Bukit Panguk Kediwung merupakan daerah wisata yang berada di Yogyakarta, tepatnya di kawasan kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul. Tempat wisata ini menyajikan pemandangan alam luas yang terbentang dari bukit dan sering dijadikan sebagai tempat spot berfoto ria yang Instagramable banget. Saat pagi hari, para pengunjung bisa berdatangan untuk menyaksikan panorama matahari terbit alias ssunrise dari arah bukit ini. Panguk Kediwung ini menjadi salah satu destinasi favorit dalam paket wisata Jogja yang kami tawarkan.

Pesona Bukit Panguk Kediwung Yang Memukau

Panguk Kediwung menyajikan lima pesona yang hanya bisa dinikmati jika Anda berkunjung ke kawasan ini, seperti:

  1. Panorama alam yang indah

Kawasan di Dlingo ini termasuk asri khususnya di daerah atas perbukitan seperti Panguk Kediwung ini. Anda bisa menghirup udara segar sambil menyaksikan pemandangan alam yang indah. Jika Anda datang di pagi hari, maka area di bawah bukit terkadang akan diselimuti kabut tebal seakan-akan Anda sedang berada di negeri atas awan.

  1. Banyak spot menarik untuk selfie

Tempat ini memang paling cocok didatangi mereka yang hobi selfie atau berfoto ria untuk dipajang di media sosial. Terdapat banyak gardu pandang yang didirikan di Panguk Kediwung yang menjorok ke arah tebing untuk spot foto yang cantik berlatar belakang pemandangan alam. Tapi gardu pandang yang ada hanya bisa menampung maksimal 10 orang saja, maka dari itu para pengunjung harus rela antri bergiliran untuk mengabadikan foto di setiap spot gardu pandang tersebut.

  1. Tempat bagus untuk menikmati sunrise dan sunset bersama orang terkasih

Panguk Kediwung buka hingga sore hari karena tempat ini juga menawarkan keindahan panorama di waktu sunrise maupun sunset. Bukit Panguk sunrise serta sunset adalah salah satu pesona yang membuat banyak orang tertarik pergi ke tempat ini. Anda juga bisa mengabadikan moment tersebut lewat bidikan foto.

Lokasi dan Rute Menuju ke Panguk Kediwung

Lokasi Panguk Kediwung berada di bibit bukit dan areanya berada di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Mengenai rute lokasinya sendiri asalkan Anda tahu arah menuju ke hutan Pinus dan Kebun Buah Mangunan maka akan jauh lebih mudah. Kalau Anda dari arah kota Yogyakarta, maka silakan ambil jalan ke arah Imogiri dan lanjutkan sampai kea rah Hutan Pinus atau Kebun Buah Mangunan. Dari sana cukup ikuti petunjuk papan jalan yang banyak terletak. Kalau dari arah Kebun Buah sendiri lokasinya kira-kira berjarak kurang lebih 2 kilometer.

Jika ingin berkunjung ke Panguk Kediwung sendiri lebih baik menggunakan kendaraan pribadi. Akan lebih baik menaiki motor saja daripada kendaraan roda empat, alasannya rute menuju daerah wisata ini masih sangat terjal dan kondisi jalannya rusak juga naik turun. Tapi jika tetap ingin menaiki mobil, pastikan Anda naik mobil yang tidak ceper.

Harga Tiket Masuk ke Panguk Kediwung

Wisata Panguk Kediwung termasuk wisata alam yang murah meriah. Jika Anda tertarik suatu saat berkunjung ke tempat ini, maka harga tiket masuk Bukit Panguk Kediwung dikenakan Rp 2.500, jadi sekarang sudah tidak sukarela lagi. Mengenai tarif parkirnya sendiri Rp 2.500 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Sementara itu, jika Anda ingin berfoto ria maka harga foto tiap spot gardu pandang dibanderol Rp 3.000.

Selain spot-spot foto, di Bukit Panguk Kediwung ini juga menawarkan fasilitas seperti gazebo untuk tempat duduk santai serta warung-warung makan di pinggir yang bisa dibeli jika ingin makan/ minum. Sebagai saran, kalau ingin melihat sunrise, Anda bisa berkunjung di jam 05.00-06.00 WIB.

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments