Ini dia sensasi seru trip adventure ke Nusa Penida buat kamu yang bernyali petualang. Asal tau aja nih, para traveler dunia juga mengimpikan surga tersembunyi di Pulau Dewata ini, lho. Biasanya bermula dari kekaguman terhadap gambar dan potret indahnya bentang samudera sekeliling Bali. Lalu rasa penasaran itu memancing semangat mereka untuk backpack menuju Indonesia.

Panorama eksotis Nusa Penida berhasil membuat orang asing terkagum-kagum. Bahkan penghargaan Hostelworld Internasional menempatkan nama destinasinya di posisi terbaik sedunia. Termasuk Pantai Kelingking, Crystal Bay, Pantai Atuh, Bukit Teletubbies, Pantai Suwehan, dan Pantai Banah Nusa.

Tentunya sebagai wisatawan lokal kamu pun sangat antusias untuk menjelajah destinasi negeri sendiri. Tentang secantik apakah wajah pulau kecil di Kabupaten Klungkung ini mari buktikan sendiri melalui perjalanan pilihanmu. Entah dengan gaya liburan ala ransel backpacker ataupun koper yang high class.

Nah, alangkah baiknya bila sekarang kenali lebih dekat apa saja keistimewaan Nusa Penida, serta persiapan yang perlu kamu lakukan bila sudah yakin travelling ke sana.

Daya Tarik Sisi Tenggara Bali

1. Pantai Pasir Putih

Dari Sanur perjalanan menyeberang laut akan butuh waktu sekitar 45 menit jika naik fast boat ataupun kapal fery. Semakin dekat pandangan mata, makin jelas gugus kepulauan yang terletak di Selat Badung ini. Bertetangga dengan Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan.

Saat kapal berhenti di pelabuhan barulah perjalanan eksplor Nusa Penida berlanjut pakai motor atau mobil sewaan. Rute tujuan pasti eksplorasi beberapa pantai berpasir bersih dengan latar panorama laut jernih kebiruan. Pada sisi-sisinya tebing batu karang terlihat gagah menjulang dan berbukit-bukit. Suasana sekeliling relatif tenang dikala pagi sehingga nyaman dan leluasa manjakan mata. Sembari memotret pemandangan tepi laut yang sangat instagramable. Terutama dikala sunrise matahari terbit hingga menjelang terbenam atau sunset.

Selain foto selfie di hamparan pasir putih masih banyak lagi aktivitas bersantai sedari pagi sampai sore hari. Mulai dari mencoba wahana permainan air, menjajal olahraga water sport pemacu adrenalin, hingga menyelam snorkeling dan juga diving ke dasar lautan.

2. Pemandangan Indah Dari Atas Tebing Tinggi

Bentang eksotisme samudera biru sangat memukau manakala dipandang dari pucuk bukit karang yang berdiri kokoh. Pencari ketenangan pastinya betah berada di spot puncak berpanorama menakjubkan ini. Lautan lepas dengan debur ombaknya terhampar mempesona pada gugusan pulau sekitar Nusa Penida.

Jerih-payah demi memandang segala keindahan alam inilah pemusnah lelah ketika sudah berhasil mencapai lokasi gardu pandang tertinggi pada puncak tebingnya. Memang diperlukan usaha untuk mendaki maupun sewaktu perjalanan turun. Namun kamu bakal menikmati proses eksplorasi alam yang menantang dan takkan ada penyesalan.

3. Keindahan Pemandangan Bawah Laut

Snorkeling Nusa Penida Bali

Selain jelajah daratan pantai yang mengesankan, cobalah menyelam agar pengalaman tripmu semakin lengkap. Biasanya pemandu atau instruktur berpengalaman siap membantu para penyelam terutama pemula. Salah satu keunikan bisa ditemukan pada titik snorkeling di Mantra Point. Disini biasanya penyelam bertemu ikan pari mantra berukuran raksasa. Juga berenang bersama-sama ikan kecil warna-warni di antara terumbu karang.

Sebagai catatan, meski sangat ingin turun ke dasar perairan, namun aktivitas diving ini hanya mungkin dilakukan jikalau kondisi arus dan cuaca sedang kondusif. Karena itulah tidak sebaiknya menyelam bila keadaan kurang mendukung. Snorkeling memiliki resiko lebih kecil sehingga boleh dijajal sebatas untuk melihat panorama air laut yang masih dangkal.

Sederet Pantai Dan Bukit Cantik Ini Menantimu

1. Kelingking Beach

Bali - Pantai Kelingking Nusa Penida

Sebuah keunikan alam yang dinobatkan urutan ke-9 terindah di Asia versi CNN Travel. Juga masuk daftar ke-19 terbaik dunia versi ulasan Tripadvisor. Semangat adventure bakal membara sejak pertama melangkahkan kaki untuk menuju tepian pantainya.

Eksplorasi Jalur Unik :

Dimulai berjalan kaki dari sisi tebing panjang berbukit dan menjorok ke arah laut biru. Jika dilihat dari atas menyerupai berbagai bentuk. Ada yang bilang persis jari kelingking, anak ikan paus sedang berbaring, bahkan sekilas juga mirip leher Tyrannosaurus Rex (T-Rex)

Perjalanan berliku menuruni anak tangga cukup menguras tenaga. Kemiringan lereng tebing terjal sepanjang 150 meter ini antara 70-80 derajat sehingga perlu sangat hati-hati. Namun deretan pohon hijau dan rumput segar menyegarkan mata.

Semua perjuangan tuntas ketika sampai di bibir pantai yang suasananya tenang, bersih, dan jernih ini. Disinilah kamu bisa diving pada titik Manta Point. Selain menemukan surga bawah laut serta berbagai jenis ikan kecil, jika kamu beruntung akan berjumpa ikan pari manta terbesar. Kadangkala ikan ini juga muncul di permukaan saat air surut.

2. Crystal Bay

Crystal Bay Nusa Penida

Seperti namanya, hamparan pasir putih terlihat berkilau saat terpapar cahaya matahari, dan ketika senja, birunya pantai berpadu langit lembayung kala matahari mulai tenggelam. Sementara perbukitan hijau menjadi pelindung dari gempuran ombak.

Nama Crystal Bay disematkan oleh wisatawan asing karena pantai ini memiliki air mengkilap dan bening bak sebuah kristal. Bahkan dari permukaan kamu bisa melihat aneka terumbu karang dan satwa laut. Atau silahkan menyelam jika ingin menikmati pesona alam bawah lautnya secara menyeluruh. Terutama pada bulan Juli-November dimana banyak ikan langka berenang bebas. Seperti jenis ikan Mola-Mola yang menjadi ikon pulau Nusa Penida.

3. Pantai Atuh

Jalur trekking ke arah Atuh Beach ini tidaklah mulus. Kamu harus sanggup menuruni anak tangga berliku-liku pada bidang tebing batu yang lumayan curam. Di balik bukit yang tinggi tampak sebuah pantai diapit lengkungan tebing besar. Formasi batuan karang Pantai Atuh tegap dan kokoh, namun pasir putihnya sangat lembut. Lelah selepas perjuangan di medan berbatu, bersantailah sejenak sembari minum es kelapa muda. Sekalian mengisi perut dengan santapan seafood segar dari warung makan sekitar pantai.

4. Bukit Teletubbies

Pemandangan uniknya persis seperti kampung halaman Teletubbies, yaitu gundukan bukit berwarna hijau cerah dan segar. Di atas rumput perbukitan kamu bisa tiduran sambil memanjakan mata. Menunggu datangnya sunset sore hari buat mengabadikan foto hamparan bukit di ujung timur Pulau Nusa Penida ini.

5. Pantai Suwehan

Lokasinya juga berada tepat di bawah tebing yang menjulang tinggi sehingga kamu harus berjuang mencapainya. Jalan berbatu menuruni anak tangga cukup curam sehingga memacu adrenalin. Tapi semua kelelahan segera dibalas dengan kelegaan. Suwehan masih lengang dari pengunjung. Pemandangan bukit dan hamparan laut dibalik tebingnya juga begitu memukau. Kamu akan melihat sebuah batu karang ikonik berbentuk segitiga yang hanya terdapat di Sawehan.

6. Pantai Banah

Struktur tebing batu di Banah memiliki keunikan sendiri yaitu terdapat lubang besar pada bagian tengahnya. Sementara di atas karang tumbuh rumput dan pepohonan hijau. Dari situ pula kamu dapat memandang lautan biru Samudera Hindia. Sesekali tampak ikan pari berenang-renang dalam air pantai yang jernih. Sungguh lokasi foto yang sangat keren!

Persiapan Yang Harus Dibawa Ke Nusa Penida

Sudah mantap ingin travelling ke Bali dalam waktu dekat, persiapkan berbagai macam hal penting di dalam tas backpacker milikmu. Khususnya buat eksplorasi Nusa Penida dimana kamu akan mengalami sensasi bertualang menyusuri pantai dan perbukitan karang. Maka jangan lupa siapkan uang tunai secukupnya, pakaian yang nyaman, sunblock, payung atau topi, dan juga kacamata.

Semoga liburanmu menyenangkan!

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments