Salah satu destinasi yang paling banyak dikunjungi turis adalah Pulau Lombok. Pulau ini memang tak perlu diragukan lagi keindahannya. Corak budaya masyarakatnya pun masih kental dengan tradisi-tradisi leluhur. Sehingga selain untuk tujuan wisata, kita bisa mempelajari hal-hal baru selama berada di sini.

Berikut ini ada beberapa contoh destinasi wisata favorit di Lombok yang sayang dilewatkan.

  1. Pantai Kuta

Foto Oleh: IG @yunus.arbi

Pantai Kuta bukan hanya ada di Bali. Di Lombok pun ada pantai dengan naman yang sama. Bahkan, keindahan panoramanya pun tak kalah dengan Pantai Kuta Bali.

Di Pantai Kuta Lombok kita bisa menyaksikan bentangan pantai sepanjang 7,2 kilometer dari atas ketinggian Bukit Mandalika. Sensasinya tentu akan berbeda daripada kita memandang hamparan pantai nan luas dari bawah.

Asyiknya lagi, lokasi Pantai ini tak terlalu jauh dari Bandara Internasional Lombok atau tepatnya berada di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Hanya butuh waktu 1,5 jam bila ditempuh dari Senggigi.

  1. Pantai Tanjung Aan

Foto Oleh: IG @hamhandal

Pantai lain yang menjadi alternatif dan dekat dengan Pantai Kuta Lombok adalah Pantai Tanjung Aan. Pantai ini tidak terlalu luas, tetapi punya keunikan tersendiri. Butiran pasir pantai ini tidak halus seperti pantai-pantai kebanyakan di Lombok. Melainkan bulat-bulat seperti merica.

Pada waktu-waktu tertentu pantai ini menghasilkan nyale (sejenis cacing laut yang bisa dimakan dan bergizi) dalam jumlah besar. Sehingga oleh masayarakat sekitar diadakanlah upacara adat sebagai bentuk rasa syukur karena fenomena semacam ini dianggap langka.

  1. Pantai Senggigi

Foto Oleh: IG @ryentria

Meski dari segi keindahan Pantai Senggigi mampu menyamai dua pantai sebelumnya, namun pantai ini memiliki keunggulan lain yakni ombaknya lebih tenang. Sehingga tidak terlalu mengkhawatirkan untuk wisatawan yang ingin berenang, surfing, diving, atau ber-snorkeling ria.

Pemandangan alam bawah lautnya masih sangat terjaga. Terumbu karangnya sehat-sehat. Bahkan di tengah pantai kita dapat melihat sebuah karang menjulang tinggi. Ombak yang terpecah ketika menghantam karang menjadi suatu pemandangan fenomenal yang berkesan.

Akses ke Pantai Senggigi cukup mudah. Hanya butuh waktu 30-40 menit jika berangkat dari kota Maram.

  1. Pantai Pink/Pantai Tangsi

Foto Oleh: IG @aliasmannurlilah

Nama pantai ini terdengar unik. Keunikan ini dilatarbelakangi dengan kondisi alam yang jarang terjadi. Jika biasanya pasir pantai berwarna putih, abu-abu muda, atau hitam, di sini justru berwarna pink. Fenomena seperti ini hanya ada di 11 pantai di seluruh dunia. Pantai Pink atau Pantai Tangsi inilah salah satunya.

Warna pink pada pasir disebabkan karena pecahan cangkang organisme laut foraminifera yang berwarna kemerahan bercampur dengan pasir putih secara alamiah. Datanglah pada pukul 08.00-16.00, karena di jam-jam itu pantulan sinar matahari membuat tampilan pasir merah muda menjadi lebih menawan.

  1. Gili Trawangan

Foto Oleh: IG @chrisdedey

Nah, inilah destinasi Pulau Lombok yang jadi primadona di kalangan wisatawan. Gili Trawangan merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di Desa Gili Indah, Kabupaten Lambok Utara. Selain menyuguhkan surga bawah laut, suasana pulau yang tenang mengundang keinginan wisatawan untuk merapat ke sini.

Di Gili Trawangan jangan harap kita bisa mendengar deru mesin mobil/motor. Transportasi yang digunakan penduduk sekitar berupa hanya cidomo (semacam andong/kereta kuda). Pas sekali untuk mengasingkan diri sementara waktu dari hiruk pikuk suasana kota dan polusi yang menyiksa.

  1. Gili Kedis

Foto Oleh: IG @el_alice28

Sama halnya dengan Gili Trawangan, Gili Kedis juga pula kecil yang terletak di seberang lautan. Secara administrasi masuk ke dalam wilayah Kecamatan Sekotong, Lombok Barat. Dapat disebrangi dalam waktu sekitar 20-30 menit saja.

Luas pulau ini tidak seberapa. Bahkan, untuk menjeljajahi seluruhnya hanya dibutuhkan waktu ±5 menit. Pemandangan di sekelilingnya sangat elok. Hanya saja karena infrastrukturnya masih sangat terbatas, pulau ini terasa sunyi sekali. Cocoklah bagi yang sedang membutuhkan suasana tenang.

  1. Gili Air

Foto Oleh: IG @marieferey

Meski belum sepopular Gili Trawangan, Gili Air juga termasuk destinasi favorit wisatawan. Banyak hal seru yang bisa kita lakukan selama berada di sini, seperti scuba diving, snorkeling, jogging menyusuri tepi pantai, bersepeda, atau barbeque.

  1. Gili Meno

Foto Oleh: IG @emimagicabarro

Di kalangan wisatawan, Gili Meno kerap diibaratkan potongan surga firdaus yang jatuh ke bumi. Perumpamaan itu dilatarbelakangi karena pesona alamnya sungguh membius dan dijamin bikin betah. Letaknya berdekatan dengan Gili Air dan Gili Trawangan.

Ombak laut Gili Meno sangat bersahabat. Asyik sekali jika ingin diving atau snorkeling. Bahkan, di Gili Meno tersedia 3 sekolah menyelam yang dapat diikuti oleh siapa saja. Namun, untuk yang hanya ingin snorkeling, cukup menyewa peralatannya dari penduduk setempat.

  1. Bukit Merese

Foto Oleh: IG @bayuanargha

Jika di Pantai Kuta terkenal dengan Bukit Mandalikanya, di kawasan Pantai Tanjung Aan ada pula bukit favorit yang kerap didaki wisatawan. Bukit Merese namanya atau disebut juga dengan Bukit Cinta. Akan terasa lebih asyik jika kita menikmati embusan angin pantai dari atas bukit berkontur layer ini, sembari memandang bentangan pantai bergradasi tosca dan biru gelap dengan lebih jelas.

  1. Desa Sembalun

Foto Oleh: IG @multazam_mt_26_mdpl

Desa Sembalun “dinobatkan” sebagai salah satu desa tercantik di Lombok. Berlokasi di Lombok Timur, persis di lereng Gunung Rinjani. Desa ini nyaris dipagari tebing-tebing batu yang terbentuk dari pembekuan material letusan serta lava yang disemburkan Rinjani ratusan tahun silam. Sebagian besar permukaan batu ditumbuhi lumut dan rerumputan sehingga tampak lebih menawan.

Selain tebing-tebing gagah menjulang, kita juga akan dihadapkan pada bentangan areal persawahan yang luas dan subur, air terjun, serta deretan rumah-rumah tradisional yang digunakan untuk menyimpan hasil panen. Dijamin, begitu mencecahkan kaki di desa ini, kita pasti enggan cepat-cepat kembali pulang.

  1. Gunung Rinjani

Foto Oleh: IG @foresteradventure

Destinasi membanggakan lainnya di Pulau Lombok tentunya Gunung Rinjani. Tak tanggung-tanggung, gunung merapi tertinggi kedua di Indonesia ini terkenal sampai ke luar negeri berkat segala keindahan serta kesakralan yang dimilikinya.

Mendaki gunung ini membutuhkan energi besar. Namun, sebanding dengan kepuasan batin yang akan Anda dapatkan. Bukan hanya gunung, ada banyak pemandangan elok seperti sagara, goa, padang savanna, dan air terjun. Bahkan, rasa takjub itu akan lahir sejak Anda masih berada di kaki gunung.

  1. Danau Sagara Anak

Foto Oleh: IG @travelmatesiantar

Inilah salah satu objek menakjubkan yang akan Anda temukan jika berhasil menakhlukkan Rinjani. Danau Segara Anak memiliki air sebiru air laut. Padahal, kebanyakan air danau berwarna kehijauan. Lokasi ini banyak dituju pendaki yang ingin beristirahat sejenak sambil meneyruput segelas minuman hangat.

  1. Air Terjun Tiu Teja

Foto Oleh: IG @deviarum_93

Di balik belantara Gunung Rinjani, terdapat sebuah air terjun bernama Tiu Teja. Konon, keindahannya belum tersaingi oleh air terjun manapun di Indonesia. Hal lain yang dikagumi, air terjun ini meluncur sekali dua. Sewaktu-waktu sinar matahari memancar, terlihat sinar bak pelangi membias di antara air yang melincur.

  1. Pura Batu Bolong

Foto Oleh: IG @idewayunp

Pura Batu Bolong adalah sebuah pura dibangun di atas bukit yang menghadap ke laut. Disebut Batu Bolong karena memang bukti tempat pura ini berdiri tampak bolong, mirip sebuah rongga besar. Menurut cerita, dahulu banyak gadis perawan yang dikorbankan untuk persembahan kepada ikan hiu. Legenda lainnya lagi menyebutkan, banyak perempuan terjun dari atas pura ini karena patah hati. Kisah-kisah menarik itulah yang membuat banyak wisatawan penasaran dan tertarik datang ke sini.

  1. Hutan Wisata Sesaot

Foto Oleh: IG @hidupin_aja

Spot terakhir adalah Hutan Wisata Sisaot. Kawasan hutan lindung sekaligus hutan wisata ini berada di Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Lombok Barat. Luasnya mencapai lima ribu hektar lebih. Di tengah lambung hutan, terdampat sungai berbatu “Aik Nyet” dan sering digunakan wisatawan untuk mandi karena airnya sangat jernih.

Demikian 15 destinasi favorit di Pulau Lombok. Percayalah, semua destinasi tersebut tak akan membuat Anda kecewa.

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments