Travelling tentu jadi solusi buat kamu yang punya segudang rutinitas harian. Travelling bisa jadi cara tepat untuk membuat semua kepenatanmu. Namun, ada juga orang yang melakukan travelling untuk kebutuhan pekerjaan. Travelling untuk kebutuhan pekerjaan biasanya akan membutuhkan banyak barang bawaan untuk keperluan pekerjaan tersebut. Laptop, berkas, maupun hal lain yang berkaitan dengan pekerjaan harus kamu ikut sertakan. Berbeda dengan travelling yang dilakukan dengan tujuan berwisata. Barang-barang yang akan dibawa lebih pada kebutuhan harian seperti pakaian, makanan, gadget, dan sebagainya.

Tapi terkadang ada beberapa hal yang membuat travelling menjadi hal yang ribet. Inilah yang membuat sebagian orang malas untuk melakukan persiapan travelling. Salah satunya adalah packing barang bawaan yang akan kamu butuhkan selama travelling.  Terkadang kamu bingung barang mana saja yang akan kamu bawa untuk memenuhi kebutuhanmu selama travelling. Bahkan, setelah kamu tahu apa saja yang akan dibawa pun kamu masih dipusingkan dengan bagaimana caranya bawa barang-barang tersebut.

Nah, untuk yang satu ini kamu tidak usah bingung. Ada beberapa cara packing barang bawaan untuk travelling yang nyaman. Tidak percaya? Coba cara-cara ini saat kamu akan melakukan travelling dan rasakan kemudahannya.

Buatlah Daftar Barang Bawaan

Sebelum kamu memilih mana barang akan dibawa, sebaiknya kamu buat daftar barang-barang yang kan kamu bawa. Jangan lupa sesuaikan dengan tujuan melakukan travelling, apakah untuk pekerjaan atau wisata, acara dan kondisi saat kamu travelling. Utamakan untuk mendaftar barang penting seperti charger, powerbank, kamera, kacamata, pakaian, makanan, obat pribadi, alat mandi, alat ibadah dan sebagainya.

Tulislah daftar tersebut pada secarik kertas. Jika kamu merasa semua barang yang akan kamu butuhkan selama travelling sudah lengkap, kelompokkan barang-barang tersebut. Misalnya kosmetik dengan obat pribadi, charger, powerbank dan elektronik lain dengan kamera, atau baju dengan handuk. Tujuannya supaya kamu tidak pusing saat mencari barang-barang tersebut.

Susun Barang Berdasar Prioritas

Susunlah barang-barang Anda dan prioritaskan barang-barang yang sering keluar masuk koper atau tas. Misalnya handuk dan peralatan mandi tidak akan Anda perlukan selama perjalanan. Peralatan ini akan Anda butuhkan ketika sudah masuk kamar penginapan. Dengan begitu, handuk dan peralatan mandi ini bisa diletakkan di bagian bawah koper atau tas. Kalau kamu menggunakan tas, untuk mempermudah dalam mengambil maupun memisahkan benda-benda tersebut kamu bisa menggunakan tas ransel dengan saku yang banyak.

Pisahkan Barang Khusus

Pisahkanlah barang-barang khusus seperti kaos kaki, charger ponsel, powerbank, atau dalaman. Jangan gabung barang-barang tersebut dengan pakaian harian atau barang lainnya. Jika kamu menggabungkan barang tersebut dengan barang yang jarang keluar masuk, pastinya kamu akan kesulitan saat mencarinya di koper. Selain itu, sediakan juga tempat kosong untuk menyimpan sepatu atau sandal yang sudah kamu siapkan.

Kamu bisa memilih tote bag untuk wadah menyimpan sandal atau sepatu sehingga bajumu tidak akan terkotori. Terutama jika perjalananmu untuk pekerjaan dan mengharuskan kamu membawa berkas, tempatkan berkas-berkas penting tersebut secara khusus. Kamu bisa memasukkannya ke dalam map plastik yang kuat dan menyimpannya di koper paling bawah.

Cara Menggulung Baju

Hal lain yang harus kamu perhatikan ketika mengemas barang bawaan untuk travelling adalah cara menggulung baju agar muat di koper atau tas. Hal ini terkadang terkesan sepele, namun ternyata jika tahu bagaimana cara menggulung baju untuk travelling, baju-baju tersebut tidak akan memakan banyak tempat sehingga kamu bisa membawa lebih banyak pakaian. Untuk baju-baju seperti celana jeans, kaos-kaos, sweater, atau baju yang tidak mudah kusut lainnya, kamu bisa menggulungnya kemudian simpan rapat dalam koper atau tas. Sementara itu, untuk kemeja atau pakaian yang mudah kusut bisa kamu lipat rapi dan letakkan di atas gulungan baju tadi.

Jika ingin lebih rapi dan koper muat banyak barang, kamu bisa memanfaatkan vacuum bag. Alat ini akan mengurangi volume baju dengan mengeluarkan udara dari kantong tersebut. Vacuum bag ini akan sangat bermanfaat untuk kamu yang perlu membawa barang tebal seperti jaket, selimut, atau yang lainnya. Buat kamu yang sering bepergian atau melakukan travelling, sepertinya harus memiliki alat ini.

Barang Multifungsi

Untuk travelling yang nyaman, kamu juga bisa memilih barang-barang yang multifungsi untuk meringkas jumlah barang bawaan. Misalnya kamu bisa memanfaatkan kamera ponsel untuk dokumentasi, jadi tidak usah membawa kamera. Barang multifungsi lain yang umumnya dibawa oleh traveller adalah kantong sampah yang bisa kamu gunakan untuk mengumpulkan sampah, menyimpan pakaian kotor, bahkan bisa dijadikan sebagai mantel dalam kondisi dingin. Sementara kunci atau pulpen bisa kamu gunakan sebalah alat untuk membela diri.

Caranya adalah dengan menaruh kunci atau pulpen di sela-sela jari kemudian mengarahkannya ke wajah atau leher seseorang yang akan menyerangmu. Bisa juga digunakan untuk merobek plastik atau kain saat kamu tidak memiliki benda tajam.

Koper Dan Tas Yang Sesuai

Saat akan melakukan travelling, tentu kamu akan membutuhkan koper atau tas yang tepat. Ini berarti seluruh kebutuhan kamu selama travelling bisa terpenuhi dengan baik. Pemilihan tas atau koper yang tepat perlu kamu lakukan sejak awal. Keamanan dari barang-barang yang kamu bawa akan tergantung dari kualitas dan daya tahan tas atau koper yang dipakai.

Bukan saja untuk mempermudah perjalanan, dengan memilih koper atau tas yang tepat kamu bisa terhindar dari biaya tambahan. Bayangkan jika Anda harus membawa beberapa koper kecil dalam satu perjalanan. Alih-alih menggunakan koper kecil ditambah dengan kamu pasti akan memilih menggunakan koper berukuran sedang, bukan? Jika memilih untuk membawa koper dan tas dalam perjalanan, kamu akan dikenai biaya bagasi tambahan. Ini juga berkaitan dengan memilih barang apa saja yang harus dibawa selama perjalanan.

Pemilihan koper atau tas juga harus disesuaikan dengan lamanya kamu melakukan perjalanan. Jika kamu memang akan melakukan perjalanan dalam waktu jangka panjang, koper besar bisa kamu pilih. Namun jika perjalananmu hanya dua atau tiga hari, koper sedang mungkin akan cukup buatmu.

Maksimalkan Ruang

Cara lain yang bisa kamu lakukan saat packing barang bawaan untuk travelling adalah dengan memaksimalkan ruang dalam tas atau koper yang dibawa. Saat menyusun baju-baju ke dalam koper atau tas, kamu bisa memanfaatkan celah-celah di antara baju atau celah kosong di pinggir-pinggir koper untuk menyiman barang kecil seperti kaos kaki, pakaian dalam, alat mandi, skin care, dan barang-barang kecil lainnya. Jika kamu memiliki koper atas tas dengan banyak saku, ini bisa kamu manfaatkan untuk menyimpan barang-barang berukuran kecil.

Itu dia beberapa cara packing barang bawaan untuk travelling nyaman. Dengan packing seperti ini, kamu bisa lebih banyak membawa barang yang dibutuhkan selama travelling. Selamat mencoba.

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments