Kepulauan Karimunjawa terletak di sebelah utara pulau Jawa dan secara administratif masuk dalam propinsi Jawa Tengah. Saat ini Karimunjawa merupakan salah satu destinasi wisata yang sedang naik daun, apalagi dengan mulai dibukanya rute penerbangan setiap hari dari bandara Ahmad Yani Semarang menuju bandara Dewadaru Karimunjawa.

Sebagai daerah kepulauan tentunya wisata yang ditawarkan adalah wisata air, island hopping atau mengunjungi dari satu spot (pantai, pulau atau spot snorkeling) ke spot yang lain. Aktivitas yang dapat dilakukan wisatawan adalah snorkeling, diving atau sekedar menikmati keindahan pantai dengan pasir putih dan ombaknya yang sangat tenang.

Untuk tour darat ada beberapa spot yang bisa dikunjungi wisatawan yaitu Bukit Joko Tuwo, Bukit Love dan hutang mangrove.

Daftar Isi:

A. Destinasi Wisata Populer Di Karimunjawa

Setiap orang tentunya akan merasakan titik jenuh jika sudah berkaitan dengan urusan pekerjaan, ditambah kondisi lingkungan yang bising dan tekanan pekerjaan yang terus menerus. Perasaan kesal dan jengkel sering datang menghantui jika sudah ke fase itu. Namun, tak semata-mata orang akan terus bekerja tanpa adanya hiburan yang membuatnya fresh, sesekali kita perlu bepergian ke suatu tempat dimana akan membuat pikiran dan hati kita menjadi lebih tenang. Destinasi wisata Karimunjawa bisa menjadi alternatif Anda untuk merelaksasi pikiran dan jiwa, bersama keluarga besar ataukah pengantin baru yang sedang berbulan madu. Karimunjawa terletak di Jepara, Jawa Tengah yang menjadi tempat lahirnya pejuang wanita nan tangguh R.A Kartini. Di sana kita bisa memilih tempat wisata yang menakjubkan antara lain :

1. Pantai Tanjung Gelam

Suasana pantai memang selalu menjadi primadona bagi setiap orang yang bertujuan berlibur, memandang lautan lepas nan biru dengan ombak beriak sedang menjadikan orang tak kapok bermain di pantai Tanjung Gelam. Pantai pasir putih yang dikelilingi pohon rindang, terumbu karang yang masih bersih ini dapat ditempuh dengan menggunakan sepeda motor selama 45 menit dari pusat kota Jepara. Momen yang sangat pas ketika berkunjung ke sini adalah ketika matahari sudah mulai tenggelam atau kita menyebutnya panorama Sunset Tanjung Gelam. Mengapa demikian?

Karena angin laut yang berdesir, siulan burung dan deburan ombak seakan membius kita untuk segera melepas kepenatan dari hiruk pikuk kesibukan kota. Duduk di pasir putih yang masih hangat akan cahaya matahari seakan terus menyedot rasa capai kita, begitu keluar dari pantai tanjung gelam kita menjadi seseorang dengan pikiran baru dan lebih fresh. Waktu menikmati sunset cukup terbatas, dimulai dari pukul 17.00 hingga 18.30 saja, jangan lewatkan panorama yang langka ini.

2. Pulau Menjangan Besar

 

Pulau yang satu ini masih berada di area Karimunjawa, Jepara dan jaraknya tak jauh dari Pelabuhan Syahbandar, Karimunjawa sekitar 15 menitan. Jika Anda sedang melewati pelabuhan mampirlah sebentar menikmati pulau yang memiliki  daya tarik penangkaran ikan Hiu dan Penyu. Wisata ini bisa dijadikan juga sebagai wisata edukasi bagi anak sekolah baik tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas karena dengan melihat proses penangkaran ikan Hiu dan Penyu,selain itu kita bisa mengajarkan pada mereka untuk menyayangi lingkungan dan merawat hewan langka. Penangkaran ikan Hiu dan Penyu ini telah dikelola oleh Balai Taman Nasional Karimunjawa (BTN) dan telah mendapat respon positif dari berbagai lembaga pendidikan. Banyak turis lokal maupun internasional yang memberikan sanjungan positif tentang penangkaran hewan yang dilindungi oleh seluruh dunia ini. Di pulau menjangan besar selain bisa melepas penat kita juga sambil belajar ekosistem kehidupan biota laut.

3. Pulau Menjangan Kecil

Pulau Menjangan Kecil

Pulau Menjangan Kecil letaknya di sebelah barat daya Pulau Utama Karimunjawa, dan tidak terlalu jauh dengan Pulau Menjangan Besar tetapi kalau dari pelabuhan syahbandar Anda harus menempuh perjalanan 5 jam menggunakan kapal Feri. Tak kalah cantiknya dengan Pulau Menjangan Besar di pulau ini juga ada eksotisme terumbu karang dengan air bening dan ombak tenang. Selain itu, jika ada berencana olahraga disediakan snorkeling dan diving bagi pelancong yang gemar menyelam. Berenang bersama ikan dan terumbu yang subur tak lengkap jika tidak mengabadikan menggunakan kamera khusus, momen ini akan menjadikan Anda kembali lagi menikmati alunan surga bawah laut.

4. Pulau Geleang

Pulau Geleang Karimunjawa

Destinasi wisata Karimunjawa tak habis disitu saja namun ada lagi pulau geleang yang terletak di sebelah barat Pulau Karimun Jawa, jika dari pusat pulau Karimun Jawa Anda akan menempuh perjalanan sekitar 1- 2 jam menggunakan kapal wisata Karimun Jawa menuju Pulau Geleang. Pulau ini berukuran kecil, sekitar 24 hektar saja tetapi memiliki keistimewaan gelombang air pantai yang tenang dan sebuah pohon bakau yang dapat tumbuh di tengah – tengah laut dan menjadi sorotan utama pulau ini. Selain itu, terdapat area khusus pemancingan yang telah disediakan bagi Anda yang hobi memancing, tarif tak semahal yang dirasa, cukup merogoh kocek ekonomi Anda bisa melepaskan kepenatan bersama orang yang istimewa.

5. Pulau Cilik

Pulau Cilik

Sesuai namanya Pulai Cilik berarti pulau yang kecil, hal ini terbukti dengan luas lahan yang berukuran 2 Ha, dan telah dimiliki oleh PT. Raja Besi Semarang. Pulau Cilik terletak di bagian timur Kepulauan Karimunjawa dan kondisinya sangat sepi alias tak berpenghuni. Pulau yang memiliki tekstur pasir putih yang lembut ini juga terdapat dermaga kayu di tepian pantai yang dibangun sebagai tempat perahu yang hendak merapat. Jika anda menengok sebentar bagian bawah lautnya anda akan merasa takjub dengan pemandangan terumbu karang, Ikan Layaran (Angelfish), koloni Anemon Laut dengan kelompok ikan badut yang biasa kita sebut nemo.

6. Pulau Cemara Besar

Asal muasal nama Pulau Cemara Besar diambil dari kondisi alamnya yang notabene tumbuh pohon cemara sangat banyak. Luas pulau ini sekitar 3 hektar dengan keindahan pasir putih yang tak kalah dengan panorama wisata Karimunjawa lainnya. Udara yang masih sejuk dan segar menambah suasana menjadi lebih menyenangkan, selain itu air yang jernih menambah kita untuk melihat dalam laut lebih jelas. Pepohonan yang rimbun di siang hari sangat cocok bagi wisatawan untuk melakukan olahraga Snorkeling.

7. Gosong Cemara

Karimunjawa dikelilingi banyak pulau indah dan menawan, tak hanya yang disebutkan di atas saja namun ada lagi pulau dengan nama unik, yaitu Pulau Gosong Cemara. Gosong bukan berarti bentuknya hitam dan berkerak tetapi sebutan gosong untuk menandakan bahwa pulau ini tidak ada pepohonan di atasnya ditambah jika air laut pasang tidak akan terlihat sama sekali pulaunya. Pulau Gosong Cemara akan terlihat sangat menawan saat air laut dalam keadaan surut. Jika air laut sedang surut, para pengunjung bisa bermain pasir atau air laut. Akan tetapi jika air laut dalam keadaan pasang kita tidak akan bisa melihat Pulau Gosong Cemara. Jangan khawatir jika kegiatan snorkeling di pulau lain penuh maka disini Anda akan menemukan juga snorkeling.

8. Pulau Tengah

Pulau Tengah Karimunjawa

Masih berbicara dengan destinasi wisata Karimunjawa, yaitu Pulau Tengah yang dalam dunia internasional disebut dengan H Island. Pulau yang elok nan menawan ini menjadi salah satu tempat favorit wisatawan asing karena keindahannya setara dengan pulau Maldives. Pulau yang memiliki luas 10 hektar ini menyambut pelancong yang datang dengan hamparan pasir putih, bunga yang cerah dan pepohonan yang rindang. Sangat nyaman untuk berbulan madu bagi pengantin baru. Karena keindahannya, pulau ini juga menyediakan villa bernuansa alam asri yang harganya cukup fantastis. Walaupun masih belum terbuka untuk umum tapi tidak ada salahnya jika Anda berencana menginap semalam atau beberapa malam di sana, rasakan sensasi malam hari dengan gemerisik air laut. Langit yang berbintang akan menambah romantisme.

9. Pantai Batu Topeng

Pantai Batu Topeng

Karimunjawa sudah sangat terkenal dengan sebutan seribu pulau di mata dunia, bahkan ada seorang investor asing rela membeli satu pulau milik negara tercinta kita. Sejatinya suasana pantai tidak akan membuat siapapun bosan melihatnya, pohon kelapa yang menjuntai tinggi dengan liukan angin yang semakin semarak menambah keceriaan Anda. Pantai Batu Topeng disebut demikian karena lokasi yang notabene bebatuan itu menyerupai wajah manusia. Jika Anda penasaran dengan pantai ini, Anda bisa menempuh perjalanan cukup dekat dari Karimunjawa sekitar 15 menit lamanya. Menikmati di gazebo bisa dilakukan di siang hari dengan memesan makanan di warung terdekat, apalagi jika Anda memesan kapal untuk mengelilingi lautan maka dari atas terlihat gradasi hijau dan biru muda yang sangat mengagumkan. Jangan sia-siakan liburan Anda dengan tidak mengunjungi Pantai Batu Topeng.

10. Bukit Joko Tuwo

Bukit Joko Tuwo yang artinya perjaka yang tua adalah suatu pemandangan alam bukit dan hamparan hijau pepohonan, dari gardu pandang puncak bukit kita bisa melihat serentetan tempat wisata seperti Pantai Tanjung Gelam, Pantai Geleang, Pulau Menjangan Besar, Pulau Menjangan Kecil. Orang sekitar menyebut Bukit Joko Tuwo lantaran ada sebuah tulang ikan paus yang memiliki panjang sekitar 12 meter dan terletak di sekitar perbukitan. Para wisatawan akan menaiki jalan yang cukup menanjak diiringi semak dan pepohonan dengan berbagai jenis. Udara yang masih segar akan membuat pernapasan kita menjadi lega dan bisa dijadikan terapi bagi penderita asma.

11. Bukit Love       

Bukit Love Karimunjawa

Pulau Bali yang sudah terkenal akan kalah dengan wisata Pulau Karimunjawa, karena keelokan pulau ini melebihi keelokan Pulau Bali nantinya. Bukit love yang sudah menjadi perbincangan di medsos semakin membuat terkenal lebih banyak di kalangan atas seperti artis dan para pejabat. Latar belakang dengan tulisan LOVE dan KARIMUNJAWA ini menyedot wisatawan setiap tahunnya hingga mencapai 50% dari kenaikan tahun sebelumnya. Bagi yang sedang menjalin cinta bukit ini sangat romantis untuk mengungkapkan perasaan kepada pasangan dan bisa menjadi acuan sebagai foto pre wedding. Dari atas bukit love kita bisa melihat birunya laut dan langit serta hijaunya alam kita tercinta. Jika Anda sedang beruntung maka dari puncak bisa melihat gundukan paus yang sedang berenang di tengah lautan.

B. Transportasi  Ke Karimunjawa

KMC Express Bahari

KMC Express Bahari

Saat ini ada dua jenis moda transportasi untuk menuju Karimunjawa, yaitu dengan menggunakan kapal dan pesawat terbang. Untuk kapal ada beberapa pelabuhan yang bisa dipilih yaitu pelabuhan Kartini Jepara dan pelabuhan Semarang. Pelabuhan Kartini menjadi pilihan favorit bagi mayoritas wisatawan yang akan ke Karimunjawa karena frekwensi penyeberanganya lebih banyak.

1. Kapal Laut

Untuk kapal, ada tiga jenis kapal yang melayani penyeberangan ke Karimunjawa yaitu:

  • Kapal Pelni
  • Kapal Ferry Siginjai, dengan lama penyeberangan sekitar 4,5 jam
  • Kapal Express, dengan lama penyeberangan sekitar 2 jam

2. Pesawat Terbang

Saat ini ada dua maskapai yang melayani penerbangan dari Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang ke Bandara Dewadaru, Kepulauan Karimunjawa yaitu NAM Air da Wings Air. NAM Air terbang pada hari Rabu, Jumat, dan Minggu.

Sedangkan Wings Air terbang setiap hari menggunakan pesawat ATR 72-600 berkapasitas 72 seat (dari Semarang), sedangkan berangkat dari Karimunjawa berkapasitas 50 orang. Jadwal pesawat berangkat pada pukul 11.20, dan tiba di bandara Dewadaru Karimunjawa pukul 11.50. Untuk rute kembali, Wings Air akan lepas landas dari Karimunjawa pukul 12.10 WIB dengan nomor IW-1915. Diperkirakan mendarat di Semarang pada 12.40

C. Akomodasi

Sebagai destinasi wisata unggulan, Karimunjawa mempunyai beragam jenis akomodasi mulai dari homestay bertarif di bawah 100 ribu sampai dengan hotel dan resort dengan tarif jutaan per malam. Dengan banyaknya pilihan ini tentunya ini akan memudahkan memilih akomodasi sesuai dengan budget yang diinginkan.

Hotel Pilihan Di Karimunjawa

1. Hotel New Ocean Karimunjawa

Hotel New Ocean Karimunjawa

Hotel New Ocean Karimunjawa

Letak hotel ini cukup strategis, berjarak sekitar 100m dari Alun-alun Jepara dan dekat dengan pusat souvenir dan kuliner dan juga ATM Bersama.  Fasilitas hotel ini antara lain AC, TV, kamar mandi dalam, meeting room.

2. Escape Beach Hotel

Lokasi hotel ini dekat dengan pantai, sehingga Anda bisa menikmati keindahan pantai dari kamar (khusus kamar yang menghadap laut).

Hotel ini mempunyai fasilitas antara lain AC, TV, kamar mandi dalam, Wi-Fi, restoran dan taman.

3. Hotel D Season

Hotel D Season Karimunjawa merupakan salah satu pilihan terbaik hotel di Karimunjawa. Meskipun lokasinya tidak di pinggir pantai, hotel ini menawarkan fasilitas yang cukup lengkap seperti layaknya hotel di kota.

Hotel ini mempunyai fasilitas antara lain AC, TV, kamar mandi dalam, Wi-Fi, restoran, cafe, meeting room dengan kapasitas sampa orang, dan business center.

D. Hal Lain Yang Perlu Anda Ketahui

Berikut ini adalah beberapa informasi tambahan terkait dengan Karimunjawa.

  • Transportasi menuju  Karimunjawa terbatas, sehingga jika Anda ingin berlibur pada saat peak season (terutama akhir tahun dan libur lebaran) kami sarankan untuk booking paket wisata Karimunjawa sejak jauh-jauh hari supaya tidak kehabisan tiket dan akomodasi.
  • Wisata di Karimunjawa adalah wisata laut dengan jadwal yang hampir sehari penuh, yaitu mulai dari sekitar jam 07:00 sampai dengan sunset (sekitar jam 18:00).
  • Saat ini lisrik di Karimunjawa sudah bisa nyala sepanjang hari selama 24 jam, beda dengan beberapa tahun lalu yang hanya nyala mulai dari jam 18:00-06:00.
  • Di Karimunjawa sudah terdapat fasilitas ATM Bersama.
  • Banyak yang menanyakan apakah di Karimunjawa terdapat warung untuk belanja kebutuhan sehari-hari. Jawabannya ada banyak warung yang menjual kebutuhan sehari-hari mulai dari perlengkapan mandi, snack dan lain-lain.
  • Sinyal telepon seluler cukup bagus, bahkan di beberapa pulau kecil pun bisa masih bisa mengakses internet.
  • Tidak banyak hiburan malam di Karimunjawa, hanya sedikit keramaian di alun-alun Karimunjawa di mana Anda bisa menikmati beragam kuliner serta belanja oleh-oleh khas.
  • Secara umum kondisi cuaca di Karimunjawa cukup bagus, hanya pada bulan-bulan tertentu mulai desember sampai februari biasanya berpotensi badai angin barat dan gelombang laut cukup tinggi. Saat gelombang laut tinggi kadang kapal (baik kapal ferry maupun kapal express) tidak diperbolehkan berlayar sehingga wisatawan tidak dapat menuju dan pulang dari Karimunjawa.
  • Saat terbaik untuk wisata ke Karimunjawa adalah mulai bulan maret sampai dengan oktober, di mana pada bulan-bulan tersebut sedang musim padas. Pada saat itu wisatawan bisa menikmati keindahan pulau Karimunjawa dengan lebih leluasa karena hampir tidak ada hujan dan kondisi air laut cukup jernih.

E. Paket Wisata Karimunjawa

Untuk berlibur ke Karimunjawa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, terutama terkait dengan jadwal kapal dan ketersediaan tiket. Anda bisa go show pada hari H membeli tiket di pelabuhan, tapi tentunya itu tidak akan menjamin untuk mendapatkan tiket kapal. Hal ini mengingat kapasitas kapal yang terbatas dan juga banyaknya orang –baik wisatawan maupun penduduk lokal – yang juga ingin menyeberang ke dan dari Karimunjawa.

Paket Wisata Karimunjawa

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 4.67 out of 5)
Loading...

Comments

HP: 081231561811Chat via Whatsapp