seperti makan di rumah nenek sendiri. Lele yang dimasak dengan cara diasap ini benar-benar berbeda dari mangut lele lainnya. Anda bisa mengunjunginya di kawasan Panggungharjo, Bantul, Yogyakarta.

Bakmi Jowo Mbah Gito

Foto Oleh: IG @irwanerfiansyah

Bakmi Jowo juga rasanya merupakan Kuliner Tradisional Khas Jogja yang harus Anda cicipi saat Anda berada di Jogja. Dengan makan di rumah makan Bakmi Jowo Mbah Gito ini Anda akan merasakan kesenangan makan di tempat yang begitu hangat khas pedesaan jawa, ditemani alunan alat musik Jawa yang mengalun dengan syahdunya. Anda pastinya akan benar-benar merasakan suasana Jogja yang kental di sana. Tentunya ada banyak menu yang disajikan di sana namun Anda pastinya harus mencicipi Bakmi Jowonya. Alamat Bakmi Jowo Mbah Gito ini berada di Jl. Nyi Agengnis No.9, Kotagede, Bantul, Yogyakarta.

Gudeg Pawon

Foto Oleh: IG @gudeggo

Anda pastinya sudah pernah mendengar tentang Kuliner Tradisional Khas Jogja yang terkenal yaitu Gudeg Pawon bukan? Karena Gudeg Pawon ini sudah berkali-kali masuk ke dalam acara televisi karena kelezatannya dan juga keunikan yang ada di sana. Saat makan di sana Anda benar-benar akan langsung memesan Gudeg yang disediakan langsung dari Pawon atau dapur di dalamnya. Uniknya lagi Gudeg Pawon hanya buka di malam hari, lebih tepatnya buka mulai jam 22.00 sampai dini hari. Anda bisa mencoba Gudeg Pawon ini di Jl. Janturan, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta.

Ingkung Mbah Kentol

Foto Oleh: IG @ingkung_mbah_kentol

Untuk Anda yang ingin makan ayam dengan cara yang tidak biasa maka Anda harus mencoba untuk menuju ke Warung Makan Ingkung Mbah Kentol. Ingkung adalah santapan ayam yang dimasak dengan bambu sehingga bentuknya menjadi sangat unik. Untuk rasanya tidak perlu diragukan lagi tentulah Anda akan makan dengan lahap saat mencoba masakan Ingkung Mbah Kentol ini. Anda bisa datang ke Kentolan Lor yang ada di Bantul, Yogyakarta untuk mencicipinya.

Tengkleng Gajah

Saat pertama mendengar namanya kebanyakan orang akan bertanya-tanya apakah Kuliner Tradisional Khas Jogja yang satu ini terbuat dari daging gajah? Tentu saja tidak, kata gajah yang ada di dalam nama rumah makan ini merupakan gambaran dari porsinya yang besar. Tengkleng sendiri merupakan olahan daging kambing dengan sedikit kuah yang segar, biasanya disajikan juga dengan tulang kambingnya dan porsinya memang besar sehingga diberi nama demikian. Anda bisa datang ke Jl. Kaliurang KM 9.3, Sleman, Yogyakarta untuk bisa mencicipi masakan khas ini. Hingga saat ini pun ada banyak wisatawan yang berdatangan untuk mencoba kenikmatan santapan dari daging kambing ini.

Oseng Mercon Bu Narti

Satu lagi Kuliner Tradisional Khas Jogja yang sudah pernah diliput beberapa kali dalam siaran di stasiun televisi adalah oseng mercon. Makanan ini berisi daging sapi dan juga kikil yang dibumbui dengan sangat pedas, ada beberapa level pedas yang menyesuaikan dengan selera pengunjungnya. Anda bisa memilihnya berdasarkan kemampuan Anda dalam memakan makanan pedas. Dibandingkan dengan yang lain saat Anda ingin mencoba oseng mercon maka Anda bisa mencoba Oseng Mercon Bu Narti yang berada di Jalan K.H Ahmad Dahlan, Ngampilan, Yogyakarta. Di sana pengunjung yang datang tidak hanya berasal dari Indonesia saja, namun ada juga wisatawan asing yang tertarik dan mencoba kuliner pedas tersebut.

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments