Pernahkah kamu mendengar istilah open trip atau mungkin kamu pernah mengikuti open trip? Tentunya masih berhubungan  dengan liburan. Open trip atau bisa juga kamu menyebutnya trip gabungan bisa diartikan sebagai perjalanan traveling yang boleh diikuti oleh siapa saja selama masih ada kuota dan diatur oleh satu pihak. Kuota untuk open traveling ini umumnya hanya 10 hingga 20 orang saja. Jumlah ini tergantung kebijakan dari penyelenggara. Dalam traveling ini kamu akan berlibur bersama orang lain yang sama sekali belum kamu kenal.

Dalam open trip ini terdapat beberapa fasilitas yang bisa kamu dapatkan seperti penginapan, transportasi, makanan, hingga tiket masuk objek wisata. Tapi biaya open trip ini tidak termasuk biaya perjalanan dari rumah menuju titik kumpul atau meeting point, begitupun ketika pulang. Titik kumpul sendiri biasanya berlokasi di bandara atau pelabuhan.

Lantas, kenapa kita harus mencoba open trip? Apa saja keuntungan dari jenis liburan ini? Tenang, kamu akan menemukan jawaban dari pertanyaan-petanyaan itu dalam artikel ini. Jadi, simak informasi dalam artikel ini baik-baik.

Menghemat Biaya Traveling

Keuntungan pertama yang bisa kamu dapatkan dari open trip ini adalah menghemat biaya liburan. Siapa yang tidak mau liburan dengan biaya murah Setiap orang pasti menginginkannya, kan? Termasuk kamu.

Dengan mengikuti open trip ini, kamu bisa dapat tarif grup untuk penginapan. Umumnya pihak penginapan akan memberikan tarif yang lebih murah untuk tur rombongan. Bukan tarif penginapan saja yang akan lebih murah. Biaya transportasi pun akan jauh lebih murah karena hitungannya rombongan, apalagi jika transportasi yang dipilih adalah kereta api atau bus. Biaya lebih hemat ini termasuk juga tiket masuk ke tempat wisata. Tarif untuk rombongan biasanya akan jauh lebih murah dibanding dengan tarif individu. Dengan menghemat biaya penginapan, transportasi, dan tiket kamu akan memiliki uang ekstra untuk belanja oleh-oleh atau keperluan lain.

Mendapat Link Partner Traveling

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti open trip ini adalah mendapatkan link partner traveling. Karena dalam open trip kamu akan bertemu dengan orang baru, kesempatan untuk berkenalan dengan peserta open trip lain terbuka lebar. Bisa jadi kamu mempunyai minat yang sama dengan peserta open trip lain. Misalnya karena tujuan wisata open trip yang kamu ikuti adalah tempat wisata budaya atau alam, bisa jadi kenalan baru kamu juga memiliki ketertarikan yang sama terhadap budaya atau alam. Dengan begitu, jaringan kami dengan sesama traveller pun semakin bertambah. Bisa saja kamu merencanakan traveling berkutnya secara bersama atau kamu malah mengetahui adanya tempat wisata yang belum kamu tahu selama ini.

Bertemu Dengan Orang Baru

Banyak orang yang risih jika bertemu dengan orang yang baru. Kadang seseorang akan membatakan liburannya karena tidak mau berlibur sendirian lantaran gagal mendapatkan teman liburan. Sulitnya mendapatkan jadwal liburan bersamaan menjadi masalah utama.

Tapi jika kamu mengikuti open trip sudah tentu akan menemui orang yang baru, akan berkenalan dengan orang yang baru buatmu. Dalam hal ini perlu kamu ingat bahwa sebagian orang pasti aka nada di posisi yang sama denganmu, yaitu harus melakukan kegiatan liburan dengan orang yang tidak kita kenal. Namun ternyata banyak orang yang berhasil melewatinya bahkan malah memiliki liburan yang lebih menyenangkan.

Dalam open trip memang tidak semua orang benar-benar tidak mengenal satu sama lain, Ada juga yang datang bersama teman. Tapi tujuan mereka mengikuti open trip tersebut adalah untuk bersenang-senang. Sama halnya dengan kamu. Jadi, jangan terlalu dipikirkan.

Seringkali setelah mengikuti open trip peserta mendapatkan teman baru dengan mudah dan saling berkomunikasi hingga beberapa lama sejak mengikuti open trip. Ada yang malah memiliki bisnis bersama, ada yang merencanakan liburan bersama, atau yang lainnya.

Namun, memang dalam kehidupan biasa terkadang ada orang yang suka ada juga yang tidak menyukai kita, Hal ini bisa juga terjadi dalam kegiatan open trip. Tapi jangan sampai hal ini merusak liburan kamu. Tetaplah fokus pada tujuan utama, yaitu bersenang-senang. Cobalah untuk tetap berpikir positif. Bukankah kamu tidak akan selamanya bersama dengan orang itu, bahkan mungkin kamu tidak akan bertemu lagi dengan orang tersebut.

Mendapatkan Pengalaman Baru

Keuntungan dari mengikuti open trip yang lainnya adalah mendapatkan pengalaman yang baru.  Dengan mengikuti open trip, selain kamu akan mendapatkan teman baru, ternyata kamu juga bisa mendapatkan pengalaman yang baru. Terutama jika tempat wisata yang dituju benar-benar belum pernah kamu kunjungi. Open trip biasanya akan dipandu oleh pemandu yang berasal dari penduduk asli daerah tersebut atau putra daerah. Pemandu tentu akan menjelaskan sejarah atau hal lain seputar tempat wisata yang dikunjungi. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan banyak informasi baru dari pemandu tersebut. Hal ini lebih baik ketimbang kamu melakukan perjalanan sendiri dan hanya menikmati pemandangan saja tanpa mengetahui infomasi yang lebih.

Mengenal Lebih Detail Destinasi Wisata Yang Dituju

Dalam informasi di atas sudah dijelaskan bahwa open trip akan dipandu oleh penduduk asli daerah yang dikunjungi sehingga banyak informasi terkait sejarah, budaya, urban legend, atau tempat unik, hal-hal unik, atau hal lain yang berkaitan dengan tempat wisata tersebut. Dengan begitu kamu menjadi lebih lebih dalam dan detail tentang tempat wisata yang dikunjungi. Tentu ini bagus untuk menambah pengetahuanmu.

Hal ini hanya akan kamu dapatkan jika mengikuti open trip. Dalam hal ini, hal yang harus kamu perhatikan adalah waktu supaya tidak ketinggalan jadwal sesuai dengan itinerary yang sudah diberikan tour leader. Itinerary ini akan kamu dapatkan sebelum perjalanan dimulai sehingga kamu memiliki waktu untuk mempelajari dan mengingatnya. Jika dalam itinerary tersebut ada hal yang tidak kamu pahami, jangan sungkan untuk menanyakannya kepada tour leader.

Nah, itu dia beberapa keuntungan mengikuti kegiatan open trip. Jadi, sebelum kamu menolak ajakan atau tawaran untuk mengikuti open trip  sebaiknya ketahui dulu informasi tentang open trip ini seperti informasi di atas. Ada banyak hal yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti open trip ini, bukan hanya mendapatkan liburan, kamu juga bisa mendapatkan teman baru, pengalaman baru, bahkan biaya liburan kamu pun bisa ditekan dengan mengikuti open trip ini.

Tapi, sebelum kamu memutuskan untuk mengikuti open trip, pastikan dulu penyedia jasa yang kamu pilih adalah orang yang terpercaya dan tepat. Dengan begitu, tidak akan ada masalah selama open trip berlangsung. Waspada terhadap kegiatan open trip tetap diperlukan  untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Pilihlah jasa penyedia yang benar-benar sudah berpengalaman supaya kamu bisa mendapatkan keuntungan di dalamnya.

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments