Jogja selalu memperkenalkan obyek wisata baru lain dari yang lain, seperti obyek wisata rumah hobbit di Cangkringan dan Bantul ini misalnya. Bagi penggemar film The Lord of The Rings, pasti mengenal perkampungan Shire yang menjadi rumah para kurcaci dan Hobbit. Kedua obyek wisata ini mengadopsi tema yang serupa dengan perkampungan Shire tersebut dan menjadikannya lokasi wisata ala Negeri Dongeng. Karena keunikannya, sepertinya pantas jika kedua obyek wisata ini dimasukkan ke dalam Paket Wisaja Jogja yang wajib Anda kunjungi.

Rumah Hobbit Kampung Seribu Batu Songgo Langit Bantul
Rumah Hobbit Kampung Seribu Batu Songgo Langit ini menjadi salah satu obyek wisata andalan di kawasan Bantul. Obyek wisata yang berada di Dusun Sukarame, Desa Mangunan, Dlinggo, Bantul ini berada di kawasan hutan pinus dengan pemandangan alam yang indah serta udara yang sejuk. Karena keunikannya, obyek wisata rumah hobbit ini kerap dijadikan sebagai lokasi spot foto terutama dengan adanya spot foto unik seperti rumah kayu dan jembatan kayu, bunga raksasa, replika kupu-kupu raksasa, taman seribu batu dan lainnya.

Obyek wisata ini berada di lokasi strategis karena dekat dengan obyek wisata lainnya seperti Bukit Panguk, Bukit Mojo Gumelem, Hutan Pinus Imogiri, Wisata Watu Goyang dan Wisata Jurang Tembelan. Di sini, Anda tak hanya bisa menikmati keunikan rumah hobbit saja, tapi juga pemandangan bebatuan berukuran besar yang disebut dengan Songgo Langit. Untuk mencapai tempat ini, Anda bisa melewati jalur Ringroad Selatan, kemudian sesampainya di terminal Giwangan ambil jalan Imogiri Timur. Sesampainya di pertigaan Pasar Imogiri, ambil arah menuju Desa Mangunan.

Rumah Hobbit Cangkringan
Rumah hobbit yang kedua yakni Rumah Hobbit Cangkringan yang berada di kawasan Cangkringan, tepatnya di dusun Jambu, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Jogja. Lokasinya berdekatan dengan obyek wisata The Lost World Castle yang sempat menjadi hits beberapa bulan terakhir. Meski baru diresmikan pada akhir bulan Juni 2017 lalu, obyek wisata ini langsung menjadi populer dan masuk dalam daftar Paket Wisata Jogja bagi kalangan wisatawan lokal maupun luar daerah.

Berbeda dengan Rumah Hobbit Seribu Batu Songgo Langit di Bantul yang berada di kawasan hutan pinus, Rumah Hobbit Cangkringan ini berada di kawasan pemukiman warga. Pengunjung bisa mencapai lokasi ini dengan mudah karena menggunakan rute yang sama dengan jalur menuju The Lost World Castle. Dari kota Jogja, rumah hobbit ini berjarak sekitar 25 km atau sekitar 45 menit perjalanan.

Rumah-rumah hobbit yang ada di sini berukuran tinggi sekitar 2 meter dengan panjang 4 hingga 6 meter dan menempel pada pinggir tebing tanah. Karena ditujukan khusus sebagai lokasi foto, maka tak mengherankan jika rumah-rumah hobbit ini memiliki luas yang cukup sempit. Desain rumah yang minimalis dengan halaman berhiaskan kursi kayu, sumur buatan, rerumputan, taman-taman bunga serta iklim yang sejuk membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat ini.

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments