Apa yang paling menyenangkan saat libur panjang tiba? Tentunya liburan, keliling destinasi menakjubkan di Indonesia ya? Mulai dari menikmati pemandangan alam bebas, taman, situs bersejarah, atau wisata religi. Tentu saja kamu harus menyiapkan berbagai macam perlengkapan supaya liburanmu menyenangkan.

Bahas soal liburan, tentu kamu akan berada diantara dua pilihan ini. Dilema akan mengatur sendiri liburanmu atau menggunakan jasa tour. Sebenarnya diantara kedua pilihan tersebut mempunyai sisi lebih kurangnya masing – masing, lho.

Berikut ini beberapa pertimbangan yang harus kamu pikirkan secara matang ketika jalan sendiri vs ikut tour.

Harga

Sistem pembiayaan untuk kebutuhan kamu selama perjalanan jauh, baik secara mandiri maupun bersama agen, berbeda-beda. Tentu saja hal ini berlaku untuk tujuan wisata lokal maupun internasional. Sehingga, kamu mendapatkan harga yang efektif dan berbagai keuntungan lainnya. Namun baik biaya selama perjalanan dari kedua sisi tersebut, ada kekurangannya.

Harga Untuk Perjalanan Mandiri

Jalan-jalan secara mandiri bisa menghemat biaya. Mulai dari membeli tiket transportasi, membayar tiket untuk masuk wisata, biaya untuk makan, membeli oleh-oleh, membayar tempat penginapan, dan lainnya. Kamu harus menyiapkan budget sesuai kebutuhan untuk liburan menyenangkan.

Beberapa biaya di atas mempunyai rincian yang lebih detail. Misalnya, jika kamu ingin pergi ke Jogjakarta, budget yang dikeluarkan kurang lebih satu juta untuk dua hari tiga malam. Namun, lokasi wisata yang dikunjungi sangat terbatas. Kamu harus mencari lokasi dengan tiket masuk yang murah, namun instagramable.

Selain itu, sebelum melakukan perjalanan ke tempat wisata, kamu sudah membayar tempat penginapan. Biasanya, menyewa tempat istirahat untuk liburan sendiri harga dapat lebih murah.

Jika kamu memiliki teman di daerah wisata, bisa meminta tolong untuk menunjukkan penginapan yang sesuai kebutuhan. Sehingga, kamu tidak perlu pusing mencari tiket penginapan melalui situs internet.

Harga Untuk Perjalanan BersamaTravel Agent

Ingin menggunakan jasa tour namun khawatir membuat budget liburanmu membengkak? Sebenarnya, travel agent belum tentu lebih mahal lho. Semuanya kembali lagi pada pilihan paket yang kamu ambil nantinya.

Ada beberapa orang yang lebih menyukai perjalanan ke tempat liburan bersama travel agent. Karena pemilik agen menyediakan layanan paket transportasi dan akomodasi lengkap. Terkadang, konsumsi untuk makan pun sudah diatur oleh agen, namun kembali lagi kesepekatan antara agen dan klien.

Jika kamu termasuk kaum mager, tentu ikut tour ini bisa menjadi alternatif terbaik. Mengapa bisa demikian? Karena bersama jasa tour, segala keperluan dan kebutuhanmu akan diatur detail. Semakin lengkap fasilitas yang diterima tentu harganya juga semakin tinggi.

Waktu

Sebelum melakukan perjalanan, kamu harus menentukan waktu untuk liburan. Karena berpengaruh dengan biaya. Selain itu, kamu perlu memerhatikan jadwal keberangkatan transportasi sehingga tidak akan menemui keterlambatan.

Waktu Untuk Perjalanan Mandiri

Saat kamu jalan sendiri, bisa menentukan waktu sesuka hati sesuai dengan kebutuhan. Bisa bebas melakukan swafoto di tempat wisata yang ditentukan sendiri. Sehingga, kepuasan akan membantu pikiran menjadi lebih fresh.

Waktu Untuk Perjalanan Bersama Travel Agent

Liburan bersama travel agent, kamu tidak bisa santai berlama-lama, karena jadwal untuk bersantai sangat terbatas. Agen sudah menyediakan pilihan tanggal yang ada. Sehingga, kamu bisa menghitung ketepatan waktu untuk mengabadikan momen menggunakan ponsel.

Gunakan jadwal yang sudah ditentukan oleh pemilik usaha perjalanan secara maksimal. Agar kamu juga bisa menikmati liburan dengan nyaman, meskipun dengan time yang sangat terbatas. Jika jadwal sudah ditentukan secara matang, waktu liburan bersama travel agent tidak sia-sia.

Perencanaan

Perencanaan untuk melakukan perjalanan wisata, baik jalan sendiri vs ikut tour. Sangat penting mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, kepergian kamu bisa terorganisasi dengan baik.

Perencanaan Untuk Perjalanan Mandiri

Liburan sendiri dapat bebas menentukan destinasi, misalnya tempat wisata di Malang yang terkenal dengan panorama alam. Sebelum membayar tiket masuk, terlebih dahulu kamu harus mempertimbangkan hal lain.

Seperti, mencari pengalaman pelancong lain, mencari informasi biaya transportasi dan tempat wisata yang menyediakan diskon, menentukan waktu keberangkatan, memesan tiket, dan membaca Google Maps. Sehingga perjalanan kamu bisa sangat menyenangkan. Terlebih kalau menjadi inspirasi bagi vlogger lainnya yang hobi melakukan wisata secara mandiri.

Perencanaan Untuk Perjalanan Bersama Travel Agent

Perencanaan untuk perjalanan bersama travel agent lebih praktis dari segi manapun. Seperti, travel agent lebih jelas mau ke mana sesuai dengan destinasi yang tersedia. Karena tiket untuk akomodasi sudah sepaket dengan berbagai macam pelayanan. Namun, tidak semua agen perjalanan menyediakan paket yang sama.

Misalnya, perencanaan ke tempat wisata pulau dengan waktu 2 hari satu malam bersama rombongan. Sehingga, kamu hanya perlu mengikuti arahan dari pihak jasa biro perjalanan untuk memaksimalkan timing. Biasanya, selama perjalanan ke lokasi liburan sudah satu paket dengan tempat makan untuk rombongan klien.

Namun, kamu harus cermat memilih agen travel terpercaya, transparan dengan segala fasilitas, banyak ulasan yang merekomendasikan, terkenal, dan mempunyai harga yang masuk akal. Sehingga, kamu bisa melakukan transaksi di situs jasa jalan sendiri vs ikut tour pilihan dengan aman.

Fasilitas

Perlu diketahui saat melakukan perjalanan yang jauh untuk beberapa hari, kamu harus menyiapkan fasilitas. Mulai dari perlengkapan pribadi, uang yang memadai, dan akomodasi yang aman dan berpengalaman.

Fasilitas Untuk Perjalanan Mandiri

Fasilitas untuk perjalanan mandiri akan berada di bawah kendali kamu. Misalnya, berwisata di Kota Banyuwangi, tersedia penginapan dengan view alam bebas. Seperti, pantai, sawah, dan pegunungan.

Karena tempat wisata tersebut sudah menyediakan tempat istirahat khusus untuk wisatawan mandiri. Bahkan, kamu bisa melancong menggunakan kendaraan pribadi. Namun, kamu juga menyewa transportasi umum yang memiliki pelayanan ternyaman.

Namun, alangkah lebih menyenangkan kalau mengeksplore tempat wisata bersama teman. Sehingga kamu akan mendapatkan lebih banyak cerita yang unik. Selain itu, liburan bersama teman bisa saling membantu untuk menentukan fasilitas perjalanan terbaik.

Fasilitas Untuk Perjalanan Bersama Travel Agent

Jika ingin melakukan perjalanan lebih aman, kamu bisa menyewa fasilitas untuk perjalanan bersama travel agent. Namun kamu juga harus memastikan rincian fasilitas yang diberikan. Misalnya, jenis hotel yang berbintang dengan layanan akses internet dan makan.

Dari agen travel, memerhatikan cara pembayaran juga sangat penting. Apakah melalui kartu debit atau kredit. Sehingga, e-tiket dan voucher akan dikirimkan melalui alamat email kamu. Biasanya, biro travel memberikan beragam pilihan paket akomodasi yang menggiurkan.

Selain itu, mencari informasi tambahan dari berbagai sumber mengenai travel agent akan membantu kamu mendapatkan akomodasi yang berkualitas. Seperti rekam jejak penggunaan fasilitas pada pemilik jasa perjalanan.

Jika kamu sudah menyiapkan semua hal di atas, bisa menabung mulai sekarang. Agar bebas ke tempat liburan sesuai minat.

Nah, sampai disini menurutmu lebih asik mana antara jalan sendiri vs ikut tour? Tentunya pilihan setiap orang bervariatif sesuai dengan kebutuhan masing – masing ya.

Apapun pilihanmu, semoga kamu bisa memperkaya pengalaman wisata mengesankan, ya?

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments